Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

KUMPULAN PIDATO NOPEMBER

image

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN MUSYAWARAH KERJA CABANG BPC GAPENSI KAB. PASER

Tanah Grogot, 21 November 2009

Assalamualaikum Wr Wb.

Yth.              Ketua Pengadilan Negeri dan Unsur Muspida Tanah Grogot;

Yth.              Ketua dan Anggota DPRD Paser;

Yth.              Ketua BPD Gapensi Kaltim;

Yth.              Ketua BPC Gapensi Kab. Paser;

Yth.              Pejabat dan Kepala Instansi Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Pimpinan atau Perwakilan dari BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta;

Hadirin sekalian yang berbahagia;

 

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberi rahmat dan nikmat kepada kita sekalian, terutama nikmat sehat yang memungkinkan kita dapat mengikuti dan menghadiri acara lima tahunan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Indonesia Badan Pimpinan Cabang Kabupaten Paser.

Kegiatan musyawarah kerja Gapensi Kabupaten Pasir ini saya pandang sangat penting dan relevan, seiring dengan upaya pemerintah untuk membenahi, mempertajam prioritas pembangunan dan menciptakan paradigma pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, terbuka, dan adil.

Hadirin yang berbahagia,

Kita menyadari bahwa dinamika masyarakat  yang terus berkembang maju dengan perubahan yang begitu cepat yang disebabkan oleh arus informasi dan komunikasi yang terbuka dewasa ini, telah diiringi pula dengan berbagai tuntutan dan tantangan-tantangan baru.

Karena itu mengejar ketertinggalan daerah Paser  dengan daerah Kabupaten lain yang telah maju, tidak mungkin lagi diraih dengan upaya yang bersifat konvensional dan rutinitas saja. Untuk itu maka strategi pembangunan dalam berbagai bentuk langkah gerakan terobosan harus segera dilakukan.

Sebagai mitra pemerintah Gapensi harus jeli, kreatif , proaktif, responsif dan inovatif dan mengerti permasalahan atau tantangan yang dihadapi hingga mampu mencari alternatif penyelesaian serta berani mengambil keputusan secara tepat dan cepat, yang semata-mata untuk kepentingan suksesnya pembangun dan kesejahteraan masyarakat.

Implementasi dari profesionalitas pengusaha tersebut di atas di antaranya seperti pengusaha juga tidak selalu mengejar proyek pemerintah, tapi membuat suatu usaha sendiri yang dapat meningkatkan pembangunan daerah khususnya di daerah pedesaan terutama di bidang peningkatan infrastruktur, pertanian, pariwisata dan lain sebagainya.

Pembangunan juga bisa diarahkan ke sektor agribisnis, karena pada hakikatnya memberi peranan yang menentukan dan sekaligus sejalan dan bersamaan pada pembangunan desa. Satu dan yang lainnya sudah tentu diselaraskan dengan potensi yang tersedia.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Untuk menyikapi diberlakukannya Keppres Nomor 80 Tahun 2003 beserta perubahan-perubahannya, pada kesempatan yang baik ini saya menghimbau kepada anggota asosiasi profesi, baik yang bergabung dalam GAPENSI, KADIN, ARDIN maupun organisasi profesi lainnya, untuk bekerja keras meningkatkan kinerja dan daya saing baik pada tingkal lokal maupun nasional, bahkan internasional.

Hal ini disebabkan dalam Keppres Nomor 80 tahun 2003 Pemerintah Pusat telah mengambil kebijakan memberikan peluang kepada perusahaan asing untuk diikutsertakan di dalam pengadaan barang dan jasa.

Hal ini dapat kita maklumi, karena sudah merupakan manifestasi dan konsekuensi dari era globalisasi pasar bebas yang sejak beberapa tahun terakhir sangat akrab dalam kehidupan keseharian kita semua. Mau tidak mau harus kita antisipasi dengan meningkatkan kinerja, meningkatkan kualitas produk dan daya saing dalam segala hal.

Namun demikian, para pengusaha lokal dan nasional janganlah berkecil hati, sebab para pengusaha asing tersebut dalam melaksanakan pekerjaan harus melakukan kerja sama usaha dengan perusahaan nasional dalam bentuk kemitraan, subkontrak dan lain-lain.

Kepada segenap anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Indonesia Badan Pimpinan Cabang Kabupaten Paser, saya ucapkan Selamat mengikuti manfaatkan forum ini untuk melakukan tanya jawab terhadap beberapa hal yang belum dipahami.

Akhirnya, dengan memohon ridha Allah, SWT, dan dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanir-rahim”, acara Musyawarah Kerja Gapensi Cabang Kabupaten Paser secara resmi saya nyatakan dibuka.

Wabillahi taufiq walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

 

 

SAMBUTAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

PADA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL 2009

Tanggal 25 November 2009

Hadirin sekalian yang saya muliakan

Assalamu alaikum wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kita dapat memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2009 bersama dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-64. Sehubungan dengan itu, izinkan saya menyampaikan selamat ulang tahun kepada guru yang saya hormati dan saya banggakan. Peringatan HGN dan HUT PGRI ini terasa begitu penting, karena sejak awal peradaban manusia sudah muncul kesadaran bahwa guru merupakan agen pembelajaran untuk pencerdasan anak manusia secara paripurna, baik secara sosial, emosional, intelektual dan kinestetik.

Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi, dedikasi, komitmen, keikhlasan, dan pengabdian para guru kepada bangsa dan negara, baik yang bertugas di sekolah negeri maupun di sekolah swasta di dalam dan di luar Negeri. Dengan peringatan Hari Guru Nasional tahun 2009 ini kita secara bersama-sama memacu peran strategis pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan guru dalam mewujudkan guru profesional, sejahtera, bermartabat dan terlindungi.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Sudah menjadi kesadaran pemerintah dan kita semua, bahwa guru merupakan faktor penentu utama proses pendidikan dan pembelajaran. Tidak ada guru, tidak ada pendidikan. Hanya dengan sentuhan guru profesional yang bermartabat, terlindungi dan sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu.

Oleh karena itu peringatan HGN tahun 2009 yang dilaksanakan bersamaan dengan HUT ke-64 PGRI tahun ini memiliki makna penting karena pemerintah sedang dan akan terus secara sungguh-sungguh berupaya memberdayakan guru agar benar-benar tumbuh dan berkembang secara profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteran, dan perlindungan bagi mereka sebagai implikasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Dalam rangka percepatan peningkatan kualifikasi guru, saat ini telah dilaksanakan kebijakan akademik pada perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan, yang memungkinkan pengakuan terhadap pengalaman kerja dan hasil belajar yang diperoleh sebelumnya bagi guru-guru yang menempuh program S1/D-IV dalam jabatan. Dengan demikian, guru-guru yang menempuh pendidikan dalam jabatan jenjang S1/D-IV akan berkurang beban kredit kuliahnya, karena sebagian SKS yang wajib ditempuh diperoleh melalui pengalaman belajar mandiri, prestasi akademik, karya inovatif, pendidikan dan pelatihan, dan sebagainya yang diperoleh sebelumnya.

Dalam rangka peningkatan dan pengembangan kompetensi guru, saat ini juga sedang didesain pola pengembangan profesi berkelanjutan bagi guru-guru di seluruh tanah air. Dengan pola ini, diharapkan kompetensi dan kinerja guru terus meningkat sejalan dengan peningkatan jenjang jabatan fungsional dan pengalaman kerjanya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Pemerintah menyadari bahwa tidak mudah menyediakan guru yang profesional dalam jumlah yang mencukupi. Ketidakcermatan dalam proses rekruitmen calon guru, proses penyiapan calon guru di jenjang pendidikan jabatan hingga proses rekuitmen, penempatan, pelatihan kerja dalam jabatan dan proses supervisi kinerja guru merupakan siklus yang perlu dibenahi dengan sungguh-sunggu secara berkelanjutan.

Sebagai bagian dari upaya memberdayakan guru secara profesional, eksistensi asosiasi atau organisasi profesi guru sangat dinantikan dedikasinya untuk menjadi mitra pemerintah guna bersama-sama meningkatkan kemampuan profesional guru dan kesejahteraan guru, demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan. Asosiasi atau organisasi profesi guru diharapkan lebih mampu memotivasi, memfasilitasi dan memberikan advokasi kepada anggotanya untuk menjadi lebih profesional.

Asosiasi atau organisasi profesi guru juga harus semakin fokus kepada kinerja profesional guru-guru dan tidak terkooptasi oleh salah satu kekuatan politik tertentu. Para guru yang terhimpun menjadi anggota asosiasi atau profesi guru milik seluruh bangsa, sehingga mempunyai kewajiban moral menjaga independensinya untuk hanya mengabdi kepada kepentingan umum.

Hadirin sekalian yang saya muliakan,

Dalam rangkaian peringatan Hari Guru Nasional tahun 2009 ini Depdiknas menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Seminar Internasional Kependidikan bekerjasama dengan PGRI dan Lund University, Swedia; Forum Ilmiah Guru / Forum Guru Nasional; pemberian Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan di bidang pendidikan kepada Gubernur, Bupati / Walikota, dan tanda kehormatan Satyalancana Pendidikan kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah; lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tingkat nasional; ziarah ke Taman Makam Pahlawan; dan serangkaian aktifitas / program terkait dengan guru, seperti talkshow di radio dan televisi, penulisan di media cetak, dan lain-lain.

Semua kegiatan itu dimaksudkan sebagai upaya memotivasi guru untuk selalu sadar dan berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya sebagai sarana memacu mutu hasil belajar peserta didik. Semoga di masa yang akan datang lebih banyak lagi kegiatan yang bisa kita lakukan dan lebih mampu menjangkau khalayak yang lebih luas lagi.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan penyelenggara pendidikan tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalisme guru dan kesejahteraan guru. Secara bertahap dan berkesinambungan pihak-pihak yang berkepentingan ini akan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi bagi guru sebagai bagian dari standardisasi kompetensi guru secara nasional. Kepada guru-guru yang sudah memiliki sertifikasi profesi, pemerintah memberikan tunjangan profesi sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan guru, baik guru negeri maupun guru swasta.

Kita berharap dengan pemberian tnjangan dan ditetapkannya sistem sertifikasi sebagai bagian dari penetapan kebijakan guru sevagai profesi, maka kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, harkat dan martabat, serta perlindungan guru dapat ditingkatkan secara bertahap, sehingga para guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dari waktu ke waktu.

Saudara-daudara para guru yang saya hormati dan banggakan,

Melalui Hari Guru Nasional tahun 2009 ini kita jadikan momentum untuk menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa, di mana guru memegang peran terpenting di dalamnya. Tujuan ini dapat dicapai melalui perjuangan Bapak / Ibu guru sekalian dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Prestasi, keteladanan dan kepeloporan guru yang ditunjukkan semasa revolusi hingga sekarang adalah semangat dan tradisi perjuangan yang perlu terus menerus kita selaraskan seiring dengan cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak berlebihan kiranya harapan asa depan bangsa Indonesia dipertaruhkan kepada mereka yang berprpfesi sebagai guru. Adanya guru yang profesional dan berdedikasi terhadap tugasnya merupakan prasatar bagi keberhasilan pembangunan pendidikan kita.

Ketika arus globalisasi ekonomi dan mobilitas tenaga profesional makin melintasi batas-batas negara, sumber daya manusia Indonesia yang bermutu kita pertaruhkan. Para guru dan semua pemangku kepentingan terpanggil untuk secara kontinyu dan sungguh-sungguh meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia Indonesia masa depan yang cerdas, beriman, bermartabat, terampil, dan kompetitif memasuki percaturan global. Sejalan dengan itu, para guru harus makin melek teknologi informasi yang memungkinkan mereka makin mampu melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien.

Sekali lagi, saya ucapkan dirgahayu Hari Guru nasional.

 

Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati kita semua dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Wabillahit taufik wal hidayah,

Wassalamu alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 25 November 2009

Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN KEPALA DESA

Tanah Grogot, 16 November 2009

Assalamu alaikum wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth.              Saudara Ketua, dan Para Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.              Saudara Wakil Bupati dan Saudara–Saudara Unsur MUSPIDA Kabupaten Paser, dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.              Para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Camat se Kabupaten Paser dan Unsur Muspika yang hadir pada hari ini;

Yth.              Mantan Kepala Desa, Mantan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang hadir pada hari ini;

Yth.              Panitia Pemilihan Kepala Desa yang hadir pada hari ini;

Yth.              Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda yang hadir pada hari ini;

Serta Hadirin yang saya muliakan.

 

 

Alhamdulilah,marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kita  kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunianya serta berkat bimbingan dan lindungannya pada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa serta pengambilan Sumpah/janji  Anggota Badan Permusyawaratan Desa dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

  Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

 

Saya ingin mengungkapkan rasa kegembiraan, kebahagiaan dan kebanggaan saya karena dapat bertemu dan bertatap muka langsung dengan seluruh komponen masyarakat yang hadir pada hari ini.

Beberapa saat tadi, kita bersama-sama telah mengikuti proses Pengambilan sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Selengot, Kepala Desa Senipah, Kepala Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan, Kepala Desa Modang Kecamatan Kuaro, Kepala Desa Suliliran Kecamatan Pasir Belengkong dan Kepala Desa Sebakung Kecamatan Long Kali serta Pengambilan Sumpah/janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa Perepat, Desa Sungai Langir Kecamatan Tanah Grogot, Anggota Badan Permusyawaratan Desa Langgai Kecamatan Batu Engau, Anggota Badan Permusyawaratan Desa Kepala Telake Kecamatan Long Kali dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Random Kecamatan Tanjung Harapan yang merupakan hasil Pemilihan dan Musyawarah Desa untuk masa jabatan 6 tahun kedepan.

Hadirin yang berbahagia,

 

Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan atau mengingatkan kepada Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang baru dilantik untuk benar-benar menghayati “sumpah“ yang telah diucapkan.

Sebagai orang yang beriman, kata sumpah yang diawali dengan kata “Demi Allah“ dan diakhiri dengan kata “Kepada Tuhan itulah akhirnya pertanggungjawaban akan saudara berikan“.

Kata ini memiliki makna yang mendalam dan pertanggungjawaban yang cukup besar. Pengucapan menunjukkan pengakuan dan perwujudan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, artinya saudara telah mengikat janji kepada Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa dan sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa.

Sudah sepantasnya sebagai seorang Kepala Desa dan sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya, untuk nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat, Pemerintah, dan terlebih lagi kepada Allah SWT. Sikapilah bahwa jabatan Saudara merupakan amanah dari Allah SWT, masyarakat dan Pemerintah.

Hal lain yang juga cukup penting untuk selalu diingat oleh Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa adalah bahwa dengan jabatan yang saudara miliki bukan berarti saudara akan memperoleh kemudahan dan keuntungan dari jabatan saudara, justru saudara harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan. Keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemerintahan desa, pertama-tama akan dinilai dari kegiatan pemberian pelayanan kepada masyarakat, dan jadikanlah pelayanan terhadap masyarakat desa itu sebagai kewajiban saudara, bukan sebaliknya pelayanan dijadikan sebagai sumber pendapatan.

 

 

Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

 

Tugas Kepala Desa seperti diatur dalam Peraturan Daerah, tentang Pemerintah Desa memang cukup berat. Namun tetap harus dilaksanakan dengan sebaik–baiknya. Karena tugas ini merupakan amanah yang dibebankan masyarakat kepada Saudara.

Kepala Desa adalah dipilih oleh masyarakatnya, berarti masyarakat memberi kepercayaan kepada saudara untuk memimpin wilayahnya. Oleh karena itu, saya harapkan kepada Kepala Desa untuk benar benar melaksanakan amanat rakyat itu dengan sebaik-baiknya.

Saya juga menghimbau kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik agar selalu menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait di desanya.

Kepala Desa diharapkan selalu berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga desa, termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan lain lain. Aspirasi Badan Permusyawaratan Desa sangat diperlukan, karena dari sisi aspirasi, saran dari masyarakat akan terangkum.

Dibidang Pembangunan saya mengharapkan kepada Saudara untuk selalu memusyawarahkan dengan masyarakat dan lembaga-lembaga di desa, termasuk dalam pelaksanaan program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dalam Pembangunan didesa lebih diutamakan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat, seperti Pendidikan, Kesehatan, Air bersih dan lainnya Kepala Desa harus mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat yang tujuannya untuk membangun desa.

Pemerintah Daerah akan selalu membantu kemajuan desa,baik dalam bentuk bantuan dana maupun suport. Beberapa program telah dilakukan pemerintah daerah untuk memajukan desa, diantaranya melalui program dana bantuan desa serta yang terbaru ada program Alokasi Dana Desa (ADD).

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Badan Permusyawaratan Desa di tingkat desa merupakan mitra pemerintahan desa dan bukan merupakan saingan dari pada Kepala Desa. Maka untuk itu saya mengharapkan jalinlah hubungan yang baik antara Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa, dan lakukan serta kembangkan hubungan kerja yang rasional sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda Pemerintahan Desa.

Sekali lagi saya ingatkan dan tegaskan pada saudara pelajarilah peraturan perundang-undang, sehingga dengan mempelajari hal tersebut akan membantu dan membimbing dalam melaksanakan tugas sehari hari.

Memahami akan tugas dan tanggung jawab saudara dalam penyelenggaran Pemerintahan Desa yang cukup berat dan untuk mendukung keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten Paser terus melakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur pemerintahan desa yaitu melalui pendidikan pelatihan, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dan sebagai bukti kesungguhan perhatian Pemerintah Kabupaten terhadap Pemerintahan Desa pada tahun Anggaran 2009 ini Pemerintah Kabupaten Paser kembali memberikan kenaikan tunjangan penghasilan dan biaya Operasional bagi para Kepala Desa dan Perangkat Desa, serta Anggota Badan Permusyawaratan Desa, bahkan  Pemerintah Kabupaten juga memberian tunjangan  pada para Dukun Kampung, P3NTR, Ketua LPM, Kepala Dusun, Penjaga Rumah Ibadah dan para Ketua RT se-Kabupaten Paser, dan juga meningkatkan biaya Operasional PKK Desa, Karang Taruna Desa, Satgas Linmas Desa serta Posyandu.

Disamping pemberian tunjangan pada Aparatur Pemerintahan Desa, Pemerintah Kabupaten Paser juga memberikan Dana Tali Asih kepada mantan Kepala Desa dan mantan Anggota Badan Perwakilan Desa yang telah berakhir masa jabatannya.

Berkenaan dengan pemberian tunjangaan bagi aparatur pemerintahan desa tersebut, Pemeritah Kabupaten Paser

mengharapkan pada saudara kiranya dapat meningkatkan peran sertanya dalam mendukung program-program Pemerintah dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tana Paser yang kita cintai ini.

 

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

 

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya juga ingin berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat Desa serta mengucapkan selamat kepada Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang baru saja dilantik serta kepada mantan Kepala Desa dan mantan Anggota Badan Permusyawaratan Desa, terima kasih atas jasa dan darma bhaktinya kepada Bangsa, Negara, Daerah dan Desa selama menjabat Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa. Semoga pengabdian saudara diberi balasan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda.

Pada kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa dan Panitia Musyawarah Pembentukan Badan Permusyawaratan Desa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sampai dengan terlaksananya Pengambilan Sumpah Kepala Desa serta sumpah / janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa pada hari ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan bimbingan kepada  kita semua. Amin.

 

Sekian, terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA LAUNCHING ONLINE SIMDA

DAN SOSIALISASI SPIP

Tanah Grogot, 2 November 2009

Assalamu alaikum wr. Wb.

Yth. Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Paser;

Yth. Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Unsur Muspida Kab. Paser;

Yth. Kepala DPPKD Kab. Paser;

Yth. Para Pejabat dan Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Paser.

Serta para Undangan dan Hadirin yang berbahagia.

 

Pada Kesempatan yang baik ini, marilah kita senantiasa memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat, karunia, kesehatan, sehingga kita bisa hadir di tempat ini untuk sama-sama menyaksikan salah satu agenda penting yang merupakan langkah menuju tertib administrasi.

Hadirin yang saya hormati ,

Pengelolaan keuangan daerah yang baik adalah yang dilakukan berdasarkan transparansi, akuntabilitas dan dapat diaudit. Untuk mendapatkan dan mencapai hal tersebut lembaga Pemerintah Daerah memerlukan sistem pengendalian internal yang handal dan dapat dipercaya.

Sedangkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang handal memerlukan dukungan brainware dan software yang handal pula.

Hadirin dan Peserta Seminar yang berbahagia

Untuk mendapatkan dukungan software yang handal, Pemerintah Kabupaten Paser telah bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Kalimantan Timur sejak 2008, dan telah membangun Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIMDA). Sesuai dengan laporan dari Kepala Dinas Pedapatan dan Keuangan Daerah Kabupaten Paser, SIMDA ini telah berjalan dengan baik.

Semoga hal tersebut benar-benar mempermudah pekerjaan kita sebagai aparat terutama bagi yang bidang pekerjaannya berkaitan dengan penyusunan dan laporan keuangan daerah.

Hadirin yang berbahagia,

Pemerintah Kabupaten Paser juga telah menjalin kerjasama dengan PT. Telkom Divisi Regional VI tahun ini, dalam rangka membangun jaringan VPN IP yang memungkinkan operasionalisasi SIMDA terkoneksi secara online melalui jalur tersebut, dengan tujuan agar pelayanan kepada SKPD lebih mudah dan murah.

Tujuan lain adalah memperkecil tingkat kesalahan serta mempercepat proses kerja.

Dengan diberlakukannya SIMDA secara online ini maka sangat diharapkan agar laporan keuangan daerah bisa lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Dengan adanya SPIP yang handal dan dukungan aplikasi online SIMDA, maka dapat dicapai pengelolaan keuangan danearh yang efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam acara ini, semoga Allah Swt. Selalu memberikan Ridhonya bagi kita semua. Amin.

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

 

 

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KEPALA DESA DAN SUMPAH / JANJI

ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA

 

 

Tanah Grogot, 16 November 2009

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yth.              Saudara Ketua, dan Para Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.              Saudara Wakil Bupati dan Saudara–Saudara Unsur MUSPIDA Kabupaten Paser, dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.              Para Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Camat se Kabupaten Paser dan Unsur Muspika yang hadir pada hari ini;

Yth.              Mantan Kepala Desa, Mantan Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang hadir pada hari ini;

Yth.              Panitia Pemilihan Kepala Desa yang hadir pada hari ini;

Yth.              Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda yang hadir pada hari ini;

 

Serta Hadirin yang saya muliakan.

 

 

Alhamdulilah,marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kita   kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunianya serta berkat bimbingan dan lindungannya pada kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa serta pengambilan Sumpah/janji   Anggota Badan Permusyawaratan Desa dalam keadaan sehat wal’afiat.

 

  Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

 

Saya ingin mengungkapkan rasa kegembiraan, kebahagiaan dan kebanggaan saya karena dapat bertemu dan bertatap muka langsung dengan seluruh komponen masyarakat yang hadir pada hari ini.

Beberapa saat tadi, kita bersama-sama telah mengikuti proses Pengambilan sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Selengot, Kepala Desa Senipah, Kepala Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan, Kepala Desa Modang Kecamatan Kuaro, Kepala Desa Suliliran Kecamatan Pasir Belengkong dan Kepala Desa Sebakung Kecamatan Long Kali serta Pengambilan Sumpah/janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa Perepat, Desa Sungai Langir Kecamatan Tanah Grogot, Anggota Badan Permusyawaratan Desa Langgai Kecamatan Batu Engau dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Kepala Telake Kecamatan Long Kali yang merupakan hasil Pemilihan dan Musyawarah Desa untuk masa jabatan 6 tahun kedepan.

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Pada kesempatan ini, saya ingin berpesan atau mengingatkan kepada Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang baru dilantik untuk benar-benar menghayati “sumpah“ yang telah diucapkan.

Sebagai orang yang beriman, kata sumpah yang diawali dengan kata “Demi Allah“ dan diakhiri dengan kata “Kepada Tuhan itulah akhirnya pertanggungjawaban akan saudara berikan“.

Kata ini memiliki makna yang mendalam dan pertanggungjawaban yang cukup besar. Pengucapan menunjukkan pengakuan dan perwujudan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, artinya saudara telah mengikat janji kepada Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa dan sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa.

Sudah sepantasnya sebagai seorang Kepala Desa dan sebagai Anggota Badan Permusyawaratan Desa tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya, untuk nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat, Pemerintah, dan terlebih lagi kepada Allah SWT. Sikapilah bahwa jabatan Saudara merupakan amanah dari Allah SWT, masyarakat dan Pemerintah.

Hal lain yang juga cukup penting untuk selalu diingat oleh Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa adalah bahwa dengan jabatan yang saudara miliki bukan berarti saudara akan memperoleh kemudahan dan keuntungan dari jabatan saudara, justru saudara harus mampu menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan. Keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemerintahan desa, pertama-tama akan dinilai dari kegiatan pemberian pelayanan kepada masyarakat, dan jadikanlah pelayanan terhadap masyarakat desa itu sebagai kewajiban saudara, bukan sebaliknya pelayanan dijadikan sebagai sumber pendapatan.

 

 

Hadirin dan Undangan yang berbahagia,

 

Tugas Kepala Desa seperti diatur dalam Peraturan Daerah, tentang Pemerintah Desa memang cukup berat. Namun tetap harus dilaksanakan dengan sebaik–baiknya. Karena tugas ini merupakan amanah yang dibebankan masyarakat kepada Saudara.

Kepala Desa adalah dipilih oleh masyarakatnya, berarti masyarakat memberi kepercayaan kepada saudara untuk memimpin wilayahnya. Oleh karena itu, saya harapkan kepada Kepala Desa untuk benar benar melaksanakan amanat rakyat itu dengan sebaik-baiknya.

Saya juga menghimbau kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik agar selalu menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait di desanya.

Kepala Desa diharapkan selalu berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga-lembaga desa, termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan lain lain. Aspirasi Badan Permusyawaratan Desa sangat diperlukan, karena dari sisi aspirasi, saran dari masyarakat akan terangkum.

Dibidang Pembangunan saya mengharapkan kepada Saudara untuk selalu memusyawarahkan dengan masyarakat dan lembaga-lembaga di desa, termasuk dalam pelaksanaan program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dalam Pembangunan didesa lebih diutamakan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat, seperti Pendidikan, Kesehatan, Air bersih dan lainnya Kepala Desa harus mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat yang tujuannya untuk membangun desa.

Pemerintah Daerah akan selalu membantu kemajuan desa,baik dalam bentuk bantuan dana maupun suport. Beberapa program telah dilakukan pemerintah daerah untuk memajukan desa, diantaranya melalui program dana bantuan desa serta yang terbaru ada program Alokasi Dana Desa (ADD)

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Badan Permusyawaratan Desa di tingkat desa merupakan mitra pemerintahan desa dan bukan merupakan saingan dari pada Kepala Desa. Maka untuk itu saya mengharapkan jalinlah hubungan yang baik antara Pemerintah Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa, dan lakukan serta kembangkan hubungan kerja yang rasional sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda Pemerintahan Desa.

Sekali lagi saya ingatkan dan tegaskan pada saudara pelajarilah peraturan perundang-undang, sehingga dengan mempelajari hal tersebut akan membantu dan membimbing dalam melaksanakan tugas sehari hari.

Memahami akan tugas dan tanggung jawab saudara dalam penyelenggaran Pemerintahan Desa yang cukup berat dan untuk mendukung keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten Paser terus melakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur pemerintahan desa yaitu melalui pendidikan pelatihan, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dan sebagai bukti kesungguhan perhatian Pemerintah Kabupaten terhadap Pemerintahan Desa pada tahun Anggaran 2009 ini Pemerintah Kabupaten Paser kembali memberikan kenaikan tunjangan penghasilan dan biaya Operasional bagi para Kepala Desa dan Perangkat Desa, serta Anggota Badan Permusyawaratan Desa, bahkan   Pemerintah Kabupaten juga memberian tunjangan   pada para Dukun Kampung, P3NTR, Ketua LPM, Kepala Dusun, Penjaga Rumah Ibadah dan para Ketua RT se-Kabupaten Paser, dan juga meningkatkan biaya Operasional PKK Desa, Karang Taruna Desa, Satgas Linmas Desa serta Posyandu.

Disamping pemberian tunjangan pada Aparatur Pemerintahan Desa, Pemerintah Kabupaten Paser juga memberikan Dana Tali Asih kepada mantan Kepala Desa dan mantan Anggota Badan Perwakilan Desa yang telah berakhir masa jabatannya.

Berkenaan dengan pemberian tunjangaan bagi aparatur pemerintahan desa tersebut, Pemeritah Kabupaten Paser

mengharapkan pada saudara kiranya dapat meningkatkan peran sertanya dalam mendukung program-program Pemerintah dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tana Paser yang kita cintai ini.

 

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

 

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya juga ingin berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat Desa serta mengucapkan selamat kepada Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa yang baru saja dilantik serta kepada mantan Kepala Desa dan mantan Anggota Badan Permusyawaratan Desa, terima kasih atas jasa dan darma bhaktinya kepada Bangsa, Negara, Daerah dan Desa selama menjabat Kepala Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa. Semoga pengabdian saudara diberi balasan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan balasan kebaikan yang berlipat ganda.

Pada kesempatan ini juga, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa dan Panitia Musyawarah Pembentukan Badan Permusyawaratan Desa yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik sampai dengan terlaksananya Pengambilan Sumpah Kepala Desa serta sumpah / janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa pada hari ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan bimbingan kepada  kita semua. Amin.

 

Sekian, terima kasih.

Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN KOMPETISI DIVISI II NASIONAL GROUP XV LIGA INDONESIA 2009

Tanah Grogot, 5 November 2009

Assalamu alaikum wr. Wb.

Yth. Ketua dan Pengurus KONI Kabupaten Paser;

Yth. Ketua Pengurus Cabang PSSI Kabupaten Paser;

Yth. Para Manajer, Pelatih dan Pemain Sepakbola peserta Kompetisi Divisi II Nasional Group XV Liga Indonesia;

Yth. Panitia pelaksana;

Penonton yang berbahagia.

 

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa yang telah malimpahkan rahmat, karunia, kesehatan, dan kesempatan sehingga kita bisa hadir di tempat ini, Stadion Sadurangas dalam rangka menghadiri pembukaan Kompetisi Divisi II Nasional Group 15 Liga Indonesia 2009.

Hadirin yang saya hormati ,

Selamat datang kami sampaikan kepada tim dari Kutai Timur Persikutim, PS. Tapim Kalimantan Selatan dan PS. Sintang Kalimantan Barat. Mari kita menjunjung tinggi fair play , kompetisi yang sehat serta tetap mengedepankan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan sesama warga Kalimantan.

Saya yakin para pemain sepakbola yang didukung oleh para ofisial yang berpengalaman mampu menunjukkan rasa profesionalisme, sehingga kompetisi akan ketat di lapangan hijau, namun tetap bersaudara di luar lapangan.

Hadirin, pengurus KONI Kabupaten Paser yang saya hormati ,

Terwakilinya Paser dalam kompetisi Divisi II Nasional 2009 merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan. Itu semua tidak diperoleh dengan mudah melainkan dengan perjuangan yang panjang, kerjasama berbagai pihak, yang dipadu dengan sistem manajemen Persipas yang tepat dan profesional.

Tentunya pencapaian yang spektakuler ini tidak bisa membuat kita asemua langsung berpuas diri. Masih banyak impian-impian, tujuan dan sasaran lebih tinggi yang hendak kita capai. Hal ini tergantung dengan kebersamaan kita semua untuk melihat Paser bisa lebih diperhitungkan di masa datang, terumama dalam hal sepakbola.

Pada kesempatan ini, di mana kita menjadi tuan rumah dari salah satu agenda penting PSSI, tentunya kita semua harus fokus untuk mendapatkan kesuksesan ganda, yaitu sukses sebagai tuan rumah dan sukses prestasi.

Saya menaruh harapan yang besar terhadap pengurus cabang PSSI, dan juga KONI tentunya, agar benar-benar memperhatikan kemajuan sepakbola di daerah ini. Kita sudah terlanjur melangkah jauh, dengan menempatkan wakil kita di salah satu kasta yang tergolong tinggi di kompetisi sepakbola kita.

Mari kita sama-sama menjaga tren ini agar jangan sekedar numpang lewat, melainkan menjadi budaya dan prestasi yang berkelanjutan, sehingga pada akhirnya nanti Kabupaten Paser bisa diidentikkan dengan olahraga sepakbola.

Hadirin yang saya hormati ,

Mimpi-mimpi yang saya sebutkan di atas bisa terlaksana dengan baik, jika kita bersatu, bahu membahu memajukan sepakbola kita.

Sebagai masukan untuk memajukan olahraga sepakbola ke depan, ada dua agenda penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu pembenahan fasilitas dalam hal ini stadion, dan pembinaan sumber daya.

Dengan naiknya kasta sepakbola Paser sudah tentu harus dibarengi dengan segala fasilitas penunjang dan perangkat pertadingan, dan Sumber Daya Manusia seperti atlit, wasit dan pelatih.

Saya berpesan, agar KONI beserta Pengurus Cabang PSSI untuk memaksimalkan anggaran yang dialokasikan oleh Pemerintah Daerah.

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini. Terima kasih kepada PT. Kideco Jaya Agung dan sub kontraktornya yang telah menjadi sponsor.

Juga kepada perusahaan kepala sawit dan perusahaan lainnya yang selama ini sangat peduli dengan perkembangan dan kemajuan sepakbola di Bumi Daya Taka.

Semoga Allah Swt. Selalu memberikan Ridhonya bagi kita semua. Amin.

Terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN KEJUARAAN BOLA VOLI ANTAR CLUB SE-KABUPATEN PASER

Tanah Grogot, 16 November 2009

Assalamu alaikum wr. Wb.

Yth.          Ketua Harian KONI Kabupaten Paser;

Yth.          Ketua Pengurus PBVSI Cabang Kabupaten Paser;

Yth.          Panitia Pelaksana Turnamen;

Yth.          Oficial pertandingan;

Peserta turnamen, hadirin sekalian yang berbahagia.

 

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta nikmat kepada kita sekalian, terutama nikmat sehat yang memungkinkan kita dapat mengikuti dan menghadiri Pembukaan Kejuaraan Bola Voli antar Club se-Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin Sekalian,

Kejuaran bola Voli Bupati Cup ke-4 2009 yang akan kita saksikan bersama-sama, bisa disebut sebagai salah satu kejuaran yang memiliki nilai yang sangat penting. Hal ini tentu saja dapat dijadikan salah satu indikator berjalannya program kerja dari sebuah lembaga atau organisasi.

Saya berharap kejuaraan ini dapat dijadikan sarana konsolidasi organisasi dan manajemen, dan pembinaan prestasi, mengingat peserta turnamen merupakan pemain pemain-pemain bola voli profesional yang ada di Kabupaten Paser dan daerah-daerah lainnya.

Selain berkompetisi di lapangan voli, Bupati Cup juga selalu diwarnai persaingan dan adu gengsi antara sesama klub. Sejarah telah membuktikan bahwa Bupati Cup selalu menyuguhkan permainan-permainan yang menarik, dengan pemain-pemain yang terampil dan bertalenta tinggi. Ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pencinta bola voli di Kabupaten Paser.

Hadirin, Peserta Kejuaraan yang saya hormati,

Kita semua tahu, tujuan dari penyelenggaraan kejuaraan pada setiap cabang olahraga, adalah selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, juga dimaksudkan untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat diproyeksikan ke even yang lebih tinggi.

Kejuaraan ini bisa dikategorikan sebagai salah satu pemanasan sebelum menghadapi Pekan Olahraga Provinsi di Bontang 2010.

Dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan seperti ini, tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Paser akan lahir atlet-atlet muda yang bisa dibanggakan bangsa Indonesia. Hal ini tentu saja bisa terjadi, apabila pemberdayaan, pendanaan, pelatihan serta pembinaan benar-benar ditangani secara serius.

Saya sangat yakin, dengan semangat dan tekad yang bulat antara Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat akan dapat mencapai cita-cita tersebut.

Hadirin yang saya hormati,

Melalui pembinaan olahraga, maka secara otomatis kita telah membangun peradaban dan perdamaian. Hal ini sangat relevan jika kita hubungkan dengan kondisi bangsa saat ini. Di tengah pasang surut dunia perpolitikan kita, dan tidak lama lagi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, tidak mustahil akan melahirkan gesekan dan friksi yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan kita, maka olahraga harus menjadi alat yang mampu melahirkan jiwa raga yang sehat, dan yang beradab.

Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini, kepada seluruh peserta saya ingatkan melalui semangat olahraga ini, agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, sportifitas, menjunjung tinggi fair play , memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Kabupaten Paser yang adil, makmur damai dan sejahtera.

Hadirin yang Saya Hormati,

Kepada panitia pelaksana Bupati Cup ke-4 2009, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian besar yang diberikan kepada pembinaan olahraga voli, yang secara konsisten melaksanakan kejuaraan voli di Bumi Daya Taka. Semoga segala kegiatan yang kita laksanakan mulai sore ini sampai akhir kegiatan selalu mendapatkan petunjuk, arahan dan bimbingan dari Allah, SWT.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, dan dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanir rahiim ” Kejuaraan Bola Voli antar Club se-Kabupaten Paser dengan ini secara resmi saya nyatakan dibuka.

Marilah kita sekali lagi berharap Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin, amin ya Rabbal Alamin.

Selamat bertanding.

Terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SEMINAR SEHARI, SEHAT CERDAS DAN CANTIK MENJADI WANITA YANG BERKEPRIBADIAN

Tanah Grogot, 3 November 2009

Assalamu alaikum wr. Wb.

Yth. Dewan Pengurus KORPRI Kab Paser beserta segenap anggota

Yth. Sdr. Asisten, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Paser

Yth. Ibu Dr. A. Linda Hartini, M.T.Els (Magister Teaching English) Dari Colorado Training Center Samarinda, dan Ibu dr. Eva Yulia Yani dari IDI Kab. Paser selaku Nara Sumber.

Serta para Undangan dan Hadirin yang berbahagia.

 

Pada Kesempatan yang baik ini, marilah kita senantiasa memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa yang telah malimpahkan Rahmat, karunia, kesehatan, kecerdasan dan yang telah menciptakan wajah yang rupawan bagi kita semua.

Hadirin yang saya hormati ,

Sungguh merupakan kebahagiaan pada hari ini kita dapat berkumpul di gedung Awa Mangkuruku ini dalam rangka ”SEMINAR SEHARI, SEHAT, CERDAS DAN CANTIK MENJADI WANITA YANG BERKEPRIBADIAN”

Tadi dilaporkan oleh ketua Panitian, Kegiatan ini merupakan kerjasama pengurus Korpri Kabupaten Paser dan Kantor PPKB Kabupaten Paser kami sangat menyambut baik kegiatan ini terlebih kita ketahui Kantor PPKB merupakan SKPD yang masih baru, jadi dalam berbagai kegiatan diharapkan dapat menjalin kerjasama seperti saat ini dengan Dewan Pengurus Korpri.

Dari tema seminar : ”Sehat, Cerdas dan Cantik menjadi wanita yang berkepribadian ” tentunya dengan berbagai maksud dan tujuan serta harapan sebagaimana yang telah disampaikan Ketua Panitia tadi.

Dalam pengertian sederhana sehat berarti segala sesuatu terbebas dari kuman penyakit, dengan menjaga kebersihan secara konsisten baik secara fisik maupun mental.

Kecantikan dapat digambarkan sebagai suatu kualitas yang dapat memberikan kesenangan pada penglihatan dan perasaan. Kecantikan tentu bukan hanya di kulit saja, tetapi merupakan akumulasi dari berbagai faktor, cara pandang dan perasaan. Postur tubuh yang baik, wajah yang bersinar, dan penampilan yang penuh percaya diri, membuat membuat seseorang menjadi menarik.

Hadirin dan Peserta Seminar yang berbahagia

Menjadi perempuan harus meraih sama cerdasnya dengan yang bisa dicapai kaum laki-laki. Daerah kita membutuhkan peran dan kehadiran perempuan yang mampu hidup lebih mandiri. Selain Cerdas, Karier juga perlu dibina. Untuk itu segala peluang hendaknya perlu dimanfaatkan, agar apa-apa yang bisa diraih laki-laki bisa pula diraih oleh kaum perempuan. Atau yang lebih kita kenal dengan kesetaraan gender, dengan tetap melihat keterbatasan kodrat, dan dengan tetap menjaga sikap arif, mempertimbangkan batas-batas kemampuan biologis kewanitaan.

Kami berharap melalui seminar ini nantinya akan terlahir butir-butir pemikiran dan wawasan baru yang dapat menjadi referensi dalam rangka meningkatkan upaya sehat, cerdas dan cantik untuk membentuk kepribadian bagi wanita Korpri khususnya dan wanita Kab. Paser umumnya.

Pesan kami jadilah wanita selain Sehat, Cerdas dan Cantik juga Tangguh dalam menghadapi masalah. Dalam artian berani “Menghadapi“ bukan malah “Menghindari”.

Jadikanlah Masalah sebagai dorongan untuk meraih hal positif dalam hidup, jadikan pula upaya kita dalam meraih prestasi untuk berkarir dan kehidupan yang diidamkan serta memberi manfaat bagi keluarga, masyarakat dan terutama daerah Kab. Paser.

Pemerintah Kabupaten Paser telah memberikan kepercayaan kepada wanita untuk mengemban beberapa tugas yang cukup strategis Antara lain Asisten II yang membidangi Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Kepala Kantor, Camat Sekretaris, Kepala Bidang dan setingkat esselon IV seperti Kasi, Kasubbag dan Sebagainya.

Begitu pula keterwakilan kaum perempuan di DPRD yang tahun ini menjadi 3 (tiga) orang. Kedepan semoga peluang bagi pejabat wanita akan lebih terbuka lagi, karenanya tunjukkan kinerja terbaik saudara, karena sebagai pegawai negeri akan selalu ada penilaian terhadap pelaksanaan amanah yang diberikan.

Ada yang membanggakan dari kita semua baru-baru ini wanita Korpri khususnya dari Korpri wanita paser telah mengukir prestasi di ajang tingkat Provinsi di makassar pada 19 sampai dengan 24 Oktober 2009 yang lalu di bidang olah raga antara lain 3 orang mewakili Kaltim yang nantinya akan mengikuti kegiatan yang sama di tingkat Nasional.

Ini semua bukan hanya dari kesahajaan, kecantikan maupun penampilan tapi juga ada wanita Korpri yang bisa mengukit prestasi di arena olahraga.

Akhirnya semoga wanita korpri Kab. Paser Khususnya menjadi wanita idaman,Wanita yang sehat, cerdas tapi juga Cantik, Cantik lahiriah maupun batiniah.

Selamat mengikuti seminar, dan dengan ucapan “Bismillahirrahmannirrahim  Seminar seharí, Sehat, Cerdas dan Cantik kami nyatakan dibuka. Terimakasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam acara ini, semoga Allah Swt. Selalu memberikan Ridhonya bagi kita semua. Amin.

Terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN SOSIALISASI PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN

Long Kali, 10 November 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Paser beserta jajaran;

Yth.              Camat dan Unsur Muspika Long Kali;

Yth.              Lurah, Para BPD dan para kepala Desa, di Lingkungan Kecamatan Long Kali;

Yth.              Tokoh Masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda ;

Hadirin, peserta penyuluhan dan para Undangan yang berbahagia;

 

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan pembukaan Sosialisasi Pengembangan / Perkuatan Wawasan Kebangsaan atau penyuluhan nilai-nilai luhur budaya bangsa bagi bapak dan ibu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan generasi muda se kecamatan Long Kali.

Hadirin yang berbahagia,

Kantor Kesbangpol dan Linmas telah menjalankan peran dan fungsinya sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme di dalam masyarakat, terutama di kalangan remaja.

Saya kira tugas yang telah dilakukan oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Hadirin yang berbahagia

Perwujudan nasionalisme bagi kita rakyat Indonesia tidak lagi dimaknai sebagai tindakan untuk mempertahankan, apalagi memperjuangkan kemerdekaan. Namun kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan yang diwariskan oleh pendahulu kita.

Untuk mengisi kemerdekaan, kita tidak perlu memanggul senjata, dan tidak perlu hidup dalam suasana yang mencekam. Tugas kita hanyalah menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dalam diri masing-masing, pada diri keluarga, kerabat dan handai taulan. Alangkah ironis, seandainya tugas yang relatif ringan itu pun tidak bisa kita lakukan.

Menambah pengetahuan tentang nilai-nilai luhur budaya bangsa adalah juga salah satu upaya dalam mengisi kemerdekaan karena dengan demikian nilai perjuangan tidak akan pernah pudar dalam diri kita, dan akan selalu terpatri, bahwa perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bukanlah perjuangan yang mudah melainkan memerlukan pengorbanan nyawa, harta, darah dan air mata.

Hadirin yang berbahagia

Dalam upaya mengerahkan segala sumber yang ada maka dianggap penting adanya penerapan dalam pengembangan wawasan kebangsaan pada generasi-generasi yang sekarang dan yang akan datang.

Dalam situasi dan kondisi di mana beberapa daerah telah terjadi peristiwa-peristiwa yang dapat melemahkan makna kesatuan dan persatuan bangsa, seperti yang saat ini sedang terjadi pada saudara-saudara kita di Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, maka kiranya sangat tepat bila masyarakat Kabupaten Paser diberikan wawasan tentang kebangsaan agar tidak terpengaruh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar daerah kita.

Dalam upaya mencapai peningkatan tersebut, tentunya diharapkan adanya kesatuan visi dan misi dalam pola pengembangan secara sinergis dan holistik. Untuk itu maka diperlukanlah suatu sikap dan pendalaman wawasan kebangsaan guna membentuk suatu jiwa kebangsaan yang baik di masa yang akan datang.

Kepada Panitia Pelaksana dalam hal ini Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Paser, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Sosialisasi Pengembangan Wawasan Kebangsaan.

Melalui Sosialisasi ini saya berharap agar forum ini dapat melaksanakan peranannya sebagai berikut:

Pertama, sebagai fasilitator pengembangan wawasan kebangsaan kepada masyarakat di Long Kali.

Kedua, Berperan sebagai Penggerak dan motor dalam pengembangan wawasan kebangsaan pada masyarakat.

Ketiga, berperan untuk menyatukan visi dan misi wawasan kebangsaan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

Pemerintah menyambut baik upaya setiap komponen masyarakat dalam rangka menjaga rasa kebangsaan dan patriotisme. Pemerintah juga patut berbangga hati, karena sebagian pemuda, dan remaja masih memperlihatkan semangat kebangsaan dalam diri mereka.

Hadirin dan peserta penyuluhan yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir rahim, sosialisasi pengembangan dan perkuatan wawasan kebangsaan di kecamatan Long Kali secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.

 

 

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN SOSIALISASI PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN

Muara Samu, 15 November 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Paser beserta jajaran;

Yth.              Camat dan Unsur Muspika Muara Samu;

Yth.              Para BPD dan para kepala Desa, di Lingkungan Kecamatan Muara Samu;

Yth.              Tokoh Masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda ;

Hadirin, peserta penyuluhan dan para Undangan yang berbahagia;

 

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita sama-sama menyaksikan pembukaan Sosialisasi Pengembangan / Perkuatan Wawasan Kebangsaan atau penyuluhan nilai-nilai luhur budaya bangsa bagi bapak dan ibu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan generasi muda se kecamatan Muara Samu.

Hadirin yang berbahagia,

Kantor Kesbangpol dan Linmas telah menjalankan peran dan fungsinya sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme di dalam masyarakat, terutama di kalangan remaja.

Saya kira tugas yang telah dilakukan oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Hadirin yang berbahagia

Perwujudan nasionalisme bagi kita rakyat Indonesia tidak lagi dimaknai sebagai tindakan untuk mempertahankan, apalagi memperjuangkan kemerdekaan. Namun kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan yang diwariskan oleh pendahulu kita.

Untuk mengisi kemerdekaan, kita tidak perlu memanggul senjata, dan tidak perlu hidup dalam suasana yang mencekam. Tugas kita hanyalah menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dalam diri masing-masing, pada diri keluarga, kerabat dan handai taulan. Alangkah ironis, seandainya tugas yang relatif ringan itu pun tidak bisa kita lakukan.

Menambah pengetahuan tentang nilai-nilai luhur budaya bangsa adalah juga salah satu upaya dalam mengisi kemerdekaan karena dengan demikian nilai perjuangan tidak akan pernah pudar dalam diri kita, dan akan selalu terpatri, bahwa perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bukanlah perjuangan yang mudah melainkan memerlukan pengorbanan nyawa, harta, darah dan air mata.

Hadirin yang berbahagia

Dalam upaya mengerahkan segala sumber yang ada maka dianggap penting adanya penerapan dalam pengembangan wawasan kebangsaan pada generasi-generasi yang sekarang dan yang akan datang.

Dalam situasi dan kondisi di mana beberapa daerah telah terjadi peristiwa-peristiwa yang dapat melemahkan makna kesatuan dan persatuan bangsa, seperti yang saat ini sedang terjadi pada saudara-saudara kita di Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, maka kiranya sangat tepat bila masyarakat Kabupaten Paser diberikan wawasan tentang kebangsaan agar tidak terpengaruh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di luar daerah kita.

Dalam upaya mencapai peningkatan tersebut, tentunya diharapkan adanya kesatuan visi dan misi dalam pola pengembangan secara sinergis dan holistik. Untuk itu maka diperlukanlah suatu sikap dan pendalaman wawasan kebangsaan guna membentuk suatu jiwa kebangsaan yang baik di masa yang akan datang.

Kepada Panitia Pelaksana dalam hal ini Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Paser, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya memberikan Apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Sosialisasi Pengembangan Wawasan Kebangsaan.

Melalui Sosialisasi ini saya berharap agar forum ini dapat melaksanakan peranannya sebagai berikut:

Pertama, sebagai fasilitator pengembangan wawasan kebangsaan kepada masyarakat di Muara Samu.

Kedua, Berperan sebagai Penggerak dan motor dalam pengembangan wawasan kebangsaan pada masyarakat.

Ketiga, berperan untuk menyatukan visi dan misi wawasan kebangsaan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

Pemerintah menyambut baik upaya setiap komponen masyarakat dalam rangka menjaga rasa kebangsaan dan patriotisme. Pemerintah juga patut berbangga hati, karena sebagian pemuda, dan remaja masih memperlihatkan semangat kebangsaan dalam diri mereka.

Hadirin dan peserta penyuluhan yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir rahim, sosialisasi pengembangan dan perkuatan wawasan kebangsaan di kecamatan Muara Samu secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.

 

 

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA WISUDA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) IBNU RUSYD TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 21 November 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Saudara Unsur Muspida dan Ketua pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.              Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor dan Pejabat  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Koordinator Perguruan Tinggi Islam Wilayah Kalimantan;

Yth.              Pendiri dan Ketua Yayasan Ibnu Rusyd Tanah Grogot;

Yth.              Jajaran Pengurus STIT Ibnu Rusyd, civitas akademika berserta para staf pengajar;

Para wisudawan dan wisudawati beserta keluarga dan hadirin sekalian yang berbahagia;

 

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberi rahmat dan nikmat kepada kita sekalian, terutama nikmat sehat yang memungkinkan kita dapat mengikuti dan menghadiri prosesi wisuda ke-3 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Rusyd Tanah Grogot pada malam ini.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW, dan keluarga, para sahabat semoga dengan berkahnya dilepaskan kita dari segala perpecahan, dieratkan tali persatuan dan persaudaraan menuju kesejahteraan untuk kita semua.

Atas nama Pemerintah, saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang hari ini berhasil diwisuda. Sebagai sarjana yang ahli di bidang pendidikan Agama Islam.

Para Wisudawan, Wisudawati, Hadirin yang berbahagia,

Inilah hari sangat membahagiakan, hasil dari kerja keras, kemauan belajar dan disiplin yang telah dilakukan sehingga saudara berhasil mencapai cita-cita seperti yang telah diidam-idamkan selama ini.

Dengan demikian berarti para wisudawan berhak mendapat ijazah, namun tantangan baru ke depan sudah menunggu dan menghadang. Nantinya para wisudawan akan sangat dituntut kemampuannya untuk dapat berkarya dan beradaptasi di dalam masyarakat dan di setiap gerak langkah pembangunan seperti yang sedang giat-iatnya kita laksanakan dalam era otonomi daerah sekarang ini.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Paser menekankan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia ini di tandai dengan banyaknya putra putri Kabupaten Paser yang dikirim keluar daerah untuk menambah pengetahuan dan wawasan di bidang ilmu pengetahuan umum dan tidak ketinggalan pula di bidang ilmu pengetahuan agama.

Dalam upaya peningkatan kualitas SDM tentu saja pemerintah menghadapi berbagai kendala dan permasalahan yang rumit. Oleh karena itu saya mengharapkan agar pembangunan di Kabupaten Paser ini dalam meningkatkan SDM juga harus dapat disambut dan disikapi oleh para alumni STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot.

Peran Saudara akan senantiasa ditunggu karena permasalahan peningkatan SDM bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah tetapi juga semua komponen masyarakat dan kalangan akademisi

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Memasuki abad modern sekarang ini tantangan kehidupan manusia yang bakal kita hadapi semakin berat dan rumit. Pengaruh globalisasi dan teknologi yang canggih yang sudah merambah ke pelosok-pelosok desa di samping menimbulkan hal yang positif, juga menimbulkan efek negatif yang berakibat pada timbulnya pergaulan bebas para remaja, kecendrungan anak-anak muda untuk mencoba alat-alat terlarang, sehingga dekadensi moral di tengah-tengah masyarakat hampir tak terhindarkan.

Di sinilah peran alumni STIT Ibnu Rusyd dan civitas akademika yang tergabung di dalamnya yang merupakan satu-satunya perguruan Tinggi Islam di Kabupaten Paser yang di harapkan partisipasi aktif untuk terjun di tengah-tengah masyarakat dan menyuarakan kembali kepada Amar-Ma’ruf nahi mungkar sehingga masyarakat Kabupaten Paser dalam mengisi pembangunan berlangsung dalam keadaan aman, damai dan sejahtera.

Untuk itu kepada jajaran STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot pada kesempatan ini saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terimakasih karena berkat upaya dan kerja keras telah berhasil membuktikan mampu menghasilkan wisudawan dan wisudawati yang berkualitas, berilmu amaliah dan beramal ilmiah.

Saya yakin di masa-masa yang akan datang institusi ini akan lebih banyak lagi menghasilkan lulusan yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam.

Kepada wisudawan sekali lagi saya ucapkan “Selamat. “Selamat mengukir prestasi dan berjuang dalam kancah kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara menuju ridha Allah SWT.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, Semoga Allah, SWT menerima segala amal ibadah kita semua. Amin.

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

 

 

 

 

Wabillahi taufiq walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

ttd

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wed, 16 Dec 2009 @12:46
Tags: humaspro


2 Komentar
image

Wed, 24 Nov 2010 @06:37

sukadi

Salam, sebetulnya aq lagi nyari pidato Mendiknas untuk HUT PGRI ke 65, tapi yang kudapat hanya yang ke 64, syukur ada, terima kasih dan numpang copas pidatonya.

image

Mon, 10 Oct 2011 @09:36

Ismaun, SH

Hebat Humas Kab. Paser, smoga lebih tertib lagi. Salam satu jiwa dari Lamongan, Jawa Timur


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+3+4

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved