Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Di Bawah dan Dibawa

Sering sekali kita melihat tulisan seperti ini: Jangan buang sampah dibawah meja. Atau: barang ini tidak boleh di bawa pulang. Ada juga: Letakkan sandal anda dibawa rak. Tulisan dengan berbagai versi juga bisa ditemukan dengan sangat mudah. Yang lebih parah adalah Barang dibawa ini tidak boleh dibawah keluar.

Melihat banyaknya tulisan seperti di atas, bisa disimpulkan dua hal. Pertama, bahwa masyarakat atau siapapun penulisnya lebih menekankan pada isi pesan yang disampaikan, tanpa mau tahu apakah tulisannya itu benar sesuai dengan tata bahasa atau tidak. Kedua, sang penulis memang tidak tahu kalau ketiga kalimat tersebut semuanya salah secara tata bahasa.

Mengapa salah? Untuk mengetahui letak kekeliruan dan sekaligus menemukan bentuk yang benar, seseorang harus mengerti dan bisa membedakan antara kata depan (preposisi) dan imbuhan (suffix).

Bentuk ungkapan terkadang sama, seperti ‘di ’, namun preposisi memberinya nama ‘kata’, artinya ‘di ’ bisa berdiri sendiri dan memiliki makna khusus, yaitu menunjukkan suatu tempat. Adapun istilah ‘di ’ dalam suffix adalah awalan, dan bukan kata, tidak memiliki makna secara spesifik, dan tidak bisa berdiri sendiri. Ada yang menulisnya seperti ini: ‘di- ’. Ini berarti awalan ‘di- ’ tergantung dengan kata dasar yang disertainya. Biasanya kata yang berawalan ‘di ’ akan memiliki makna pasif.

Perbedaan yang kedua adalah kata yang menyertainya. Kata depan biasanya diikuti kata keterangan. Kata depan ‘di ’ biasanya diikuti kata keterangan tempat. Contoh: di Tanah Grogot, di rumah, di sana, di atas, di bawah. Sementara ‘di- ’ diikuti kata kerja, lebih tepatnya kata kerja transitif, atau yang memerlukan objek. Seperti: ditarik, diikuti, diintip, dan dibawa.

Mengenai perbedaan kata ‘bawah ’ dengan ‘bawa ’, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan secara gamblang. Kata ‘bawah ’ adalah kata keterangan tempat, yang artinya berada di tempat yang lebih rendah. Sementara kata ‘bawa ’ adalah kata kerja, yang artinya memegang atau mengangkat sesuatu sambil berjalan atau bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dengan demikian tulisan yang benar menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dari keempat ungkapan di atas adalah: Jangan buang sampah di bawah meja, Barang ini tidak boleh dibawa pulang, Letakkan sandal anda di bawah rak, dan Barang di bawah ini tidak boleh dibawa keluar.

 

Tanah Gorgot, 15 November 2011

Penulis,

Abd. Kadir

Staf Bagian Humas dan Protokol

Setdakab. Paser

Tue, 15 Nov 2011 @08:41


1 Komentar
image

Wed, 21 Dec 2011 @05:26

Baco

dalam penulisan mungkin masih bisa dikritisi, tapi dalam ucapan tentu langsung bisa diketahui dimana letak salahnya. Ada suku bangsa yg susah mengucapkan huruf h dibelakang, maka mereka berucap: e jangan kau letakkan barang itu di bawa..........


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved