Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Motor Sampah

Pemkab Paser Adakan Motor Sampah Merk Tossa

Herwati: Jadi Percontohan 15 RT Kelurahan Tanah Grogot

Upaya mewujudkan kota Tanah Grogot sebagai kota yang bersih terus dilakukan Pemkab Paser. Tidak saja melalui program-program yang diantaranya  melalui program Hijau Bersih Berbunga dan Sehat (HBBS) diseluruh wilayah Kabupaten Paser, tetapi juga sarana dan prasaran terus ditingkatkan.

            Salah satunya melalui tahun anggaran 2009 ini, Pemkab Paser merealisasikan pengadaan motor  roda tiga sebagai sarana angkutan sampah. Motor  angkutan sampah  merek Tossa sebanyak 15 unit  ini, akan menjadi program uji coba dan percontohan di 15 RT/RW dari 54 RT/RW se-Kecamatan Tanah Grogot dalam pengelolaan sampah dilingkungan masing-masing.

            Menurut Asisten II Setkab Paser Hj Herwati saat ditemui Selasa kemarin, sesuai program, ke 15 motor sampah tersebut akan diserahkan di 15 RT/RW di wilayah Kelurahan Tanah Grogot,  dan  sepenuhnnya operasional motor sampah ini akan menjadi tanggungjawab ketua RT yang menerimanya.

            “Sistemnya nanti akan kita atur, tetapi harapan kita dilakukan melalui swadaya masyarakat. Dimana motor ini nanti akan melakukan penjembutan sampah dimasing-masing rumah sesuai jadwal. Jadi tidak ada kegiatan warga membuang sampah lagi di TPS sementara, tetapi cukup menunggu dirumah, nanti ada petugas yang datang,” kata Herwati didampingi Lurah Tanah Grogot Ibnu Mansyah.

            Dengan keberadaan angkutan sampah dilingkungan ini, otomatis tegas Herwati, Tempat Penampungan Sampah (TPS) sementara yang saat ini berada disejumlah lingkungan atau tepatnya disisi kanan maupun kiri jalan protol atau didepan sejumlah gang, akan ditiadakan atau dihilangkan.

            “Program ini sebagai upaya kita menjadikan kota Tanah Grogot sebagai daerah bebas sampah. Dimana secara bertahap, kita akan hilangkan  TPS –TPS sementara. Di kota-kota besar sistem jemput sampah kerumah-rumah sudah berjalan dengan baik dan harapan kita di Tanah Grogot juga bisa dimulai. Yang jelas, tahap awal atau sebagai percontohan, tahun ini kita mulai 15 unit dulu,” jelas Herwati, seraya mengatakan, hari ini (Selasa kemarin, Red) Instansi terkait badan termasuk pihak kecamatan akan melakukan rapat menyakut sistemnya.

            Herwati menilai, meskipun saat ini pihak kebersihan telah menerapkan aturan pembuangan sampah sesuai jam yang telah ditentukan, namun ia menilai kesadaran warga masih sangat kecil mengikuti aturan waktu pembuangan sampah tersebut, dan termasuk masih tingginnya masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya atau diluar TPS sementara.  

  “Masyarakat tentu sangat diharapkan suksesnya program ini. Karena tanpa dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat, mustahil semua yang kita impikan bisa kita capai, yakni mewujudkan Kabupaten Paser khususnya kota Tanah Grogot sebagai kota  yang bersih” tandas Herwati..

Dalam upaya menjadikan Kota Tanah Grogot menjadi kota yang bersih, sehingga mampu sejajar dengan kota-kota lainnya di Kaltim, diakui Herwati  merupakan tugas mulia yang tidak bisa ditawar-tawar. Karena itu, tidak heran jika selama ini, berbagai upaya maksimal terus dilakukan pemerintah daerah. (hp9) 

 

 

Thu, 27 Aug 2009 @12:40
Tags: harmin


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+0+0

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved