Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

KUMPULAN PIDATO AGUSTUS

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PMENYAMBUTAN RAMADHAN 1430 HIJRIYAH YANG DILAKSANAKAN OLEH PHBI KABUPATEN PASER TAHUN 2009

Tanah Grogot, 18 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth .Unsur Muspida Kab. Paser;

Yth .Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kab. Paser ;

Yth .Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth .Kepala Kantor Depag;

Yth .Ustad Abdurrahman dari Balikpapan;

Kaum muslimin dan muslimat serta hadirin yang berbahagia ;

Dalam kesempatan yang baik ini, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah, SWT, karena hanya dengan izin-Nya saja, malam ini kita dapat berkumpul dan bersama-sama dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1430 Hijriyah .

Salam dan shalawat juga kita kirimkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah mangantar kita dari alam yang penuh dengan kebodohan dan masyarakat jahiliyah menuju alam terang benderang.

Hadirin yang berbahagia,

Dalam beberapa hari kita khususnya umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang penuh dengan hikmah dan pahala, serta bulan di mana setiap Muslim bisa melakukan kebajikan sebanyak-banyaknya, dan juga menjadi kesempatan untuk bertaubat kepada Allah untuk diampuni segala dosa-dosa yang telah dilakukan dalam sebelas bulan yang lain.

Berbagai keuntungan yang berlipat ganda tersebut telah membuat setiap Muslim di seluruh dunia selalu menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan bersuka cita. Semoga kita semua dapat menjalani bulan Ramadhan tahun ini dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Hadirin yang berbahagia,

Mari kita sama-sama berharap bahwa kegiatan pada malam hari ini tidak saja bersifat seremonial belaka, namun setiap individu dapat mendapatkan hikmah yang ada di baliknya. Pemerintah berharap bulan suci Ramadhan tahun   ini bisa dijadikan momentum pemersatu umat Islam yang sebagian hidup dalam beberapa faham dan aliran berbeda-beda. Sudah seharusnya kita menyadari, sebagai Muslim, siapapun imam kita, mahzab apapun yang kita ikuti, namun kita tetap sama-sama berpedoman pada ajaran Allah SWT dan tetap menjunjung tinggi ajaran yang dibawakan oleh Rasulullah, SAW.

Hadirin, pengurus dan anggota PHBI yang berbahagia,

Terima kasih saya sampaikan kepada PHBI, yang selalu rutin melaksanakan dan menyemarakkan kegiatan-kegiatan seperti ini. Pemerintah Kabupaten Paser selalu memberikan dukungan kepada lembaga-lembaga atau organisasi yang mengajak umat manusia untuk lebih menyemarakkan syiar-syiar Islam, untuk menegakkan kalimat Allah di muka bumi, khususnya Kabupaten Paser yang kita cintai ini.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyelipkan imbauan kepada setiap umat Islam terutama warga Paser agar tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang menyesatkan umat Islam, sekaligus mengancam stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai sebagai negara yang berdaulat.

Sekarang ini bangsa Indoensia khususnya umat Islam sedang mendapat cobaan dengan adanya isu terorisme yang sering dikait-kaitkan dengan Islam. Saya harap kita bisa mawas diri dan dapat mengendalikan diri untuk tidak terpancing dengan isu-isu semacam ini. Mari kita memberikan pengawasan terhadap anggota keluarga kita agar tetap berada dalam koridor yang sesuai dengan ajaran Allah, SWT dan Sunah Rasulullah SAW.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita selalu mendapat ridha dari Allah, SWT, serta diberikan kekuatan dalam melaksanakan kewajiban kita yaitu rukun Islam ketiga, Berpuasa pada bulan Ramadhan.

 

 

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PELANTIKAN PENGURUS KABUPATEN PBSI PASER MASA BHAKTI 2009-2013

Tanah Grogot, 19 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth .Ketua Harian KONI Kabupaten Paser;

Yth .Ketua Pengurus Provinsi PBSI Kaltim;

Yth .Ketua Pengkab PBSI Kabupaten Paser;

Yth .Ketua Pengcab PBSI se-Kabupaten Paser;

Serta PB / Club dan seluruh undangan dan hadirin yang saya hormati ;

Yang saya hormati dan saya banggakan seluruh Pengurus Kabupaten PBSI Paser. Marilah kita panjatkan segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, kemudian salawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad, SAW, beserta keluarganya dan seluruh pengikutnya.

Hadirin yang berbahagia,

Bulu tangkis merupakan cabang olah raga yang populer di Tanah Air. Fakta menunjukkan bahwa di kota maupun di desa dapat dijumpai lapangan bulu tangkis. Ini menggambarkan betapa populernya bulutangkis di negara kita.

Indonesia merupakan negara yang memiliki sejarah bulu tangkis yang membanggakan. Tunas-tunas pebulutangkis pun merekah di mana-mana. Wajah-wajah baru muncul di berbagai kejuaraan.

Nama-nama baru pebulutangkis tercantum di daftar peserta dalam berbagai even internasional sebagai utusan bangsa Indonesia. Banyak yang berhasil menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa. Oleh karena itu tunas-tunas baru harus ditumbuhkan, agar muncul bintang-bintang junior, untuk mengganti para senior yang mulai pudar sinarnya. Sejarah kejayaan telah dicatat dan harus diingat, tetapi kita semua tidak boleh terlena karena saat ini serta ke depan tantangan semakin berat.

Hadirin yang berbahagia,

Prestasi bulutangkis se Indonesia harus diakui sedang menurun, terbukti pada Djarum Indonesia open serta kejuaraan dunia di India yang baru saja selesai, tradisi merebut gelar tidak dapat dipertahankan. Hal tersebut sangat disayangkan, oleh karena itu kita membutuhkan generasi-generasi penerus kejayaan bulutangkis di masa lalu, sekarang dan yang akan datang.

Kita juga harus berpacu untuk terus memperbaiki dan menemukan inovasi-inovasi metode latihan agar kemampuan perbulutangkisan generasi mendatang lebih baik dibanding para pendahulu mereka dan dibanding pebulutangkis dari negara-negara lain.

Sejarah prestasi atlit bulutangkis Indonesia harus dilestasikan. Kita mesti selalu siap menghadapi tantangan seberat apapun.

Hadirin yang berbahagia,

Pelantikan pengurus Kabupaten PBSI Paser yang telah dilaksanakan, merupakan amanat organisasi kita sebagai implementasi AD/ ART PBSI dan komitmen yang kuat untuk membangun kinerja organisasi yang sehat dan dinamis.

Ada hal yang ingin saya tegaskan kepada pengurus baru baik Kabupaten dan Kecamatan untuk terus-menerus memacu semangat kinerja organisasi secara tertib, berkualitas sekaligus berprestasi, maka sangat diperlukan tingkat soliditas jajaran pengurus PBSI di semua tingkatan. Pengurus Kabupaten misalnya, harus mempunyai jajaran pengurus yang punya waktu dan yang sangat penting adalah memiliki kemampuan menggerakkan segenap potensi yang ada.

Pengurus harus kreatif dan inovatif untuk mengatasi masalah yang ada, tidak mandeg, apalagi diam, apatis atau pasrah sengan keadaan yang ada. Jika memang banyak pengurus yang tidak mempunyai waktu dan terbukti tidak mampu menjalankan tugas, silakan direvisi sehingga organisasi dan kepentingan olah raga bulutangkis terus berkembang, maju dan berprestasi.

Peran pengurus sangatlah strategis, bagaimana caranya agar pengurus berupaya keras menjalin kerjasama dengan klub-klub anggotanya, menjalin kerjasama kemitraan dengan pihak-pihak yang peduli dengan olahraga bulutangkis baik dari kalangan pemerintah maupun swasta.

Sasarannya adalah mendorong semaksimal mungkin orang mencintai bulutangkis. Mendorong setiap orang peduli membina atlit, serta menjalin kerjasama dengan mitra kerja untuk menggelar even-even bulutangkis.

Hadirin yang berbahagia,

Gerakan bulutangkis merupakan salah satu kegiatan di kalangan masyarakat Indonesia ikut menunjang terbentuknya manusia Indoensia, yang tidak saja sehat jasmaniah dan rohaniah serta gemar olahraga semata-mata, melainkan juga dengan cita-cita yaitu untuk mengharumkan nama, harkat dan derajat bangsa dan negara republik Indonesia di mata bangsa-bangsa di dunia.

Kemudian kepada jajaran pengurus Kebupaten PBSI Paser yang dilantik malam ini kami ucapkan selamat menjalankan tugas secara profesional dan bertanggung jawab. Semoga pelantikan ini menjadi satu tonggak dan modal awal bagi tercapainya prestasi bulutangkis sehingga dapat mengharumkan Kabupaten Paser pada even-even berskala regional dan nasional.

Salah satu agenda yang harus dipersiapkan oleh KONI dan semua pengurus cabang olah raga khususnya PBSI adalah persiapan menghadapi Pekan Olah Raga Provinsi Kaltim 2010 di kota Bontang. Hendaknya dari sekarang semua cabang olahraga segera mempersiapkan atletnya di mana sesuai dengan komitmen KONI, kita tidak akan memakai atlet luar Paser tetapi kita akan memaksimalkan atlet-atlet lokal kita, sehingga diharapkan timbul kebanggaan pada atlet-atlet daerah. Semoga prestasi Paser lebih baik dari sebelumnya. Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini.


Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

 

SAMBUTAN GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR

PADA ACARA PERESMIAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI ANGGOTA DPRD KABUPATEN PASER MASA JABATAN 2009-2014

Tanah grogot, 18 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua

Yth.              Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.              Bupati, Wakil Bupati dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.              Ketua KPU, Panwaslu, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, Pimpinan Organisasi Sosial Kemasyarakatan;

Yth.              Undangan dan Hadirin yang berbahagia;

 

Puji dan syukur kita ucapkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang melimpahkan  rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat hadir di ruangan ini  dalam acara Peresmian dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kabupaten Paser, masa jabatan 2009–2014.

Sehubungan dengan ini, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur saya menyambut gembira dan sekaligus mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Paser yang terpilih dan mendapat kepercayaan, sekaligus amanah dari rakyat untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Hadirin yang Saya Hormati.

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa kemerdekaan kebangsaan Indonesia disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat.

Sementara itu, Wakil-Wakil Rakyat yang akan duduk di kelembagaan perwakilan dipilih melalui pemilihan umum yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil setiap lima tahun sekali.

Kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Pemilu legislatif (DPR, DPD dan DPRD) pada tanggal 9 April 2009 lalu di Kaltim terlaksana dengan baik dan telah menghasilkan para Wakil Rakyat seperti yang kita saksikan hari ini.

Dibanding sebelumnya, Pemilu Legislatif kali ini agak berbeda. Berdasarkan UU No.10 tahun 2008 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD, dan UU No.17 tahun 2009 tentang Perubahan atas UU No.10 tahun 2008 menjadi UU, maka penentuan calon terpilih anggota DPRD berdasarkan perolehan suara terbanyak. Tidak lagi berda-sarkan nomor urut pada Daftar Calon Tetap (DCT), sehingga memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masing-masing calon untuk berkompetisi.

Sehubungan dengan itu, kiranya patutlah Saudara-Saudara semua bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berhasil meraih suara terbanyak dan duduk dalam lembaga legislatif DPRD, apalagi perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan tentunya tidak kecil, baik materi maupun immaterial yang tak ternilai harganya.

Hadirin, Anggota Dewan yang Berbahagia.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD menegaskan bahwa DPRD merupakan lembaga peme-rintahan daerah sebagai wahana demokrasi dalam penye-lenggaraan Pemerintahan Daerah.

Sebagai lembaga Pemerintahan Daerah, DPRD mempunyai kedudukan yang setara dan memiliki hubungan kerja yang bersifat kemitraan dengan Pemerintah Daerah memiliki kedudukan yang sama dan sejajar dalam arti tidak saling membawahi, atau satu bertanggungjawab pada yang lain.

Hubungan yang demikian secara operasional bermakna bahwa DPRD adalah mitra kerja Pemerintah Daerah dalam membuat kebijakan daerah dalam penyelengaraan Pemerintahan Daerah, sesuai dengan kewenangan tugas dan fungsi masing-masing.

Dengan demikian maka DPRD dan Pemerintah Daerah secara lembaga, wajib memelihara dan memba-ngun hubungan kerja yang harmonis dan harus saling mendukung untuk tujuan agar masing-masing melaksa-nakan kewajiban meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam hal :

a.     Pengembangan kehidupan demokrasi;

b.     Menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya;

c.      Mengembangkan hubungan dan mekanisme check and balance antara lembaga legislatif dan eksekutif;

d.     Meningkatkan kualitas, produktifitas dan kinerja demi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Hadirin, Anggota Dewan yang Saya Hormati.

Sebagai mitra Pemerintah Daerah, maka DPRD harus dapat mengoptimalkan kinerja, tugas dan tanggung jawabnya. Sebab hanya dengan cara itulah DPRD dapat bekerja sama secara optimal dengan Kepala Daerah. Sehingga percepatan pembangunan di Kabupaten Paser ini nantinya dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Selain itu, agar masyarakat mengetahui bahwa wakil-wakilnya di DPRD dapat menyuarakan aspirasi mereka, maka anggota DPRD harus peka dan tanggap dalam setiap merespon  aspirasi masyarakat. Bila aspirasi masyarakat  dapat diakomodir  oleh wakil-wakilnya yang duduk di lembaga legislatif, maka akan tumbuh rasa kepercayaan kepada wakil-wakilnya dan pada gilirannya akan dapat membantu menciptakan kestabilan daerah.

Kestabilan dan keamanan suatu daerah adalah suatu prasyarat utama dan akan dapat terwujud jika kita secara bersama-sama senantiasa mengembangkan sikap harmonis, saling menghargai, meningkatkan toleransi, baik dalam lingkup kesukuan, keagamaan, adat istiadat maupun kemasyarakatan dalam mewujudkan pemba-ngunan yang adil dan berkemakmuran.

Untuk mewujudkan hal tersebut memang tidak mudah mengingat tugas, peran dan fungsi DPRD pada masa-masa mendatang semakin berat, untuk itu saya harapkan, agar dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat bekerja secara optimal dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Kembangkan kemitraan interaktif dan positif. Hal ini sangat penting, karena betapapun besarnya hak dan kewenangan yang diberikan kepada anggota Dewan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, namun bilamana  tidak didukung oleh semua komponen masya-rakat yang ada di daerah ini, saya yakin apa yang menjadi tujuan akan sulit dapat diwujudkan.

                Selain itu, tantangan yang siap menghadang para Wakil Rakyat di daerah ini adalah; berkenaan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Paser, sehubungan dengan akan berakhirnya masa tugas Bupati dan Wakil Bupati Paser pada tahun 2010 yang akan datang.

Demi suksesnya Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Paser tersebut, saya harapkan para Wakil Rakyat di DPRD Kabupaten Paser bersama dengan Pemerintah Daerah, Partai Politik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dan semua pihak lainnya di dalam masyarakat, agar dari sekarang sudah mulai mempersiapkan diri.

Suksesnya Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Paser, akan berdampak positif terhadap kelangsungan jalannya pemerintahan dan pembangunan untuk menghantarkan daerah ini pada kemajuan dan kejayaan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin.

Hadirin, Anggota Dewan yang Berbahagia .

Demikian yang dapat saya sampaikan. Kepada para anggota DPRD yang telah terpilih dan pada hari ini diambil sumpah dan janjinya sekali lagi saya ucapkan selamat dan kepada para anggota DPRD Kabupaten Paser masa jabatan 2004 - 2009 yang baru saja mengakhiri masa tugasnya, saya mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa yang diberikan untuk pemba-ngunan daerah ini.

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR,

H. AWANG FAROEK ISHAK

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENGUKUHAN ANGGOTA

PASUKAN PENGIBAR BENDERA MERAH PUTIH

Tanah Grogot, 16 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser;

Yth.              Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kab. Paser;

Hadirin serta para Undangan yang berbahagia;

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada malam hari ini kita sebagai bangsa yang berdaulat tetap berdiri kokoh memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai.

Hadirin yang saya hormati dan adik-adik Paskib yang saya banggakan

Perwujudan nasionalisme bagi kita sebagai generasi penerus dan khususnya bagi adik-adik Paskiba bukan hanya belajar dan memperdalam sejarah kebangsaan, tetapi memaknainya dan meneladani semangat kejuangan dari para pejuang dan pendiri Republik ini.

Perjuangan generasi muda termasuk di dalamnya adik-adik Paskib bukan lagi berjuang mempertaruhkan fisik atau nyawa, tetapi berjuang melawan hasrat dan keinginan diri sendiri terhadap pengaruh budaya luar yang negatif. Kebersamaan, solidaritas dan persaudaran yang telah adik lakukan menurut hemat saya juga merupakan wujud lain dari cara menumbuhkan nasionalisme. Sikap Nasionalisme, faham dan semangat kebangsaan salah satunya diwujudkan melalui penghormatan kepada simbol kebangsaan dan negara, bendera Merah Putih, yang sekarang ini sedang adik-adik pelajari, dan tekuni untuk selanjutnya diperagakan sebagai pasukan pengibar bendera pada peringatan hari kemerdekaan ke-64 RI tanggal 17 Agustus 2009 ini.

Sebagai Anggota Paskib, adik-adik memiliki kebanggaan tersendiri karena telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi yang cukup ketat, dan tidak semua orang seusia kalian terpilih menjadi Paskib.

Adik-adik Paskib yang saya banggakan .

Dengan menjadi paskib adik-adik dikenalkan pada semangat nasionalisme, kecintaan pada bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan tentunya Indonesia sebagai bangsa dan negaranya. Kesediaan, keikhlasan, dan keberanian dalam mengemban tugas ini tentunya harus dilandasi dengan rasa kecintaan kepada kepada tanah tumpah darah kita, Indonesia, serta tidak berhenti dan usai manakala peringatan 17 Agustus berakhir.

Sebelum dikukuhkan sebagai Pasukan pengibar bendera, adik-adik mengikrarkan Dharma Mulia Putera Indonesia” sebagai Kode Kehormatan Paskib. Saya berharap Kode Kehormatan ini, harus benar-benar dihayati dan dipedomani serta dipelihara nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sehingga akan menjadi pengikat batin dan jiwa kalian sebagai putra Indonesia.

Berbekal “Dharma Mulia Putra Indonesia” ini , jadilah kalian manusia yang senantiasa memelihara diri dari segala sesuatu yang dilarang oleh Tuhan sang pencipta, mampu menabur benih manfaat serta kebajikan kepada sesama manusia. Jalanilah hidup kalian dengan ketaqwaan, keyakinan diri, kesabaran, ketabahan dan optimisme. Jadilah teladan bagi masyarakat dan teman-teman kalian di manapun kalian berada.

Hadirin dan Adik-adik Paskib

Saya menaruh kepercayaan yang sangat besar kepada kalian semua, tidak saja untuk mengemban tugas dan tanggung jawab menaikan dan menurunkan bendera Merah Putih, tetapi mengamalkan apa yang telah diperoleh seusai upacara 17 agustus ini berlangsung.

Kepada para Pembina, pelatih, dan jajaran Purna Paskibraka yang telah memberikan pengetahuan dan bekal keterampilan serta membimbing dan mendampingi Paskib tahun 2009 ini, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Selamat melaksanakan tugas, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian untuk selalu berbakti kepada nusa, bangsa dan negara.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

Pada Ekspose Kinerja Pelayanan Publik

 

Pada Tanggal  10 Agustus 2009

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yth. Ketua Tim Penilai Pusat Kinerja Pelayanan Publik Berserta rombongan, serta Tim dari   Provinsi  Kalimantan Timur

Yth. Saudara Wakil Bupati Paser

Yth. Saudara Sekretaris Daerah Kab. Paser serta pejabat dilingkungan Sekretariat  Kab. Paser

Yth. Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser serta para hadirin yang berbahagia

 

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas kehendak dan ijin-Nya kita dapat berkumpul dalam rangka ekspose kinerja pelayanan publik Kabupaten Paser.

 

Hadirin   yang   saya hormati,

Terlebih dahulu saya sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Tim Penilai  Provinsi Kalimantan Timur yang telah mempercayakan Kabupaten Paser sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang mewakili Provinsi Kalimantan Timur ke tingkat Pusat dalam rangka Lomba Penilaian Kinerja Pelayanan Publik antar Kabupaten/Kota. Serta ucapan selamat datang dan penghargaan Kepada Saudara Ketua Penilai Pusat beserta Rombongan yang telah bersedia datang ke tempat kami.

 

Kami menyambut baik Lomba Kinerja Pelayanan Publik antar Kabupaten/Kota yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, sebagai penghargaan tertinggi di bidang layanan publik, yakni Piala Citra Bakti Abdi Negara kepada Kabupaten/Kota yang berkomitmen  dan dinilai baik dalam penyelenggaraan pelayanan Publik. Citra Bhakti Abdi Negara ini dimaknai sebagai upaya pemerintah pusat untuk mendorong daerah dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik di daerahnya masing-masing.

 

Hadirin yang saya hormati,

Pelayanan Publik adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Sebagai contoh, mulai kita dalam kandungan Ibu, sudah perlu pelayanan seorang dukun bayi, bidan, maupun dokter. Perlu diperiksa apakah janin yang dikandung  dalam keadaan normal. Ketika   lahir perlu klinik bersalin dan dibuatkan akte kelahirannya. Saat usia balita perlu diimunisasi agar terlindung dari penyakit. Ketika memasuki usia sekolah perlu disiapkan sekolahnya, ketika menikah dibuatkan Surat Nikahnya, ketika menjadi pejabat perlu menfasilitasinya dangan rumah dinas, mobil dinas dan keperluan lainnya. Dan ketika meninggal dunia diuruskan surat kematiannya hingga mengantarkannya sampai kuburan. Jadi dari ilustrasi di atas, maka pelayanan publik boleh dikatakan meliputi seluruh aspek kehidupan manusia itu sendiri.

 

Hadirin yang saya hormati,

Di bawah Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Kementerian Negara PAN sangat menaruh perhatian besar kepada Peningkatan Pelayanan Publik. Selain Lomba Penilaian Kinerja Pelayanan Publik, Citra Bhakti Abdi Negara dan Citra Pelayanan Prima, banyak regulasi yang dikeluarkan terkait dengan upaya peningkatan pelayanan publik, antara lain Undang-undang  Tentang Paket Iklim Investasi, Peraturan Tentang Standar pelayanan Publik, Standar Pelayanan Minimal, Indeks Kepuasan Masyarakat, Survey  ketidakpuasan masyarakat (Manual Praktis), Undang-undang Ombudsman, Peraturan Tentang penyelenggaraan satu pintu, dan Undang- undang pelayanan  publik yang baru-baru ini disahkan dan akan segera diberlakukan.

Hadirin yang saya hormati,

Seiring agenda reformasi, dorongan Pemerintah Pusat dan desakan serta kesadaran serta tingkat kritis masyarakat yang semakin tinggi, Pemerintah Kabupaten Paser, seperti juga daerah lainnya telah melakukan upaya-upaya pelayanan publik.

Sesuai VISI Kabupaten Paser  “ MENUJU MASYARAKAT KABUPATEN PASER YANG AGAMAIS, SEJAHTERA DAN BERBUDAYA” dan MISI Kabupaten   Paser :

1.        Mengembangkan ekonomi Kerakyatan

2.        Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia

3.        Menumbuhkembangkan kehidupan masayarkat yang berbudaya

4.        Mewujudkan  kabupaten konservasi

 

Penyelenggaraan pelayanan publik secara ringkas dapat kami sampaikan sebagai berikut.

Bidang Pendidikan Pemkab Pasir telah mengalokasikan dana 20 % dari Total APBD paser dengan prioritas utama yakni : pendidikan usia dini (PAUD), pendidikan Menengah, pendidikan bagi guru.

Pemerintah kabupaten paser telah melakukan program pendidikan gratis baik SD, SMP, maupun SMA, memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi maupun yang tidak mampu termasuk yang berhasil masuk ke sekolah unggul  SMA 10 melati Samarinda serta menyekolahkan lebih seribu orang putra-putri Paser untuk sekolah teknis dan kejuruan.

 

Pemerintah Kabupaten Paser telah melakukan terobosan membangun Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) yang saat ini dalam tahap pembersihan lokasi bangunan, Pembangunan SMK 4 Kejuruan serta pembangunan Balai Latihan Kerja yang dalam proses penyelesaian.

Untuk kemudahan transportasi, Pemkab Paser telah mengadakan bis sekolah untuk kecamatan Longkali.

                       

 

Hadirin yang saya hormati,

Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten telah melakukan kebijakan pembebasan biaya berobat di seluruh puskesmas, di rumah sakit untuk kelas III bagi yang tidak mampu, dan mengalokasikan dana Jamkesmas untuk  masyarakat yang kurang mampu, pengadaan mobil ambulans, sarana puskesmas keliling darat dan air, perbekalan obat dan alat kesehatan.

Pemerintah kabupaten paser telah pula mengalokasikan dana sebesar 162 milyar lebih untuk membangun rumah sakit Umum Panglima sebaya, secara multiyears yang saat ini masih tahap pembangunan.

Selain itu program prioritas lain, yang setiap tahun dilaksanakan adalah operasi bibir sumbing, katarak bagi lansia yang tidak mampu, fogging untuk penanggulangan demam berdarah, pelaksanaan program desa siaga, posyandu lansia, dan mulai pertengahan juli 2009 Dinas Kesehatan telah melaksanakan pelayanan  puskesmas 24 jam di puskesmas kuaro dan long ikis.

 

Bidang infrastruktur, sampai saat ini pemkab paser  telah  membangun sarana dan prasarana berupa jalan dan jembatan, irigasi baik didalam kota hingga ke desa dalam rangka meningkatkan pelayanan tranportasi untuk masyarakat maupun sebagai akses   dalam rangka  penguatan ekonomi pedesaan.   Pemerintah kabupaten paser telah pula merintis pembangunan  bandar udara yang saat ini  telah ditetapkan lokasinya

 

Selain itu telah dibangun fasilitas-umum seperti gedung perempuan berjaya, Pembangunan panti jompo, taman putri saleha, taman bermain anak sepanjang tepian sungai kandilo, taman budaya putri petung.

 

Untuk mempertahankan mutu penerangan jalan, Pemkab Paser mensiasatinya dengan pembelian lampu jalan hemat energi, serta melakukan perawatan instalasi yang sudah ada   serta menghibahkan pembelian 4 buah genset kepada PLN ranting Tanah Grogot.     

 

Pelayanan dibidang penyediaan air bersih, saat telah dibangun water treatment di Tepian batang tanah grogot, serta Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di beberapa kecamatan, yaitu kecamatan Muara Komam, Kuaro, Batu Engau, Batu Kajang, Long Ikis, Long Kali, Pasir Belengkong atau Sangkuriman.

 

Di bidang lingkungan hidup, Pemerintah Kabupaten Paser telah mencanangkan gerakan Hijau Berbunga Bersih dan Sehat (HBBS). Dan pada tahun 2006 meraih penghargaan sebagai Penyusun Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik kategori Kabupaten. Selanjutnya pada tahun 2008 meraih Penghargaan berupa Piagam Adipura atas upaya terbaik dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan.

 

Hadirin yang saya hormati

Demikianlah sekilas Kinerja Pelayanan Publik yang telah dilakukan oleh Pemkab Paser. Untuk lebih jelasnya dapat kita saksikan melalui Ekspose Kinerja Pelayanan Publik yang akan ditayangkan sesaat lagi. Semoga Ketua Tim Penilai Pusat beserta rombongan dapat memberikan penilaian terbaik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama.

 

Sekian. Terima kasih.

Wasalamu’alaikum wr wb. 

 

 

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

   

   

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN TURNAMEN SD/MI BANKALTIM CUP 2009 DAN KOMPETISI DIVISI UTAMA PSSI PASER 2009

Tanah Grogot, 1 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Ketua KONI dan Pengurus Pengcab PSSI Kab. Paser;

Yth.              Ketua Pengurus Cabang PSSI;

Yth.              Direktur Bankaltim;

Yth.              Peserta Turnamen;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan ijin dan perkenan-Nya jualah kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal ’afiat untuk mengikuti Pembukaan Turnamen SD/MI Bankaltim Cup 2009 serta Kompetisi Divisi Utama PSSI Paser 2009.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin Sekalian,

Turnamen Sepakbola yang sebentar lagi akan kita saksikan, adalah sebuah turnamen yang memiliki nilai sangat penting dalam hal pembinaan bakat dan minat anak-anak sejak usia dini. Salah satu tujuan yang ingin kita capai dari penyelenggaraan turnamen ini selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, juga dimaksudkan untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat diproyeksikan ke even yang lebih tinggi.

Hadirin yang Saya Hormati,

Melalui pembinaan olah raga, maka secara otomatis kita telah membangun peradaban dan perdamaian. Hal ini sangat relevan jika kita hubungkan dengan kondisi bangsa saat ini.

Dalam kesempatan yang baik ini, kepada seluruh peserta saya ingatkan melalui semangat olah raga ini, agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, sportifitas, memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Kabupaten Paser yang adil, makmur damai dan sejahtera.

Hadirin yang Berbahagia,

Kepada Pengcab PSSI dan Bankaltim serta panitia pelaksana saya ucapkan terima kasih atas motivasi dan dedikasi Saudara memajukan dan memacu prestasi olahraga sepakbola di Kabupaten Paser. Saya yakin dengan kompetisi yang kita laksanakan secara rutin dan berkesinambungan serta terprogram dengan baik, pada saatnya nanti kita dapat meraih prestasi gemilang di tingkat Kalimantan Timur.

Akhirnya, dengan diawali ucapan bismilahi rahmannirahim, turnamen SD/MI Bankaltim cup, dan kompetisi divisi utama PSSI Paser 2009, hari ini, Sabtu, 1 Agustus 2009, saya nyatakan dibuka dengan resmi.

  “Selamat Bertanding dengan semangat Paser Buen Kesong, Junjung Tinggi Sportivitas dan Salam Olah Raga.”

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN

Tanah Grogot, 18 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Paser beserta jajaran;

Yth.              Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.              Dewan Juri dan Guru Pendamping;

Peserta Lomba, Hadirin serta para Undangan yang berbahagia;

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita sebagai bangsa yang berdaulat tetap berdiri kokoh memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai. Dalam rangka peringatan HUT ke-64 RI ini pula Kantor Kesbangpol dan Linmas menjalankan peran dan fungsinya sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme di dalam masyarakat, terutama di kalangan remaja.

Saya kira tugas yang telah dilakukan oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas yang untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan perlombaan dalam rangka pengembangan wawasan kebangsaan ini perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Hadirin yang berbahagia

Perwujudan nasionalisme bagi kita rakyat Indonesia tidak lagi dimaknai sebagai tindakan untuk mempertahankan, apalagi memperjuangkan kemerdekaan. Namun kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan yang diwariskan oleh pendahulu kita.

Untuk mengisi kemerdekaan, kita tidak perlu memanggul senjata, dan tidak perlu hidup dalam suasana yang mencekam. Tugas kita hanyalah menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dalam diri masing-masing, pada diri keluarga, kerabat dan handai taulan. Alangkah ironis, seandainya tugas yang relatif ringan itu pun tidak bisa kita lakukan.

Apa yang terlihat dalam kehidupan sekarang ini, sungguh jauh dari ciri-ciri bangsa yang mampu menghargai jasa pahlawannya. Satu contoh kecil, sangat jelas terlihat sebagian warga enggan menaikkan bendera merah putih di depan rumahnya. Ada yang hanya menaikkan bendera pada tanggal 17 Agustus, dan ada yang bahkan tidak mengibarkan bendera sama sekali.

Inilah yang patut menjadi bahan introspeksi kita, agar nilai-nilai patriotisme yang sejak beberapa dekade selalu menyertai setiap perayaan 17 Agustus jangan sampai aus oleh derasnya arus globalisasi.

Hadirin yang berbahagia

Pemerintah menyambut baik upaya setiap komponen masyarakat dalam rangka menjaga rasa kebangsaan dan patriotisme. Banyak cara dapat dilakukan untuk tetap memeriahkan HUT RI dari tahun ke tahun. Pemerintah juga patut berbangga hati, karena sebagian pemuda, dan remaja masih memperlihatkan semangat kebangsaan dalam diri mereka.

Sebagaimana kita bisa lihat dari antusiasme para siswa sekolah menengah dan semua peserta yang mengikuti lomba baca puisi, pidato dan festival band lagu-lagu perjuangan, kita bisa menyimpulkan bahwa mereka adalah generasi muda yang patut dijadikan contoh oleh kelompok masyarakat lain di luar sana.

Semoga kegiatan seperti ini tetap tumbuh, berkembang dan lestari, dan bisa memotivasi warga lain agar tidak bersikap apatis terhadap peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di masa-masa yang akan datang.

Hadirin dan peserta lomba yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanir rahim, lomba pengembangan wawasan kebangsaan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.

Doa dan perjuangan di tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-64 Republik Indonesia. Dirgahayu.

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMBUKAAN PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN

Tanah Grogot, 21 Agustus 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Paser beserta jajaran;

Yth.              Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.              Dewan Juri dan Guru Pendamping;

Peserta Lomba, Hadirin serta para Undangan yang berbahagia;

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, yang tiada kunjung hentinya menganugerahkan nikmat dan karunia-Nya, sehingga pada pagi hari ini kita sebagai bangsa yang berdaulat tetap berdiri kokoh memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai. Dalam rangka peringatan HUT ke-64 RI ini pula Kantor Kesbangpol dan Linmas menjalankan peran dan fungsinya sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang bertugas menumbuhkembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme di dalam masyarakat, terutama di kalangan remaja.

Saya kira tugas yang telah dilakukan oleh Kantor Kesbangpol dan Linmas selama beberapa hari ini, dan yang untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan perlombaan dalam rangka pengembangan wawasan kebangsaan ini perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Hadirin yang berbahagia

Perwujudan nasionalisme bagi kita rakyat Indonesia tidak lagi dimaknai sebagai tindakan untuk mempertahankan, apalagi memperjuangkan kemerdekaan. Namun kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan yang diwariskan oleh pendahulu kita.

Untuk mengisi kemerdekaan, kita tidak perlu memanggul senjata, dan tidak perlu hidup dalam suasana yang mencekam. Tugas kita hanyalah menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dalam diri masing-masing, pada diri keluarga, kerabat dan handai taulan. Alangkah ironis, seandainya tugas yang relatif ringan itu pun tidak bisa kita lakukan.

Apa yang terlihat dalam kehidupan sekarang ini, terkadang jauh dari ciri-ciri bangsa yang mampu menghargai jasa pahlawannya. Satu contoh kecil, sangat jelas terlihat sebagian warga enggan menaikkan bendera merah putih di depan rumahnya. Ada yang hanya menaikkan bendera pada tanggal 17 Agustus, dan ada yang bahkan tidak mengibarkan bendera sama sekali.

Inilah yang patut menjadi bahan introspeksi kita, agar nilai-nilai patriotisme yang sejak beberapa dekade selalu menyertai setiap perayaan 17 Agustus jangan sampai aus oleh derasnya arus globalisasi.

Hadirin yang berbahagia

Pemerintah menyambut baik upaya setiap komponen masyarakat dalam rangka menjaga rasa kebangsaan dan patriotisme. Banyak cara dapat dilakukan untuk tetap memeriahkan HUT RI dari tahun ke tahun. Pemerintah juga patut berbangga hati, karena sebagian pemuda, dan remaja masih memperlihatkan semangat kebangsaan dalam diri mereka.

Sebagaimana kita bisa lihat dari antusiasme para siswa sekolah menengah dan semua peserta yang mengikuti lomba baca puisi, pidato dan festival band lagu-lagu perjuangan, kita bisa menyimpulkan bahwa mereka adalah generasi muda yang patut dijadikan contoh oleh kelompok masyarakat lain di luar sana.

Semoga kegiatan seperti ini tetap tumbuh, berkembang dan lestari, dan bisa memotivasi warga lain agar tidak bersikap apatis terhadap peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di masa-masa yang akan datang.

Hadirin dan peserta lomba yang berbahagia,

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Akhirnya, lomba pengembangan wawasan kebangsaan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme secara resmi saya nyatakan ditutup, dengan mengucapkan Alhamdulillahi Rabbil Alamin . Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua.

Selamat Hari Ulang Tahun ke-64 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dirgahayu.

 

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

 

ttd

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

    

 

 

 

 

 

Wed, 16 Dec 2009 @12:07
Tags: humaspro


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+4+8

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved