HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip
Jam

Kalender


Pengunjung

Display
Slogan

KUMPULAN PIDATO JUNI

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERINGATAN ISRA MI’RAJ
DI MASJID NURUL FALAH LONG IKIS

Long Ikis, 27 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth .                          Kepala Departemen Agama Kabupaten Paser ;

Yth .            Muspida dan Camat Long Ikis ;

Yth .                          Bapak Ustadz Muh . Sobich ;

Yth .                          Pengurus Masjid Besar Nurul Falah ;

Yth.                          Ketua Majelis Ulama Kabupaten Paser ;

Yth .            Pemuka Agama dan saudaraku kaum muslimin dan muslimat serta hadirin yang berbahagia ;

Dalam kesempatan yang baik ini, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah, SWT, karena hanya dengan izin-Nya saja, siang ini kita dapat berkumpul dan bersama-sama memperingati Isra Mi’raj junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW .

Sungguh merupakan rahmat dan juga kebahagiaan tersendiri, bahwa di tengah banyak persoalan yang bagaikan tiada henti ini, kita tetap dapat merasakan denyut kehidupan masyarakat yang terus bergerak.

Semangat dan dinamika masyarakat kita yang sedang menyelenggarakan pembangunan dalam berbagai bidang kehidupan, serasa bagaikan arus hangat dalam darah ini. Di dalamnya kita merasakan adanya semacam kesejajaran dengan hikmah dan semangat Isra Mi’raj.

Keduanya bergerak dengan harapan baru yang lebih baik. Kita hanya perlu lebih mencontoh, agar hakekat Isra’ Mi’raj sebagai tekad dan gerakan besar yang dilakukan dengan rencana, tahapan, perhitungan waktu dan arah, serta kepastian dalam pencapaian sasaran, selalu mewarnai dinamika pembangunan yang kita lakukan sekarang ini.

Saudara-saudaraku Muslimin dan Muslimat yang saya cintai,

Bilamana semua menyimak sejarah yang telah kita lalui, kejadian demi kejadian, yang kecil ataupun bahkan kemudian yang menjadi besar, akhir-akhirnya, ujung-ujungnya, selalu bermuara pada satu hal, yaitu jati diri kita sebagai manusia. Kesadaran bahwa akhirnya hanya dengan jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan saja keberadaan kita sebagai satu bangsa dapat kita wujudkan.

Dalam satu hal ini, rasanya pantas kita renungkan ajaran Nabi Muhammad, SAW yang selalu mengingatkan pentingnya akhlak mulia yang melandasi kebersamaan dan persatuan yang direkat dengan semangat ukhuwah Islamiyah.

Setinggi apapun cita pembaharuan kehidupan yang ingin kita wujudkan, dan seindah apapun kata-kata yang kita gunakan untuk menyatakan keinginan tadi faktor akhlak ini tidak sepantasnya ditinggalkan begitu pula tentang kepedulian terhadap solidaritas sosial atau semangat ukhuwah.

Kalau kita jujur terhadap diri kita sendiri, sesungguhnya banyak sekali contoh nyata tentang betapa kian berkurangnya perhatian kita terhadap pembinaan akhlak, telah semakin menipiskan rasa solidaritas sosial kita. Segalanya hanya terasa semakin melemah, yang akhirnya diikuti pula dengan semakin menipisnya rasa kemanusiaan .

Akhlak harus kita pelihara, agar selalu mampu memberikan pencerahan terhadap akal, sehingga selalu dapat memagari keyakinan kita. Sebagai bangsa yang beradab, kita tidak menghendaki kehancuran moral  dan keimanan itu terjadi. Kita tidak perlu membangun anggapan bahwa kekerasan harus selalu dijawab dengan kekerasan.

Saudara-saudaraku Muslimin dan Muslimat yang saya cintai ,

Ketika Nabi Muhammad, SAW bersabda bahwa “Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia “, sekarang kita termenung betapa beratnya relevansi misi tersebut dengan keberadaan dan peradaban suatu bangsa. Kita sadar, betapa kadar kualitas akhlak suatu bangsa akan menjadi takaran kehidupan dan bahkan keberadaan bangsa itu.

Demikian pula aspek akhlak yang saya sajikan dalam peringatan Isra Mi’raj kali ini. Saya percaya bahwa jika kita sungguh-sungguh dapat memeliharanya, dan mewujudkannya dalam kehidupan kita masing-masing, tidak syak lagi hal itu akan memberikan sumbangan yang tidak ternilai dalam upaya besar kita untuk semakin dapat mengukuhkan kebersamaan dan solidaritas sosial kita.

Hadirin sekalian ,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dan saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia Masjid Nurul Falah Kecamatan Long Ikis yang telah menyelenggarakan Peringatan Isra dan Mi’raj junjungan kita Nabi Besa r Muhammad, SAW, sehingga menyegarkan dan membuka kembali kesadaran kita dari mutiara hikmah yang didapat dari peringatan ini. Semoga Allah, SWT senantiasa melimpahkan rahmah dan hidayah serta berkah-Nya kepada kita semua. Amin.

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

 

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA KUNJUNGAN BALASAN KONI KABUPATEN TABALONG

Tanah Grogot, 12 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Wakil Bupati Tabalong, Sekretaris Daerah dan semua rombongan;

Yth.              Kepala Badan, Dinas, Kantor dan segenap Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Ketua KONI Kabupaten Paser beserta jajarannya;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

Alhamdulillahirabbil alamin, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah, SWT, atas anugrah-Nya pada kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk bersilaturrahmi, antara dua daerah kabupaten yang bertetangga dan bahkan beberapa dekade yang lalu berada dalam satu kewedanan yang sama, sebelum kabupaten Paser yang dulu masih bernama Daerah Swantara Tingkat II Pasir dimasukkan ke dalam wilayah Kalimantan Timur, pada tanggal 3 Agustus 1961.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintahnya.

Bapak Wakil Bupati Tabalong, dan undangan yang berbahagia

Atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, di Kabupaten Paser, Bumi Daya Taka yang dikenal dengan semboyan Paser Buen Kesong, atau Paser Berhati Baik. Sesuai dengan semboyan ini, Insya Allah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu dari Kabupaten Tabalong akan menjumpai warga kami yang ramah terhadap siapa pun, walaupun berasal dari latar belakang suku dan etnis budaya yang berbeda-beda.

Inilah salah satu ciri khas dari masyarakat Kabupaten Paser. Di balik keragaman suku bangsa, Paser telah menunjukkan jati diri sebagai salah satu miniatur Bangsa Indonesia yang selalu berpegang teguh pada semboyan nasional, Bhinneka Tunggal Ika.

Di antara masyarakat kami, ada sebagian yang berasal dari Kalimantan Selatan, terutama dari kabupaten Tabalong. Mereka sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai pedagang. Ada yang tinggal di sini untuk sementara, namun tidak sedikit juga yang memutuskan untuk tinggal selamanya bersama keluarga dan keturunan mereka. 

Mungkin ada di antara Bapak-Bapak dan Ibu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di daerah kami, saya harapkan dapat mendapatkan kesan pertama yang bisa dikenang sepanjang masa, sehingga suatu saat nanti bisa kembali ke sini dan menjalin silaturrahmi dengan lebih akrab lagi.

Kami akui bahwa kunjungan balasan ini memiliki arti yang sangat penting bagi kami, karena selain mempererat tali silaturrahmi di antara kita, pertemuan ini juga akan diramaikan dengan pertandingan beberapa cabang olah raga, di antaranya, badminton, tenis meja dan tenis lapangan.

Tidak ada menang dan kalah dalam pertandingan, karena pertandingan di lapangan adalah merupakan pertemuan lanjutan setelah ramah tamah kita pada malam hari ini.

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat datang kepada bapak Wakil Bupati Tabalong dan rombongan. Kami mohon maaf kiranya, bila dalam menjamu Bapak dan rombongan sekalian baik malam ini, atau besok terdapat kekurangan dan kekhilafan baik perbuatan maupun dalam bentuk tutur kata kami.

 

Wabillahittaufiq wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PEMANCANGAN PERDANA PEMBANGUNAN RSUD

Tanah Grogot, 21 Juni 2009

ASSALAMUALAIKUM WR. WB.

YTH.                GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR BESERTA SELURUH ROMBONGAN;

YTH.                UNSUR MUSPIDA KAB. PASER;

YTH.                SAUDARA WAKIL BUPATI PASER, SEKRETARIS DAERAH, ASISTEN, STAF AHLI DAN KEPALA SKPD INSTANSI PEMERINTAH KAB. PASER;

HADIRIN DAN UNDANGAN YANG BERBAHAGIA;

ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, MARILAH KITA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS RIDHO DAN KARUNIA-NYA KITA DIBERI KESEMPATAN UNTUK HADIR DI TEMPAT INI, DALAM RANGKA PEMANCANGAN PERDANA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PASER. PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT INI ADALAH BAGIAN DARI PUSAT PEMBANGUNAN TERPADU, SEIRING DENGAN PEMBANGUNAN HOTEL, PERKANTORAN DAN DANAU DI LOKASI YANG SAMA.

PEMANCANGAN PERDANA INI MERUPAKAN SALAH SATU DARI RANGKAIAN KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR, YANG PADA HARI INI JUGA AKAN MELAKUKAN KUNJUNGAN KE SEJUMLAH TEMPAT, YAITU MADRASAH BERBASIS INTERNASIONAL (MBI) DI KILOMETER 8, PANTI JOMPO YANG ADA DI KILOMETER 12 DAN PERESMIAN PABRIK PUPUK ORGANIK PETROKIMIA DI KILOMETER 13. SELAIN ITU, KITA JUGA BARU SAJA MELAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN SMK NEGERI 4 KABUPATEN PASER.

HADIRI SEKALIAN YANG BERBAHAGIA ,

MERUPAKAN SUATU KEBANGGAAN BAGI KITA DI KABUPATEN PASER INI, KARENA NIAT BAIK DAN TULUS PEMERINTAH DAERAH DAN MASYARAKAT KABUPATEN PASER UNTUK MEMILIKI SEBUAH RUMAH SAKIT YANG LEBIH REPRESENTATIF DAN LAYAK, MENDAPATKAN RESPON DAN DUKUNGAN PENUH DARI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

HAL INI TERLIHAT DARI KEHADIRAN BAPAK GUBERNUR KALIMANTAN TIMUR H. AWANG FAROEK ISHAK BESERTA ROMBONGAN PADA PEMANCANGAN PERDANA, YANG MENANDAI DIMULAINYA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADA HARI INI. KITA HARAPKAN KE DEPANNYA RUMAH SAKIT INI BISA MEMBERIKAN PELAYANAN YANG MAKSIMAL, TIDAK SAJA TERBATAS PADA MASYARAKAT KABUPATEN PASER NAMUN JUGA BAGI WARGA DARI LUAR DAERAH BUMI DAYA TAKA.

BAPAK GUBERNUR DAN HADIRIN SEKALIAN YANG BERBAHAGIA,

PERLU KAMI SAMPAIKAN BAHWA SALAH SATU KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN PASER DALAM BIDANG KESEHATAN, ADALAH MEMBERIKAN PELAYANAN GRATIS KEPADA SELURUH WARGA KABUPATEN PASER YANG TIDAK MAMPU, BUKAN SAJA YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM PANGLIMA SEBAYA NAMUN JUGA YANG DIRUJUK KE RUMAH SAKIT – RUMAH SAKIT PEMERINTAH DI LUAR DAERAH.

KONDISI RUMAH SAKIT YANG ADA SEKARANG MASIH KURANG MEMADAI DAN KURANG MENDUKUNG KEBIJAKAN TADI, SEHINGGA BANYAK SEKALI PASIEN YANG MESTINYA BISA DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH, NAMUN KARENA KURANGNYA ALAT DAN PERLENGKAPAN SEHINGGA HARUS DIKIRIM KE RUMAH SAKIT DI BALIKPAPAN, SAMARINDA ATAU DI KOTA-KOTA LAIN DI LUAR PULAU KALIMANTAN.

KAMI YAKIN, DENGAN RUMAH SAKIT YANG LEBIH BAIK, KEBIJAKAN YANG ADA SEKARANG BISA LEBIH APLIKATIF, DAN LEBIH BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT SELUAS-LUASNYA.

DEMIKIAN PULA HALNYA DENGAN PEMBANGUNAN LAINNYA, KAMI JUGA BERHARAP AGAR BISA BENAR-BENAR DIRASAKAN MANFAATNYA OLEH SELURUH WARGA KABUPATEN PASER.

BAPAK GUBERNUR YANG SAYA HORMATI,

DEMIKIANLAH YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN KALI INI UNTUK MEMPERSINGKAT WAKTU, MENGINGAT MASIH ADA BEBERAPA AGENDA YANG AKAN KITA LAKSANAKAN.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

WABILLAHIT TAUFIQ WAL HIDAYAH

WASSALAMU ALAIKUM WR.WB

 

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENYERAHAN SK CPNSD FORMASI TAHUN 2008

Tanah Grogot, 17 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth.              Para Staf Ahli Bupati, Asisten Kepala Badan dan Kepala Bagian, Pejabat eselon II, III dan IV;

Peserta Apel Pagi yang berbahagia;

 

Sebagai umat beragama, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas ridho dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk hadir di tempat ini, dalam rangka penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Formasi Honorer Tahun 2008 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta Keluarga, Sahabat, Penerus dan orang-orang yang dicintai Beliau. Semoga kita mendapatkan syafa’atnya di hari kemudian. Amin,

Saudara sekalian ,

Sebagaimana kita ketahui bersama, formasi Pengangkatan Tenaga Kerja Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2008 untuk Kabupaten Paser melalui proses yang panjang dan menyangkut peraturan-peraturan.

Setelah melewati  berbagai tahapan seleksi penerimaan CPNSD, maka  hari ini peserta yang lulus tes CPNSD   dari formasi honorer tahun 2008 yang berjumlah 78 orang akan menerima surat pengangkatan (SK)  sebagai calon  PNS  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser. Penyerahan SK ini dilakukan menyusul telah selesainya  proses administrasi di kantor Badan Kepegawaian Nasional.

Para CPNSD yang berbahagia,

Di tengah-tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan,  kini profesi PNS  menjadi  idaman  bagi sebagian masyarakat, meskipun  mereka tahu bahwa gaji  PNS  tergolong kecil namun mereka masih beranggapan, hari tua terjamin dengan menjadi PNS. Karena itulah bagi peserta  yang lulus  tes CPNS  patut  bersyukur.

Kebijakkan memprioritaskan bagi tenaga honorer yang telah mengabdi kepada Pemerintah dengan perhatian yang khusus seperti kita ketahui bersama, adalah merupakan wujud kepedulian Pemerintah dalam memperhatikan dan menghargai setiap warga negara yang telah menunjukkan pengabdiannya kepada Negara.

Untuk itu saya berharap saudara-saudara nantinya dapat bekerja sebagai pegawai negeri dengan dilandasi oleh rasa ibadah. Yang penting adalah adanya komitmen untuk membangun pemerintah daerah Kabupaten Paser, dengan Pola pikir baru, yaitu sebagai abdi masyarakat, abdi negara. Saya lebih senang disebut sebagai pelayan masyarakat dan kita hendaknya juga begitu.

Saudara sekalian ,

Saya mengharapkan kepada saudara-saudara semua, jangan pernah merasa menyesal ataupun ada rasa terpaksa menerima tugas-tugas tersebut. Masyarakat Kabupaten Paser saat ini benar-benar sangat memerlukan tenaga-tenaga untuk memajukan pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan dan perikanan. Khususnya bagi masyarakat kita yang tinggal di wilayah pedesaan.

Oleh karenanya sebagai unsur aparatur negara  yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat, laksanakanlah tugas kalian secara tulus dan ikhlas,   secara profesional, jujur, adil.

 

Saudara sekalian,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya berpesan kepada saudara yang pada hari ini menerima SK pengangkatan CPNSD. Selama satu tahun saudara masih belum penuh  sebagai  seorang PNS tetapi masih berstatus sebagai calon PNS.

Gunakan masa orientasi selama setahun ini sebaik-baiknya dengan  menunjukan kinerja yang baik. Karena kinerja yang baik ini akan menjadi penilaian ketika saudara akan diangkat menjadi PNS dengan status penuh.

Akhirnya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser mengucapkan Selamat kepada saudara yang telah lulus dan selamat bergabung menjadi bagian dari birokrasi pemerintahan Kabupaten Paser .

 

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

 

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERESMIAN SARANA AIR BERSIH DUSUN SELERONG MUARA KOMAM

Muara  Komam, 14 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Pimpinan PT. Interex Sacra Raya;

Yth.              Kepala Dinas Cipta Karya, Kebersihan dan Perumahan Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Badan, Dinas, Kantor dan segenap Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.              Unsur Muspika dan Camat Muara Komam;

Yth.              BPD dan Kepala Desa Muara Langon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

Alhamdulillahirabbil alamin, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah, SWT, atas anugrah-Nya pada kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk bersilaturrahmi, dalam rangka peresmian sarana air bersih di Dusun Selerong ini, semoga ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat terutama yang mendiami Dusun Selerong ini.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintahnya.

Hadirin dan undangan yang berbahagia

Dalam memacu pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat maka pemerintah kabupaten Paser, dan lembaga-lembaga kemasyarakatan serta masyarakat dan semua pihak terkait harus bahu-membahu memikirkan dan berbuat untuk yang terbaik bagi seluruh warga.

Pembuatan sarana air bersih di dusun Selerong ini merupakan salah satu bentuk nyata dari partisipasi dan kerjasama antara Pemerintah dan Perusahaan untuk turut membangun masyarakat Bumi Daya Taka sehingga kehidupannya bisa lebih baik dan lebih berkualitas di masa datang.

Ini berarti banyak institusi-institusi yang jeli melihat dan membaca serta memiliki kepekaan sosial terhadap kebutuhan dan kekurangan-kekurangan yang selama ini dialami oleh masyarakat sekitar.

Untuk itu dengan telah selesainya pembangunan sarana air bersih ini saya sangat mengharapkan agar masyarakat terutama di Dusun Selerong ini bisa terbebas dari krisisnya air bersih yang sering melanda daerah ini sebelumnya.

Hadirin yang berbahagia,

Salah satu hal yang selama ini selalu saya sampaikan di setiap pertemuan seperti ini, adalah keinginan Pemerintah daerah Kabupaten Paser untuk melihat pembangunan yang dilaksanakan bisa tepat guna dan tepat sasaran.

Untuk itulah, saya mengharapkan partisipasi masyarakat agar selalu memberikan pengawasan terhadap pembangunan yang dilaksanakan, baik oleh pemerintah daerah maupun oleh pihak-pihak lain seperti perusahaan. Kontrol ini sangat penting agar menghindari kemungkinan adanya kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak pelaksana di lapangan.

Sudah bukan rahasia lagi, sejumlah proyek di Kabupaten Paser ini sering hanya untuk keuntungan pihak-pihak tertentu, namun tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat. Mari kita berharap agar pembangunan sarana air bersih ini tidak berupa karya yang hanya bisa dinikmati dalam waktu sesaat, namun untuk jangka waktu yang panjang, sampai beberapa dekade ke depan.

Khusus untuk warga Dusun Selerong sebagai pengguna fasilitas, saya mengharapkan supaya sarana air bersih ini dijaga kelestariannya secara bersama-sama. Kalau ada kerusakan, mari kita sama-sama berupaya untuk memperbaikinya dengan cara bergotong royong.

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga segala dharma bhakti kita dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah kita bisa bernilai pahala di sisi Allah, SWT. Hanya kepada-Nya jualah kita bisa berharap dan berdoa.

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian dan terima kasih

Wabillahittaufiq wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERPISAHAN DENGAN ROMBONGAN PEMERINTAH KABUPATEN BATANG HARI

Tanah Grogot, 17 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Bapak dan Ibu Rombongan dari Pemerintah Kabupaten Batang Hari;

Yth.              Kepala Badan, Dinas, Kantor dan segenap Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

Alhamdulillahirabbil alamin, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah, SWT, atas anugrah-Nya pada kesempatan ini kita dapat dalam rangka perpisahan dengan rombongan Bapak-Bapak dan Ibu dari Kabupaten Batang hari Provinsi Jambi.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintahnya.

Bapak dan Ibu dari Pemerintah Kabupaten Batang Hari, dan undangan yang berbahagia

Tak terasa, setelah beberapa hari kita bersama-sama di sini, akhirnya tibalah saatnya di mana kita harus mengucapkan selamat jalan kepada Bapak dan Ibu dari Batang Hari.

Tiada kata yang pantas kami ucapkan pada kesempatan kali ini selain ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Batang Hari, atas kunjungannya selama beberapa hari di daerah kami dan kepercayaannya kepada kami.

Keberadaan Bapak-bapak dan Ibu di Bumi Daya Taka memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kami sebagai bahan untuk mengevaluasi diri, supaya kami bisa lebih baik di masa datang.

Selanjutnya, seadainya ada ucapan, atau perbuatan yang salah, baik dari kami selaku Pemerintah kabupaten Paser, atau dari masyarakat secara luas, maka kami atas nama pribadi dan mewakili pemerintah Paser menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Kalau ada hal-hal yang kurang berkenan, cukuplah sampai di sini, dan marilah kita sama-sama mengenang segala yang baik di antara kita.

Hadirin yang berbahagia,

Kiranya ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Sampaikan salam kami pada Bapak Bupati, Wakil Bupati dan semua masyarakat Batang Hari. Semoga ini bukan yang terakhir, tapi merupakan awal dari kerjasama yang akan kita laksanakan di masa-masa datang.

 

Wabillahittaufiq wal hidayah

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SYUKURAN PELEPASAN MURID KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI   TANAH GROGOT TA 2008/2009

Tanah Grogot, 6 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Madrasah Ibtidaiyah   Negeri Tanah Grogot;

Yth.              Ketua Komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot, para Dewan Guru, para Staf TU MIN Tanah Grogot, serta para alumni MIN Tanah Grogot;

Yth.              Orang tua dan wali, perwakilan sekolah lain, dan para murid;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, puji syukur kita ucapkan atas anugrah-Nya sehingga dalam kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan acara Syukuran Pelepasan siswa-siswi kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot tahun 2008/2009.

Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kehadirat junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta para Ahlul Bait,  para sahabatnya serta pengikutnya yang selalu istiqomah dalam menjalankan perintah dan ajarannya.

Hadirin yang dirahmati oleh ALLAH SWT

 

Pada bulan   April 2009 yang lalu, dari sebanyak 195 siswa Madrasah Ibtidaiyah   Negeri dan Swasta di Kabupaten Paser sama-sama berjuang untuk menentukan apakah mereka layak untuk lulus dari sekolah yang mereka tempati selama kurang lebih enam tahun terakhir atau tidak.

Dari sejumlah siswa yang saya sebutkan di atas, 84 di antaranya merupakan siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot. Mari kita semua berdoa dan berharap semoga semuanya bisa lulus dari MIN Tanah Grogot dengan predikat yang memuaskan, dan dengan nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui, bahwa siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot sejak beberapa tahun terakhir selalu lulus 100 persen dengan nilai rata-rata hampir mencapai 7.00. Bahkan di tahun kemarin, MIN Tanah Grogot ini telah menorehkan prestasi luar bisa untuk kategori Madrasah Ibtidaiyah, karena mampu meraih nilai ujian nomor 3 (tiga) terbaik se-Kaltim. Yakni dengan nilai 7.60.

Bahkan, diantara siswa MIN Tanah Grogot ada yang mendapat kan nilai 9 (Sembilan) lebih dalam ujian pelajaran Matematika. Belum lagi dengan segudang prestasi lainnya, seperti Juara 1 Matematika gelar prestasi Madrasah tingkat Provinsi Kaltim

  Satu hal lain yang patut mendapatkan perhatian kita bersama, bahwa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot merupakan Madrasah Negeri satu-satunya di Kabupaten Paser, yang telah mendapatkan Akreditasi Administrasi Sekolah dengan nilai A (Amat Baik) dari Provinsi.

Hal tersebut sekaligus membuktikan, bahwa para siswa MIN yang akan lulus tahun ini, pastilah merupakan lulusan siswa-siswi yang telah mendapatkan pendidikan secara baik dan berkualitas dari para tenaga pendidiknya.

Karena itu kedepannya, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot patutlah mendapatkan perhatian yang lebih, terutama dalam hal melengkapi sejumlah fasilitas untuk mendukung sekolah ini menuju Gerakan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dalam Membangun Insan Cemerlang (GEMILANG) di Kabupaten Paser.

Untuk itulah, perlu adanya upaya sungguh-sungguh dan berkesinambungan dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pendidikan Kabupaten, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Paser, dengan Komite Madrasah Ibtidaiyah, dewan guru, orang tua dan wali serta siswa-siswa sekalian.

Kerjasama yang padu ini merupakan modal utama kita semua dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang akan mengangkat kualifikasi sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang menghasilkan lulusan berkualitas dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan, yang tidak saja dibuktikan dengan nilai lulusan yang memuaskan, tapi juga dalam bentuk partisipasi-partisipasi dalam even-even atau lomba-lomba di tingkat regional, nasional dan internasional.

Hadirin dan Anak-anakku yang Tercinta

Kepada anak-anakku yang akan lulus saya harapkan untuk bisa sedapat mungkin melanjutkan pendidikan ke tingkat Tsanawiyah atau yang sederajat. Saya yakin dan percaya, semua yang hadir dalam ruangan ini sepakat bahwa salah satu cara meningkatkan derajat diri kita sendiri dan keluarga adalah dengan memperdalam pengetahuan melalui pendidikan.

Untuk itu, jangan berhenti hanya sampai di sini, jangan pernah merasa puas hanya menjadi alumni Ibtidaiyah. Semakin tinggi pendidikan, semakin besar pula kesempatan untuk bisa berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan yang lebih besar. Teruslah berusaha lebih giat memacu prestasi diri dan studi kalian.

Indonesia, dan khususnya Kabupaten Paser senantiasa menantikan peran serta anak-anakku untuk menyambut tongkat estafet dari generasi terdahulu, guna melanjutkan pembangunan. Jadilah saksi dari perubahan sejarah. Mari kita berlomba-lomba mencatatkan diri dalam sejarah peradaban Bumi Daya Taka permulaan abad ke-21. Proses ke arah itu sangatlah panjang, dan harus dimulai sejak dini, sehingga kelak, kita bisa mewariskan kepada anak cucu kita, sesuatu yang lebih berharga dari pada yang diwariskan kepada kita.

Anak-anakku yang berbahagia,

Jenjang prestasi dan kemampuan yang kalian miliki di MIN saat ini, tentu tidak akan ada artinya jika tidak kalian teruskan hingga ke jenjang sekolah berikutnya yang lebih tinggi.

Namun, sekolah apapun yang kalian pilih, dan di manapun lokasi sekolah itu berada, baik itu di daerah Kabupaten Paser atau di daerah lain, saya harapkan anak-anakku tidak salah memilih. Karena sekolah merupakan gerbang dan kunci pokok untuk memahami alur kehidupan di masa sekarang dan masa depan.

Berkonsultasilah dengan orang tua dan guru atau kepada orang lain yang mengerti pendidikan untuk meneruskan ke jenjang  berikutnya. Dalam memilih jenjang sekolah, jangan hanya berfikir dan berorientasi untuk empat sampai lima tahun ke depan, namun mulai saat ini anak-anakku harus sudah bisa menentukan langkah awal untuk bisa berpartisipasi membangun Paser kelak di kemudian hari.

Terhadap para orang tua, saya kembali mengingatkan untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sudah jauh hari menerapkan pendidikan gratis. Kita patut berbangga, karena kita di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sembilan provinsi di Nusantara yang menerapkan kebijakan ini, meski kita semua tahu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional telah dengan tegas menyerukan kepada semua kepala daerah untuk melaksanakan kebijakan pendidikan gratis.

Mari kita tetap berharap, kebijakan pendidikan gratis ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Paser, sehingga kita mampu menciptakan generasi yang cerdas dan bermanfaat, sesuai dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat jalan anak-anakku,

Paser senantiasa menunggu dharma bhakti kalian

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SYUKURAN PELEPASAN SISWA KELAS IX MTs NEGERI TANAH GROGOT ANGKATAN KE-14 TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Tanah Grogot, 3 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala Madrasah Tsanawiyah   Negeri Tanah Grogot;

Yth.              Ketua Komite MTs Negeri Tanah Grogot, para Dewan Guru, para Staf TU MTsN Tanah Grogot, serta para alumni MTsN Tanah Grogot;

Yth.              Orang tua dan wali, perwakilan sekolah lain, dan para siswa;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, puji syukur kita ucapkan atas anugrah-Nya sehingga dalam kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan acara Syukuran Pelepasan Siswa siswi kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanah Grogot Angkatan ke 14 tahun 2008/2009.

Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kehadirat junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta para Ahlul Bait,  para sahabatnya serta pengikutnya yang selalu istiqomah dalam menjalankan perintah dan ajarannya.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, SWT

 

Pada bulan   April 2009 yang lalu, dari sebanyak 539 siswa MTS Negeri dan Swasta di Kabupaten Paser sama-sama berjuang untuk menentukan apakah mereka layak untuk lulus dari sekolah yang mereka tempati selama kurang lebih tiga tahun terakhir atau tidak.

Dari sejumlah siswa yang saya sebutkan di atas, 141 di antaranya merupakan siswa dari MTS Negeri Tanah Grogot. Mari kita semua berdoa dan berharap semoga semuanya bisa lulus dari MTS Negeri Tanah Grogot dengan predikat yang memuaskan, dan dengan nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui, bahwa siswa-siswi MTS Negeri Tanah Grogot sejak beberapa tahun terakhir selalu lulus 100 persen dengan nilai rata-rata hampir mencapai 7.00.

  Satu hal lain yang patut mendapatkan perhatian kita bersama, bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanah Grogot merupakan Madrasah Berprestasi Terbaik Pertama Tingkat Provinsi di tahun 2008 lalu, yang mendapatkan Akreditasi Administrasi Sekolah dengan nilai A dari Provinsi.

Hal tersebut sekaligus membuktikan, bahwa para siswa MTS Negeri yang akan lulus tahun ini, pastilah merupakan lulusan siswa-siswi yang telah mendapatkan pendidikan secara baik dan berkualitas dari para pendidiknya.

Karena itu kedepannya, MTS Negeri Tanah Grogot patutlah mendapatkan perhatian yang lebih, terutama dalam hal melengkapi sejumlah fasilitas untuk mendukung sekolah ini menuju Gerakan Pemerintah Daerah dalam Membangun Insan Cemerlang di Kabupaten Paser.

Untuk itulah perlu adanya upaya sungguh-sungguh dan berkesinambungan dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pendidikan Kabupaten, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Paser, dengan komite sekolah, dewan guru, orang tua dan wali serta siswa-siswa sekalian.

Kerjasama yang padu ini merupakan modal utama kita semua dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang akan mengangkat kualifikasi sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang menghasilkan lulusan berkualitas dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan, yang tidak saja dibuktikan dengan nilai lulusan yang memuaskan, tapi juga dalam bentuk partisipasi-partisipasi dalam even-even atau lomba-lomba di tingkat regional, nasional dan internasional.

Hadirin dan Anak-anakku yang Tercinta

Kepada anak-anakku yang akan lulus saya harapkan untuk bisa sedapat mungkin melanjutkan pendidikan ke tingkat Aliyah atau yang sederajat. Saya yakin dan percaya, semua yang hadir dalam ruangan ini sepakat bahwa salah satu cara meningkatkan derajat diri kita sendiri dan keluarga adalah dengan memperdalam pengetahuan melalui pendidikan.

Untuk itu, jangan berhenti hanya sampai di sini, jangan pernah merasa puas hanya menjadi alumni Tsanawiyah. Semakin tinggi pendidikan, semakin besar pula kesempatan untuk bisa berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan yang lebih besar. Teruslah berusaha lebih giat memacu prestasi diri dan studi kalian.

Indonesia, dan khususnya Kabupaten Paser senantiasa menantikan peran serta anak-anakku untuk menyambut tongkat estafet dari generasi terdahulu, guna melanjutkan pembangunan. Jadilah saksi dari perubahan sejarah. Mari kita berlomba-lomba mencatatkan diri dalam sejarah peradaban Bumi Daya Taka permulaan abad ke-21. Proses ke arah itu sangatlah panjang, dan harus dimulai sejak dini, sehingga kelak, kita bisa mewariskan kepada anak cucu kita, sesuatu yang lebih berharga dari pada yang diwariskan kepada kita.

Anak-anakku yang berbahagia,

Selain Madrasah Aliyah, di sekolah lanjutan nanti, ada beberapa pilihan jurusan yang bisa anak-anakku pilih, yaitu sekolah kejuruan atau SMK, sekolah umum atau SMU yang masih dalam satu rumpun jurusan sosial.

Jurusan apapun yang kalian pilih, dan di manapun sekolah, baik itu di daerah Kabupaten Paser atau di daerah lain, saya harapkan anak-anakku tidak salah memilih.

Berkonsultasilah dengan orang tua dan guru atau kepada orang lain yang mengerti pendidikan untuk meneruskan ke jenjang  berikutnya. Dalam memilih jurusan, jangan hanya berfikir dan berorientasi untuk empat sampai lima tahun ke depan, namun mulai saat ini anak-anakku harus sudah bisa menentukan langkah awal untuk bisa berpartisipasi membangun Paser kelak di kemudian hari.

Terhadap para orang tua, saya kembali mengingatkan untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sudah jauh hari menerapkan pendidikan gratis. Kita patut berbangga, karena kita di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sembilan provinsi di Nusantara yang menerapkan kebijakan ini, meski kita semua tahu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional telah dengan tegas menyerukan kepada semua kepala daerah untuk melaksanakan kebijakan pendidikan gratis.

Mari kita tetap berharap, kebijakan pendidikan gratis ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Paser, sehingga kita mampu menciptakan generasi yang cerdas sesuai dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat jalan anak-anakku,

Paser senantiasa menunggu dharma bhakti kalian

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PISAH KENANG DAN SILATURAHIM SISWA-SISWI KELAS III SMKN 1 TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 11 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth.              Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Staf SMKN 1;

Yth.              Orang tua dan wali, perwakilan sekolah lain, pengurus OSIS, dan para siswa;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah, SWT, yang selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga dalam melaksanakan dan menghadiri pisah kenang siswa-siswi kelas III SMK Negeri 1 Tanah Grogot yang dirangkai dengan silaturrahim ini, kita selalu berada dalam lindungan-Nya. Tidak lupa pula, mari kita sampaikan salawat dan salam kepada Nabi Muhammad, SAW, agar kita semua selalu mendapatkan syafaat dari beliau. Amin.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

Beberapa tahun terakhir, pemerintah pusat kian gencar mensosialisasikan SMK sebagai sekolah masa depan, dan bahkan merekomendasikan semua lulusan SLTP agar memilih SMK supaya bisa langsung bekerja setelah selesai dalam pendidikan. Rupanya, Pemerintah ingin melihat warganya siap bekerja setelah menamatkan pendidikan sekolah menengah, untuk mengurangi pengangguran, dan memberikan bekal keterampilan kepada anak didik sejak usia muda.

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah pusat mencanangkan sampai 70 persen SMK dan 30 persen SMA pada tahun 2015. Saat ini pemerintah pusat secara bertahap merubah perbandingan 40 persen SMK dan 60 persen SMA menjadi 50-50. Fenomena nasional menunjukkan adanya trend peningkatan peminat SMK yakni 30 persen setiap tahunnya, dalam kurun waktu 3-4 tahun terakhir.

Di kabupaten Paser, pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan yang sinergi dengan pemerintah pusat. Hal ini bisa kita lihat dari eksistensi sekolah menengah kejuruan yang lebih banyak dibanding sekolah umum. Kita telah memiliki SMK 1 dalam bidang bisnis dan manajemen, SMK 2 dalam bidang pertanian, serta SMK 3 dalam bidang teknologi dan alat mesin, yang sudah berjalan selama setahun. Saat ini Pemerintah juga sedang membangun SMK 4 dengan jurusan tata boga dan teknologi hasil kelautan.

Hadirin dan Anak-anakku yang Tercinta

Perlu diketahui bersama, bahwa masyarakat kita saat ini sangat membutuhkan tenaga-tenaga yang siap pakai. Daerah Kabupaten Paser tentu sangat terbantu dengan adanya Lembaga Kejuruan seperti SMK. Kemampuan siswa sekolah menengah kejuruan atau SMK bersaing di pasar kerja nasional dan global tidak perlu diragukan. Tidak sedikit siswa SMK asal Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Namun demikian, tidak semua lulusan SMA bisa langsung terserap di dunia kerja. Sebagian tetap berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan. Kepada yang ingin meneruskan ke tingkat yang lebih tinggi hendaknya dapat meneruskan ke Politeknik, dimana saat ini pemerintah juga telah melaksanakan penambahan politeknik diseluruh Indonesia.

Saya berharap pula agar kalian benar-benar selektif dalam memilih kejuruan yang akan di ikuti. Berkonsultasilah dengan orang tua dan guru untuk meneruskan ke jenjang  berikutnya. Kalian harus memahami kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja yang di butuhkan Pemerintah Daerah ke depan. Dan jika kemudian kalian telah lulus nantinya, saya mengharapkan kalian dapat kembali lagi untuk membangun Kabupaten Paser yang kita cintai ini.

                Harapan Pemerintah Kabupaten Paser dengan adanya pendidikan yang murah bahkan gratis, pendidikan di daerah kita semakin meningkat mutunya, bukan malah sebaliknya. Maka yang paling penting adalah bagaimana kita membenahi pendidikan kita sehingga menghasilkan generasi muda yang siap menyambut tantangan zamannya baik di dunia kerja maupun dunia akademis.

Sebagai akhir kata, semoga para peserta ujian dari SMKN 1 Tanah Grogot, saat pengumuman semoga lulus semua, berhasil semua, dapat bekerja sesuai dengan keahliannya, dapat meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa mandiri membuka usaha.

Terhadap para orang tua, saya mengingatkan untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anaknya yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sudah jauh hari menerapkan pendidikan gratis. Kita patut berbangga, karena kita di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sembilan provinsi di Nusantara yang menerapkan kebijakan ini, meski kita semua tahu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional telah dengan tegas menyerukan kepada semua kepala daerah untuk melaksanakan kebijakan pendidikan gratis.

Mari kita tetap berharap, kebijakan pendidikan gratis ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Paser, sehingga kita menciptakan generasi yang cerdas sesuai dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama


Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS IX SMP NEGERI 1 TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 1 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala UPTD Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Paser Belengkong;

Yth.              Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Staf SMPN 1;

Yth.              Orang tua dan wali, perwakilan sekolah lain, pengurus OSIS, dan para siswa;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, puji syukur kita ucapkan atas anugrah-Nya pada kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan acara perpisahan siswa siswi kelas IX SMP Negeri 1 Tanah Grogot.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintahnya.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, SWT

 

Pada tanggal 27 April 2009 yang lalu, sebanyak 2.935 siswa SLTP di Kabupaten Paser berjuang untuk menentukan apakah mereka layak untuk lulus dari sekolah yang mereka tempati selama kurang lebih tiga tahun terakhir. Dari sejumlah siswa yang saya sebutkan di atas, 152 di antaranya merupakan siswa dari SMP Negeri 1 Tanah Grogot. Mari kita semua berdoa semoga semuanya bisa lulus dari SMP Negeri 1 dengan predikat yang memuaskan, dan dengan nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana Kepala Sekolah menyampaikan bahwa nilai rata-rata lulusan SMP Negeri 1 Tanah Grogot adalah 7.2 pada tahun 2007; 7.4 pada tahun 2008, dan semoga tahun ini bisa lebih baik.

Satu hal yang patut disyukuri bahwa para siswa SMP Negeri 1 yang akan lulus tahun ini, telah menjadi bagian dari rencana pemerintah daerah dan sekolah sekolah dalam rangka mewujudkan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), setelah beberapa tahun menyandang Sekolah Standar Nasional (SSN).

Dalam hal yang satu ini, SMP Negeri 1 pantas mendapatkan perhatian yang khusus, terutama dalam hal pembangunan sejumlah fasilitas untuk mendukung sekolah ini menuju SBI. Pemerintah Kabupaten merasa sangat bersyukur, karena SMP Negeri 1 Tanah Grogot bisa diharapkan menjadi salah satu sekolah di Kalimantan Timur yang diharapkan bisa sejajar dengan sekolah-sekolah unggulan di Nusantara sehingga memiliki lulusan dengan kualitas kompetitif, berkualitas dan mampu bersaing di sekolah-sekolah terbaik, baik di Kabupaten Paser maupun di luar daerah.

Semua pemangku kepentingan di SMP Negeri 1 Tanah Grogot, baik Kepala Sekolah, guru dan staf, komite dan orang tua serta wali siswa tentu sadar betul dengan cita-cita mulia ini, dan sudah pasti tahu persis, apa yang harus dilakukan demi meningkatkan dan mempertahankan kualitas pencapaian selama ini.

Hadirin dan Anak-anakku yang Tercinta

Kepada anak-anakku yang akan lulus saya harapkan untuk bisa sedapat mungkin melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTA. Marilah kita sama-sama meningkatkan derajat diri kita sendiri dan keluarga dengan memperdalam pengetahuan melalui pendidikan.

Jangan berhenti hanya sampai di sini, karena perjuangan masih panjang. Indonesia, dan khususnya Kabupaten Paser menantikan kesiap siagaan anak-anakku untuk menyambut tongkat estafet dari generasi terdahulu, guna melanjutkan pembangunan.

Di sekolah lanjutan, ada beberapa pilihan jurusan yang anak-anakku harus pilih, yaitu sekolah kejuruan atau SMK, sekolah umum atau SMU dan sekolah agama atau MA. Jurusan apapun yang kalian pilih, dan di manapun sekolah, baik itu di daerah Kabupaten Paser atau di daerah lain, saya harapkan anak-anakku tidak salah memilih.

Berkonsultasilah dengan orang tua dan guru atau kepada orang lain yang mengerti pendidikan untuk meneruskan ke jenjang  berikutnya. Dalam memilih jurusan, jangan hanya berfikir dan berorientasi untuk empat sampai lima tahun ke depan, namun mulai saat ini anak-anakku harus sudah bisa menentukan langkah awal untuk bisa berpartisipasi membanngun Paser kelak di kemudian hari.

Terhadap para orang tua, saya kembali mengingatkan untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sudah jauh hari menerapkan pendidikan gratis. Hal ini menjadi menarik, karena kita di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sembilan provinsi di Nusantara yang menerapkan kebijakan ini.

Mari kita tetap berharap, kebijakan pendidikan gratis ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Paser, sehingga kita menciptakan generasi yang cerdas sesuai dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat jalan anak-anakku,

Paser senantiasa menunggu dharma bhakti kalian

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS IX SMP NEGERI 2 TANAH GROGOT

Tanah Grogot, 2 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;

Yth.              Kepala UPTD Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Paser Belengkong;

Yth.              Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Staf SMPN 2;

Yth.              Orang tua dan wali, perwakilan sekolah lain, pengurus OSIS, dan para siswa;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia;

 

Alhamdulillah, puji syukur kita ucapkan atas anugrah-Nya pada kesempatan ini kita dapat hadir dan berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan acara perpisahan siswa siswi kelas IX SMP Negeri 2 Tanah Grogot.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang istiqomah menjalankan perintahnya.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah, SWT

 

Pada tanggal 27 April 2009 yang lalu, sebanyak 2.935 siswa SLTP di Kabupaten Paser berjuang untuk menentukan apakah mereka layak untuk lulus dari sekolah yang mereka tempati selama kurang lebih tiga tahun terakhir. Dari sejumlah siswa yang saya sebutkan di atas, 156 di antaranya merupakan siswa dari SMP Negeri 2 Tanah Grogot. Mari kita semua berdoa dan berharap semoga semuanya bisa lulus dari SMP Negeri 2 dengan predikat yang memuaskan, dan dengan nilai yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Sekolah bahwa siswa-siswi SMP Negeri 2 Tanah Grogot sejak beberapa tahun terakhir selalu lulus 100 persen dengan nilai rata-rata hampir mencapai 7.00.

  Satu hal lain yang patut mendapatkan perhatian kita bersama, bahwa para siswa SMP Negeri 2 yang akan lulus tahun ini, telah menjadi bagian dari rencana pemerintah daerah dan sekolah dalam rangka mewujudkan Sekolah Standar Nasional (SSN), setelah tahun 2008 ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sebagai salah satu dari lima sekolah di Kabupaten Paser yang berstatus Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN).

Dalam hal yang satu ini, SMP Negeri 2 pantas mendapatkan perhatian yang khusus, terutama dalam hal melengkapi sejumlah fasilitas untuk mendukung sekolah ini menuju SSN. Untuk itulah perlu adanya upaya sungguh-sungguh dan berkesinambungan semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pendidikan Kabupaten, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Paser Belengkong yang berkedudukan di Tanah Grogot, dengan komite sekolah, dewan guru, orang tua dan wali serta siswa-siswa sekalian.

Kerjasama yang padu ini merupakan modal utama kita semua dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang akan mengangkat kualifikasi sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang menghasilkan lulusan berkualitas dalam hal penguasaan ilmu pengetahuan, yang tidak saja dibuktikan dengan nilai lulusan yang memuaskan, tapi juga dalam bentuk partisipasi-partisipasi dalam even-even atau lomba-lomba di tingkat regional, nasional dan internasional.

Hadirin dan Anak-anakku yang Tercinta

Kepada anak-anakku yang akan lulus saya harapkan untuk bisa sedapat mungkin melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTA. Saya yakin dan percaya, semua yang hadir dalam ruangan ini sepakat bahwa salah satu cara meningkatkan derajat diri kita sendiri dan keluarga adalah dengan memperdalam pengetahuan melalui pendidikan.

Untuk itu, jangan berhenti hanya sampai di sini, jangan pernah merasa puas hanya menjadi alumni SMP. Semakin tinggi pendidikan, semakin besar pula kesempatan untuk bisa berbuat yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan yang lebih besar.

Indonesia, dan khususnya Kabupaten Paser menantikan peran serta anak-anakku untuk menyambut tongkat estafet dari generasi terdahulu, guna melanjutkan pembangunan. Jadilah saksi dari perubahan sejarah. Mari kita berlomba-lomba mencatatkan diri dalam sejarah peradaban Bumi Daya Taka permulaan abad ke-21. Proses ke arah itu sangatlah panjang, dan harus dimulai sejak dini, sehingga kelak, kita bisa mewariskan kepada anak cucu kita, sesuatu yang lebih berharga dari pada yang diwariskan kepada kita.

Anak-anakku yang berbahagia,

Di sekolah lanjutan, ada beberapa pilihan jurusan yang anak-anakku harus pilih, yaitu sekolah kejuruan atau SMK, sekolah umum atau SMU dan sekolah agama atau MA. Jurusan apapun yang kalian pilih, dan di manapun sekolah, baik itu di daerah Kabupaten Paser atau di daerah lain, saya harapkan anak-anakku tidak salah memilih.

Berkonsultasilah dengan orang tua dan guru atau kepada orang lain yang mengerti pendidikan untuk meneruskan ke jenjang  berikutnya. Dalam memilih jurusan, jangan hanya berfikir dan berorientasi untuk empat sampai lima tahun ke depan, namun mulai saat ini anak-anakku harus sudah bisa menentukan langkah awal untuk bisa berpartisipasi membanngun Paser kelak di kemudian hari.

Terhadap para orang tua, saya kembali mengingatkan untuk selalu memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak-anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Satu hal yang patut kita syukuri, bahwa Pemerintah Kabupaten Paser sudah jauh hari menerapkan pendidikan gratis. Kita patut berbangga, karena kita di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sembilan provinsi di Nusantara yang menerapkan kebijakan ini, meski kita semua tahu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional telah dengan tegas menyerukan kepada semua kepala daerah untuk melaksanakan kebijakan pendidikan gratis.

Mari kita tetap berharap, kebijakan pendidikan gratis ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Paser, sehingga kita menciptakan generasi yang cerdas sesuai dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat jalan anak-anakku,

Paser senantiasa menunggu dharma bhakti kalian

 

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

 

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PERESMIAN PENEGERIAN
MI MUARA KOMAM

Muara Komam, 23 Juni 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.              Kepala Kantor Departemen Agama Provinsi Kaltim;

Yth.              Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Paser;

Yth.              Unsur Muspika dan Camat Muara Komam;

Yth.              Ketua Yayasan Al Ikhlas, Kepala MI Muara Komam beserta guru dan staf;

Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, masyarakat Muara Komam dan murid-murid yang berbahagia;

Alhamdulillahi rabbil alamin, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas ridho dan karunia-Nya kita diberi kesempatan untuk hadir di tempat ini, dalam rangka peresmian penegerian Madrasah Ibtidaiyah Muara Komam ini.

Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta Keluarga, Sahabat, Penerus dan orang-orang yang dicintai Beliau. Semoga kita mendapatkan syafa’atnya di hari kemudian. Amin,

Saudara sekalian ,

Pemerintah Kabupaten Paser selalu menunjukkan perhatian yang serius dalam memajukan pendidikan di daerah ini. Perhatian seperti ini tentu tidak hanya terbatas pada sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan, namun juga sekolah di bawah Departemen Agama, yayasan-yayasan ataupun swasta lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar ada pemerataan dan tidak ada kesan pemerintah menganakemaskan sekolah tertentu dan menganaktirikan yang lain. Lagipula, yang menjadi subjek pengajaran adalah anak-anak kita, putra-putri Kabupaten Paser, generasi muda yang kelak akan menyambut tongkat estafet dari generasi-generasi pendahulunya.

Itulah sebabnya, Pemerintah ingin melihat semua anak-anak Paser tumbuh bersama pendidikan yang maju, sehingga bisa disejajarkan dengan anak-anak di daerah lain, di masa sekarang, maupun di masa-masa yang akan datang.

Berbicara masalah kualitas, sebenarnya anak-anak di Kabupaten Paser tidak bisa dikatakan ketinggalan dari daerah lain. Mereka bahkan mampu bersaing untuk masuk ke sekolah-sekolah unggulan, atau juga bersaing dalam dunia kerja.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Paser mengirim delegasi dalam even-even perlombaan nasional seperti olimpiade dalam bidang matematika dan IPA terpadu.

Sementara dalam bidang lain seperti UKS, beberapa tahun terakhir Paser diwakili oleh sekolah yang berlomba sampai ke tingkat provinsi, yaitu SMK Negeri 1, SDN 020, SDN 027 dan SMPN 4 Tanah Grogot, di mana tiga di antaranya sempat mewakili provinsi Kalimantan Timur ke tingkat nasional.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Paser juga sudah menyiapkan beberapa sekolah yang akan diajukan untuk mengikuti penilaian Adiwiyata tahun ini.

Satu hal yang patut menjadi perhatian, bahwa keikutsertaan sekolah-sekolah ini masih dimonopoli oleh sekolah-sekolah yang ada di Tanah Grogot. Kita mengharapkan lomba seperti ini tidak hanya milik sekolah-sekolah yang ada di ibukota Kabupaten, namun juga di kecamatan.

Sekolah-sekolah yang selalu ikut berartisipasi dalam kegiatan-kegiatan regional dan nasional tidak terlepas dari campur tangan, bantuan dan perhatian yang sangat serius dari Pemerintah Daerah.

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, marilah kita sekali lagi memohon puji syukur, semoga apa yang dilaksanakan hari ini bisa dihitung sebagai mutiara-mutiara amal yang akan dihitung oleh Allah, SWT sebagai pahala.

Dan dengan mengucapkan Bismillahir rahmanir rahim , Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Muara Komam yang telah berusia 12 tahun, secara resmi menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri / MIN Muara Komam.

Doa dan perjuangan di Tana Paser

Tanami dengan segala kebaikan

Kelak kita akan menuainya bersama

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamu alaikum wr.wb

BUPATI PASER

 

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

Tue, 15 Dec 2009 @15:28
Tags: humaspro


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+1+9

Copyright © 2014 Jimi paser · All Rights Reserved