Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

SAMBUTAN BUPATI PASER BULAN FEBRUARI 2014

image
       
    BUPATI PASER
 
 

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA  ACARA PRESENTASI AKHIR INDIKATOR KEMISKINAN DAN STRATEGI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAERAH

KABUPATEN PASER

Tana  Paser, 3 Februari 2014

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth..Tim Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama

       Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada;

Yth. Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Paser;

Yth..Sekretaris Daerah Kabupaten Paser;

Yth. Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan

      Rakyat Setda Kab. Paser;

Yth. Para Kepala SKPD Di lingkungan Pemerintah Kabupaten

      Paser;

Yth.      Para pengurus organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, organisasi wanita, lembaga swadaya masyarakat dan rekan media massa;

Serta hadirin sekalian yang berbahagia;

Segala puja dan puji hanya bagi Allah SWT, nikmat syukur, nikmat sehat dan nikmat iman yang tak ternilai harganya alhamdulilah tercurah kepada kita yang pada kesempatan berbahagia ini, dapat  berkumpul dan hadir dalam Acara Presentasi Akhir Indikator Kemiskinan Dan Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Paser.

Tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah diutus oleh Allah SWT sebagai rahmatan lil allamin. 

Hadirin yang saya hormati,

Berdasarkan kompleksitas dan keragaman dari dimensi-dimensi kemiskinan, penyebab kemiskinan suatu daerah dengan daerah lainnya bisa sangat berbeda. Oleh sebab itu, cara penanggulangan kemiskinan tidak hanya dirancang dan dilakukan pemerintah pusat namun juga ditingkat daerah.

Kabupaten Paser sebagai bagian dari NKRI telah melakukan langkah-langkah tindak lanjut dengan mengintegrasikan semanagat perang melawan kemiskinan yang tertuang dlam dokumen RPJMD Kabupaten Paser yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Paser Nomor 2 Tahun 2011.

Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia,

Pembangunan Kabupaten Paser tidak hanya dititikberatkan pada pembangunan fisik,  secara seimbang pembangunan non fisik juga mendapat perhatian khusus. Untuk menilai keberhasilan pembangunan non fisik, tentu saja terasa sulit karena indikatornya relatif lebih abstrak dan bersifat kompleks.

Namun dengan ukuran-ukuran umum yang sering didengar dan telah teruji secara akademis, serta dikeluarkan lembaga yang berwenang maka keberhasilan pembangunan non fisik di Kabupaten Paser dapat dinilai, melalui Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Indek Pembangunan Manusia. 

Pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Paser; tercatat pencapaian IPM telah terjadi peningkatan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.

Pencapaian pembangunan manusia di Kabupaten Paser pada kurun tahun 2007 – 2011 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2011, dilihat dari tingkat IPM, Kabupaten Paser telah mencapai angka  75,40 dan menempati peringkat 6 di Kalimatan Timur.

Selanjutnya dilihat dari kebijakan - kebijakan yang telah dilakukan untuk peningkatan IPM atau perbaikan kualitas manusia dalam periode 2010 – 2011, Kabupaten Paser lebih berhasil  karena melebihi angka propinsi dan berada pada peringkat tiga di Kalimantan Timur. 

Artinya setiap tahun, semakin besar jumlah masyarakat Kabupaten Paser yang memperoleh pendidikan, mampu dan mudah memperoleh pelayanan kesehatan, serta mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Semuanya tersaji jelas pada dokumen Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Kabupaten Paser Tahun 2012 oleh Badan Statistik Pusat Kabupaten Paser.

Kemudian pada sektor Pertumbuhan Ekonomi: Sejak tahun 2010 Pemerintah  Daerah dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah telah menerapkan kebijakan peningkatkan pengeluaran pemerintah pada komponen  belanja modal yang diarahkan untuk pembangunan infrastruktur jalan,  jembatan, air bersih, pertanian, pendidikan, kesehatan, perdagangan dan jasa. Kebijakan tersebut ternyata turut mendorong  pertumbuhan ekonomi Kabupaten Paser, pada tahun 2010 sebesar 17,31 persen  dan Tahun 2011 sebesar 10,85 persen.

Jika diperhatikan secara sederhana, tampak terjadi penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi. Tetapi bila dicermati secara mendalam, tingginya pertumbuhan ekonomi tahun 2011 selama ini disumbang oleh komponen sektor pertambangan non migas (mineral dan batubara), yang dampak keberhasilannya hanya dirasakan sebagian kecil masyarakat Kabupaten Paser.

Apabila komponen sektor pertambangan non migas tidak dimasukkan dalam perhitungan, maka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Paser terus meningkat pada tahun 2010 sebesar 5,55 persen dan tahun 2011 sebesar 7,40 persen.

Artinya pada Tahun 2011, hampir seluruh sektor pembangunan dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan, yaitu pertanian, industri pengolahan, listrik, air bersih, bangunan, hotel, perdagangan, restoran, keuangan, persewaan, dan jasa - jasa. Semuanya tersaji jelas pada dokumen Produk Domestik Regional Bruto berdasarkan lapangan usaha Kabupaten Paser Tahun 2012 oleh Badan Statistik Pusat Kabupaten Paser.

Penyampaian atas dua indikator utama pembangunan ini, kiranya dapat menjadi pengetahuan bersama atas upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Paser dalam menyeimbangkan  keberhasilan pencapaian tujuan-tujuan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang berujung pada terwujudnya Kabupaten Paser Sejahtera Tahun 2015.

Bapak/Ibu Sekalian yang saya hormati,

Komitmen untuk menurunkan angka kemiskinan perlu konsistensi. Dan hal ini juga tertuang dalam salah satu dari delapan  tujuan Millenium Development Goal’s (MDG’s).

Saat ini tingkat kemiskinan di Kabupaten Paser terus menurun dari 10,11 persen di tahun 2009 menjadi 6,5 persen di tahun 2012. Dan tentu saja kita tidak boleh berpuas diri dengan angka tersebut sehingga terus berupaya maksimal untuk segera mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Paser. 

Salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Paser adalah dengan terselenggaranya acara pada hari ini. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya meneliti dan menetapkan indikator kemiskinan di Kabupaten Paser, namun juga lebih kepada konsolidasi dan  penetapan program kreativitas ala Kabupaten Paser dalam pengentasan kemiskinan yang bersinergi dengan program-program Kabupaten Paser termasuk tujuh program percepatan pembangunan diseluruh pelosok Kabupaten Paser.

Para hadirin yang saya bangakan,

Pada kesempatan yang berbahagia ini tidak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yaitu  Dr. Gabriel Lele, dari Tim Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada. Terima kasih atas kesediaanya hadir ditengah-tengah kami. semoga Allah SWT senantiasa meridhoi usaha dan niat suci kita.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Mari kita awali ibadah ini dengan niat yang sama agar pengentasan kemiskinan di Kabupaten Paser segera terwujud senafas dengan visi Bumi daya Taka yang kita cintai ini, yaitu menuju “Masyarakat Kabupaten Paser yang agamais, sejahtera dan berbudaya”.

Dengan   mengucap “Bismillahirrahmanirrahiim,”  Presentasi  Akhir Indikator Kemiskinan dan Strategi Penanggulangan Kemiskinan daerah Kabupaten Paser” , hari ini Senin, 3 Februari 2014, secara resmi saya nyatakan dibuka.

Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan atas perhatian Bapak/ibu sekalian, saya ucapkan terima kasih.

Sekian terima kasih,

Wabilahi Taufik Walhidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd12343

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA  ACARA SYUKURAN

GRAND SADURENGAS HOTEL

 

Tana  Paser, 4 Februari 2014

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.. Wakil Bupati Paser;

Yth.      Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Kapoles Paser;

Yth.      Dandim 0904/TNG;

Yth. Kepala Kejaksaan Negeri

       Tanah Grogot;

Yth. Kepala Pengadilan Negeri

       Tanah Grogot;

Yth. Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Para Asisten, Para  Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Paser;

 

Yth.      Para pengurus organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, organisasi wanita, lembaga swadaya masyarakat dan rekan media massa;

 

Serta hadirin sekalian yang berbahagia;

Segala puja dan puji hanya bagi Allah SWT, nikmat syukur, nikmat sehat dan nikmat iman yang tak ternilai harganya.  

Tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah diutus oleh Allah SWT sebagai rahmatan lil allamin. 

Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia,

Pembangunan Kabupaten Paser tiada pernah berhenti. Semua sektor terus digalakkan, termasuk Grand Sadurengas Hotel yang telah diresmikan pada 29 Desember 2012 bertepatan pada HUT ke-53 Kabupaten Paser bersama empat simbol kemajuan pembangunan di Kabupaten Paser.

Saya berharap, fasilitas yang dimiliki pemerintah daerah dan dikelola pihak swasta ini dapt memberikan kontribusi yang cukup signifikan dan strategis dalam bisnis jasa bidang industri dan pariwisata.

 Ke depannya, saya berharap dengan telah beroperasinya Grand Sadurengas Hotel lengkap dengan seluruh fasilitas yang disediakan,  Kabupaten Paser bisa menjadi tuan rumah kegiatan yang berskala tingkat provinsi maupun nasional sehingga terbuka peluang-peluang daerah lain baik pemerintahan maupun swasta tertarik menanamkan investasinya di Bumi Daya Taka.

Untuk itu, mari aset daerah ini kita kelola, jaga dan pelihara sebaik-baiknya. Pelayanan harus ramah, sopan santun, penuh senyuman yang tak pernah berhenti terlukis diwajah dari house keeping hingga top manager. Senyum adalah syarat mutlak untuk menyambut para tamu. Dan saya yakin kita semua sepakat dalam hal ini.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Tak lupa saya ucapakan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dari awal hingga beroperasionalnya hotel ini. Mohon jangan berpuas diri, lakukanlah selalu perbaikan, kritik dan saran demi kemajuan bersama.

Akhirnya, segala ikhtiar telah kita lakukan dan selanjutnya kita berserah diri kepada Allah SWT,  semoga Ia senantiasa meridhoi usaha dan niat suci kita. Aamiin allahumma aamiin.

Sekian terima kasih,

Wabilahi Taufik Walhidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PISAH KETUA PENGADILAN AGAMA

 KABUPATEN PASER

 

Tana Paser, 12 February 2014

 

 

Assalamualaikum wr. Wb.

Yth. Bapak Wakil Bupati Paser;

Yth. Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Dandim 0904/TNG;

Yth. Kapolres Paser;

Yth. Kepala Kejaksaan Negeri

       Tanah Grogot;

Yth. Ketua Pengadilan Negeri Tanah Paser

Yth. Bapak Drs. Bustanuddin Jamal , M. Hum, beserta ibu

Yth. Kepala SKPD di lingkungan

       pemerintah Kabupaten Paser;

 

Serta bapak/ibu tamu undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia,

 

Alhamdulillah, kita patut bersyukur ke hadirat Allah, SWT, oleh karena rahmat dan hidayah-Nya semata sehingga kita memiliki kesempatan untuk hadir di sini bersama-sama, bersilaturahmi, dan melepas Bapak Drs. Bustanuddin Jamal , M. Hum, beserta ibu

Selanjutnya salawat dan salam tidak lupa pula kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan safaatNYA kepada Nabi Muhammad, kepada Para Sahabat dan Keluarga Beliau, serta kita umatnya.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan Saudara-saudara yang saya hormati

Sebagai manusia, kita tentu sangat menyadari bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Berbagai dinamika hidup pasti kita lalui, baik pertemuan, perpisahan, datang dan pergi akan selalu silih berganti dalam kehidupan yang kita jalani. Dan sebagai insan yang beriman, kita tentu yakin dan percaya bahwa itu kehendak yang maha kuasa. Dan kita hanya tinggal menjalani dan  mensyukurinya.

Bagian dari dinamika itulah yang saat ini sedang kita jalani, yaitu perpisahan kita dengan Ketua Pengadilan Agama, Bapak Drs. Bustanuddin Jamal M. Hum beserta Ibu seraya mengucapkan terima kasih untuk sumbangsihnya atas kualitas pelayanan terhadap para pencari keadilan di Pengadilan Agama Kabupaten Paser yang selama ini penuh damai dan kondusif. Begitu pula  ucapan selamat berkerja dan berkarya serta berprestasi ditempat tugas yang baru yaitu di Pengadilan Agama Samarinda Kalimantan Timur

Mewakili Pemerintah Kabupaten Paser, saya mengharapkan perpisahan ini tidak akan memutus hubungan silaturahmi yang telah terjalin erat antara kita, sejak Bapak menjabat sebagai Ketua Pêngadilan Agama di Kabupaten Paser pada Nopember 2011  sampai dengan Januari 2014,  Dengan demikian tidaklah berlebihan kalau saya mengatakan bahwa Bapak Bustanuddin dan keluarga sudah merupakan bagian dari kami, bagian dari keluarga besar masyarakat Kabupaten Paser yang selama ini telah bersama – sama menjalin nilai – nilai kebersamaan.

 

Hadirin yang berbahagia,

Hampir dua tahun lamanya Bapak Drs. Bustanuddin Jamal, M. Hum mendampingi kami sebagai Ketua Pengadilan Agama, dan kini tiba saatnya untuk berpisah. Sangat berat rasanya untuk berpisah dengan beliau. Kehadiran beliau sungguh amat membantu kami terutama dalam memberi pelayanan hukum bagi rakyat pencari keadilan yang beragama islam mengenai perkara perdata tertentu yang diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

Apalagi dengan gaya kepemimpinan beliau yang sangat humanis dan houmuris membuat iklim kerja yang sangat kondusif dan penuh rasa kekeluargaan.

Selama beliau menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama tidak dipungkiri jumlah perkara sidang keliling ditempat meningkat, begitu juga permohonan isbat menikah yang hal ini berarti meningkatnya kesadaran hukum yang lahir dari masyarakat. Namun tidak dapat dipungkiri hal ini pun diikuti dengan kenaikan perkara perceraian yang nantinya akan menjadi tugas bagi pejabat yang baru sebisa mungkin untuk dapat menekan angka perceraian tersebut.  Atas nama pribadi dan keluarga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Drs. Bustanuddin Jamal, M. Hum atas dukungan dan pengabdiannya selama ini.

Bapak, Ibu dan hadirin yang saya hormati,

Ibarat pepatah “Tiada Gading Yang Tak Retak“ demikian pula saya sebagai manusia biasa, tentu tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan. Untuk itu atas nama pribadi dan masyarakat Kabupaten Paser, izinkan pula saya menyampaikan permintaan maaf kepada Bapak, Ibu, apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak, Ibu, saat Bapak dan Ibu berada di Kabupaten Paser.

Dan sementara Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Paser belum dilantik maka yang menjadi Plt Ketua Pengadilan agama adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama  dan kami berharap Wakil Ketua Mampu mampu melanjutkan program-program yang ditinggalkan oleh Pejabat lama, serta keberhasilan yang diraih pejabat lama.

Bapak, Ibu dan hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin menitipkan pesan kepada jajaran Pengadilan Agama, siapapun yang akan menjadi pimpinan saudara-saudara, tunjukkanlah loyalitas tingkatkan prestasi kerja, tingkatkan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, proporsional, jujur, adil dan merata.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Sekian terima kasih,

Wabilahit Taufik Walhidayah,

Wasalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA  ACARA PENYAMBUTAN KEDATANGAN PERDANA

KM. BINAIYA

 

Tana  Paser, 16 Februari 2014

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.. Wakil Bupati Paser;

Yth. Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Kapoles Paser;

Yth. Dandim 0904/TNG;

Yth. Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Grogot;

Yth. Kepala Pengadilan Negeri  Tanah Grogot;

Yth. Sekretaris Daerah Kabupaten Paser, Para Asisten, Para  Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Paser;

 

Masyarakat Kabupaten Paser khususnya Masyarakat Desa Pondong, rekan media massa serta hadirin sekalian yang berbahagia;

          Di hari yang berbahagia ini marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, karena atas perkenan-Nya  kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara Penyambutan Kedatangan Perdana KM Binaiya.

Tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi junjungan kita Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang telah diutus oleh Allah SWT sebagai rahmatan lil allamin. 

Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia,

Pembangunan Kabupaten Paser tiada pernah berhenti. Konsentrasi, dan kerja keras, Pemerintah Kabupaten Paser dalam pembangunan Jalan dan Jembatan, Pelabuhan, dan Bandara untuk meningkatkan mobilitas masyarakat selama ini seperti tertutupi oleh kondisi jalan negara dan jalan propinsi yang cukup memprihatinkan. Kondisi ini telah disuarakan melalui berbagai macam forum dan kesempatan agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi tidak melupakan tanggung jawabnya karena ini memang tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi. Sebagai masyarakat penguna jalan, mereka tidak mau tau apakah jalan ini menjadi tanggung jawab propinsi atau pusat, yang jelas jalan jalan yang dilalui mengalami kerusakan yang menghambat kepentingannya. Keluhannya, kekecewaannya ditujukan kepada pemerintah kabupaten paser, walaupun demikian untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas didaerah-daerah yang padat penduduknya. Maka dengan pertimbangan menyelamatkan jiwa rakyat Paser, maka ada 8 (delapan) Ibukota Kecamatan yang dilebarkan atau diperbaiki jalannya dengan dibangunnya jalur 2 (dua) disetiap Ibukota Kecamatan, walaupun sebenarnya poros jalan tersebut adalah tanggung jawab pusat.

Begitu pula didalam upaya melancarkan angkutan barang dan penumpang, Pemerintah Kabupaten Paser telah memperbaiki dan mengganti beberapa jembatan gantung dengan jembatan kerangka baja. Begitu juga pelebaran jalan-jalan poros menjadi jalur 2 (dua), terutama jalur menuju Ibukota Tana Paser.

Dalam rangka peningkatan aksesbilitas wilayah, maka dijalin Kerjasama pembangunan Bandara Tana Paser dengan Dirjen Perhubungan Udara. Melalui MOU ini diharapkan akan  mendukung penyelesaian Bandara lebih cepat sehingga semakin mendekati kenyataan bahwa pada tahun 2014 nanti Bandara Tana Paser bisa didarati Pesawat.

Selanjutnya pengembangan kapasitas Pelabuhan Pondong yang telah disinggahi kapal pengangkut peti kemas dan didalam upaya pendekatan yang dilakukan dengan jajaran Dirjen Perhubungan Laut beserta pimpinan Pelni pusat yang diharapkan pelabuhan Pondongpun akan disinggahi kapal penumpang, yang mana pada hari inilah kita bersama-sama menyambut kedatangan perdana KM Binaiya.

Dari semua itu menyadarkan kita bahwa pembangunan jalan dan jembatan, pelabuhan, dan Bandara Tana Paser bagaikan urat nadi yang memberikan perkembangan yang cukup besar bagi kemajuan daerah Paser ke depan.

Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kabupaten Paser memiliki masyarakat yang heterogen, berbagai suku agama dan ras ada di Bumi Daya Taka ini. Dengan jumlah penduduk sebanyak 261.936 jiwa.  

Tingkat mobilitas dari dan ke luar pulau cukup siginifikan. Untuk itu, dengan kehadiran KM Binaiya diharapkan mampu memberikan alternatif transportasi bagi masyarakat Kabupaten Paser. Mengingat Kabupaten Paser berada di wilayah yang cukup strategis dan perbatasan antara Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Tak lupa saya ucapakan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung program ini. Mohon jangan berpuas diri, lakukanlah selalu perbaikan, kritik dan saran demi kemajuan bersama.

Akhirnya, segala ikhtiar telah kita lakukan dan selanjutnya kita berserah diri kepada Allah SWT,  semoga Ia senantiasa meridhoi usaha dan niat suci kita. Aamiin allahumma aamiin.

Sekian terima kasih,

Wabilahi Taufik Walhidayah,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd12343

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA  ACARA HARI LAHIR NAHDATUL ULAMA KE-88

Tana Paser, 19 Februari 2014

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Yth. Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Kapolres Paser;

Yth. Dandim 0904/TNG;

Yth. Kepala Kejaksaan Negeri  Tanah Grogot;

Yth. Kepala Pengadilan Negeri  Tanah Grogot;

Yth. Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot;

Yth. Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth. Pengurus Cabang, Wakil Cabang dan Ranting Nahdatul

        Ulama Kabupaten Paser;

Yth. Para Pengurus Partai Politik, tokoh masyarakat, tokoh

       pemuda, tokoh agama dan tokoh perempuan;

 

Dan yang kami muliakan,

Habib Umar Al Mutthohar,

serta hadirin sekalian yang berbahagia;

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita semua dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam rangka Hari Lahir Nahdatul Ulama ke-88, yang kali ini mengambil tema “Aswaja Solusi Ulama, Dalam Menyelesaikan Persoalan Bangsa”.

Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga, para sahabatnya serta pengikutnya yang Istiqomah menjalankan perintahnya.

Hadirin yang berbahagia;

 

Pada 31 Januari, 88 tahun lalu, tepatnya 1926, Nahdlatul Ulama (NU) berdiri. KH Hasyim Asyari didaulat sebagai rais akbar organisasi yang berbasis massa kalangan santri tersebut.

Organisasi ini tumbuh dan berkembang sebagai salah satu kekuatan masyarakat sipil  yang banyak berkonstribusi bagi bangsa dan negara. Tidak hanya di bidang agama, juga ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. Maka, gairah mengabdi kepada agama, bangsa dan negara, serta Kabupaten Paser tentunya,   dapat menjadi semangat dan ruh utama dalam perjuangan NU.

 Untuk itu, besar harapan kiranya NU dapat bersinergi bersama Pemerintah Daerah dan pihak terkait lainnya untuk bersatu padu membangun Bumi Daya Taka yang kita cintai dan mewujudkan visi Kabupaten Paser yaitu “Menuju Masyarakat Agamais, Sejahtera dan Berbudaya”.
Hadirin yang berbahagia;

Dalam waktu dekat, kita akan melangsungkan Pemilihan Legislatif dan Presiden. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Paser menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar turut serta mensukseskan dan menjaga keamanan dan ketertiban daerah kita. Mari kita pelihara rasa persaudaraan, kebersamaan dan kerukunan baik umat seagama maupun antar umat beragama. Karena dengan modal rasa aman dan nyamanlah kita semua dapat menjalankan roda pemerintahan, perekonomian dan segala aspek kehidupan dan tentu saja dalam beribadah.

Bapak/Ibu serta hadirin sekalian yang saya hormati,

Dan tak lupa, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya ucapkan Selamat Hari Lahir Nadatul Ulama ke-88. Semoga dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Paser.

Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Habib Umar Al Mutthohar di Bumi Daya Taka dengan motto kami yaitu “Paser Buen Kesong” yang artinya “Paser Berhati Baik”. Berkenan kiranya nanti Habib  dapat memberikan siraman rohani dan pencerahan bagi kami semua.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, bimbingan dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga apa yang kita lakukan, kita dharma bhaktikan bagi kepentingan kehidupan dan penghidupan masyarakat  dan merupakan ladang amal sholeh kita, yang senantiasa mendapatkan rahmat, ridho, barokah serta magfirah dari Allah SWT.  Aamiin yarabbalallamin.

Sekian , terimakasih.

Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER12343

TTD

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SILATURAHIM

PEMKAB PASER DENGAN

TIM OBSERVASI  TENTANG DOB

KABUPATEN PASER SELATAN

 

Tana Paser, 21 FEBRUARI 2014

 

 

”Assalamualaikum wr. Wb.”

Yth. Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth. Kapolres Paser;

Yth. Dandim 0904/TNG;

Yth. Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Grogot;

Yth. Kepala Pengadilan Negeri  Tanah Grogot;

Yth..Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot;

Yth. Para Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten     

       Paser;

Yth..Tim Observasi Lapangan dari Kementrian Dalam Negeri,

yang didampingi pemerintah provinsi Kalimantan Timur;

Yth.    Tim Sukses Pembentukan Kabupaten Paser Selatan, serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta hadirin sekalian yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan;

Pertama – tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada malam ini kita masih dapat bersilaturahim dalam keadaan sehat walafiat.

Selanjutnya salawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah kepada alam yang terang benderang.

Hadirin dan undangan sekalian yang saya hormati,

          Kabupaten Paser sedang  memacu pembangunannya di segala bidang. Percepatan pembangunan hingga ke pelosok desa pun menjadi perhatian. Apa yang dimiliki di ibukota kabupaten diupayakan juga dimiliki di kecamatan atau desa, seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan transportasi,  sarana air bersih, listrik, rumah layak huni serta pemberdayaan ekonomi.

Alhamdulillah, ditengah masyarakat yang cukup heterogen, Kabupaten Paser tergolong daerah yang aman, rukun, damai dan bebas konflik. Kami memiliki motto “Paser Buen Kesong” yang Paser artinya menunjukkan nama daerah, Buen artinya Baik, dan Kesong artinya Jiwa atau Perasaan. Jika dirangkai menjadi sebuah kalimat secara keseluruhan maka artinya menjadi “Paser Berhati Baik”. Motto ini tentunya memiliki maknanya yang cukup dalam.

Hadirin sekalian yang saya berbahagia,

Pemekaran wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan. Dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

Dengan telah diparipurnakannya Daerah Operasi Baru Paser Selatan oleh DPRD Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 18 Februari 2014 maka ini merupakan energi untuk proses selanjutnya hingga terbitnya undang-undang mengenai Kabupaten Paser Selatan.

Untuk itu, saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Paser mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tim Observasi Lapangan dari Kementrian Dalam Negeri yang telah berkenan hadir, meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya demi masyarakat Kabupaten Paser. Sungguh ini bagaikan oase di padang pasir bagi kami yang mendambakan penghidupan dan kehidupan yang sejahtera.

Hadirin dan undangan yang saya

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini.

Semoga apa yang kita upayakan ini, mendapat berkah dan ridha dari Allah SWT serta selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahi Taufiq walhidayah,

Wassalamualaikum wr. Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN PADA ACARA

SILATURAHMI DAN RAPAT BERSAMA ANTARA           MUSPIDA, PARA KEPALA SKPD, DENGAN FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT(FKDM), FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB), FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN (FPK), MUSYAWARAH PIMPINANAN DAERAH DAN KEPALA SKPD

 

Tana Paser, 26 FEBRUARI 2014

 

 

”Assalamualaikum wr. Wb.”

Salam Sejahtera untuk kita Semua,

Yth. Unsur Musyawarah   Pimpinan Daerah Kabupaten Paser;

Yth. Sekretaris Daerah dan Para Asisten di lingkungan

      Sekretariat Daerah Kab. Paser;

Yth. Para Kepala Dinas, Badan, Kantor, Kepala Bagian dan

      Camat se Kabupaten Paseraten Paser;

Yth. Ketua dan Segenap Pengurus  Pengurus Forum

       Kewaspadaan Dini Masyarakat Forum Kerukunan Umat

       Beragama, Forum Pembauran Kebangsaan, Tim Kominda;

 

Hadirin Serta Peserta rapat yang berbahagia,

Mengawali pertemuan ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan ridho-Nya kita dapat berkumpul bersama ditempat ini dalam keadaan sehat  wal’afiat untuk bersilaturahmi dan melaksanakan  rapat bersama antara Muspida, SKPD dengan  beberapa Forum yang di fasilitasi oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser.

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Baginda Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga dan para sahabat, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala perpecahan, dieratkan tali persatuan dan persaudaraan guna menuju kesejahteraan untuk kita semua. Aamiin allahumma aamiin.

Hadirin yang berbahagia,

          Salah satu tugas dan fungsi Pemerintah Daerah melalui  Kantor Kesatuan Bangsa dan politik adalah untuk penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Daerah dibidang pengelolaan, koordinasi dan fasilitasi pembinaan Kesatuan Bangsa dan Politik.

          Berkaitan dengan fungsi tersebut, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan Kebijakan  menerbitkan Peraturan Bupati Paser Nomor 4 tahun 2012 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Kabupaten Paser, Peraturan Bupati Paser Nomor 27 tahun 2013 tentang  Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Paser. Surat Keputusan Bupati Paser Nomor 300/Kep-33/2012 tentang Pembentukan Tim Komunitas Intelijen Daerah Kabupaten Paser, SK Bupati Paser Nomor 223/Kep-35/2012 tentang Pembentukan Forum Kerukunan Umat beragama Kabupaten Paser.

           FKDM, FKUB, FPK dan Kominda  adalah suatu forum komunikasi dan koordinasi antara unsur utama elemen–elemen  masyarakat  dan aparatur yang dibentuk dan di fasilitasi dan untuk membantu tugas - tugas Pemerintah  pada penyelesaian persoalan–persoalan kemasyarakatan yang akan dan timbul ditengah–tengah masyarakat.

          Peran FKDM, FKUB, FPK dan Kominda sebagai Organisasi  yang dibentuk berdasarkan Peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah  diharapkan memberikan kontribusinya sebagai  penghubung antara masyarakat  dengan Pemerintah Daerah untuk lebih  dioptimalkan lagi perannya supaya keberadaannya lebih bermanfaat bagi Pemerintah dan masyarakat luas.

Pemerintah Daerah terus memberdayakan dengan memfasilitasi     serta     menyediakan     anggaran    4 (empat) tahun terakhir ini melalui Anggaran Operasional Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser. Memang tahun ini sebagian besar anggaran Operasional SKPD mengalami penurunan mengingat ada beberapa Prioritas Pembangunan Infrastruktur dalam  kurung 2 tahun masa jabatan terkhir saya harus segera dituntaskan. Untuk itu anggaran operasinal Forum yang yang melekat pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser yang belum masuk dalam anggaran murni tahun 2014 agar diusulkan untuk  dimasukkan dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan  Taun 2014. Saya ingatkan panitia anggaran agar diakomodir, untuk itu kepada forum agar tetap melaksanakan tugas dan fungsinya seperti biasa dalam membantu pemerintah mewujudkan rasa aman, tenteram, rukun dan damai ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Paser.

Hadirin  Yang  berbahagia,

Sehubungan dengan itu maka kedepan perlu diadakan pertemuan-pertemuan seperti ini  selain dalam rangka mempererat silaturahmi, soliditas dan solidaritas antara Pemerintah Daerah melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik  dengan Pengurus FKDM, FKUB, FPK dan Kominda juga sekaligus tukar menukar informasi yang dapat dijadikan solusi untuk menyelesaikan persoalan yang dianggap krusial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Karena itu saya mengharapkan pula agar melalui beberapa forum ini dapat disamakan visi dan misi serta persepsi para Pengurus dan anggota dalam menjalankan fungsi organisasi dilapangan selain itu mensinergikan sekaligus sebagai upaya pemberdayaan pengurus.

Terkait dengan itu, perlu saya ingatkan bahwa dalam waktu tidak lama lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi berupa Pemilihan Umum anggota Legislatif DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tanggal 9 April 2014. Setelah itu, disusul dengan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tanggal   9 Juli 2014. Sebab itulah saya menilai Silaturahmi dan Rapat bersama ini sebagai momentum bagi jajaran pengurus forum untuk melakukan koordinasi terkait berbagai hal yang mungkin dapat terjadi dan segera dicari upaya pencegahan sehingga pesta demokrasi ditingkat Kabupaten, Kecamata, Desa dan Kelurahan dapat berjalan aman, damai tertib dan lancar.

Perbedaan pandangan, dukungan dan pilihan tidak bisa dihindari, baik secara perorangan maupun kelompok, sehingga perlu kewaspadaan dari semua warga masyarakat agar perbedaan tersebut tidak berkembang lebih besar dan berdampak negatif bagi ketenteraman, kedamaian daerah yang terpelihara sangat baik, sehingga pembangunan di Kabupaten Paser dapat berjalan  sesuai dengan harapan kita semua.

Akhirnya dengan memperhatikan peran dan posisi  FKDM FKUB, FPK dan Kominda untuk membantu Pemerintah dalam upaya mewujudkan rasa aman, tenteram, rukun dan damai bagi masyarakat Kabupaten Paser. Untuk itu Pemerintah Daerah mengucapkan penghargaan dan ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya atas pengabdian yang diberikan kepada daerah. 

Hadirin yang saya hormati,

          Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, semoga saudara-saudara dapat mengikuti acara rapat bersama  antara beberapa forum, dengan unsur Muspida dan  para Kepala SKPD terkait dengan harapan akan terjadi sinergitas dengan para SKPD dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sekian, terima kasih,

Wabillahi taufik wal hidayah,

Summassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

BUPATI  PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

Fri, 13 Jun 2014 @09:20
Tags: df

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved