Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2013

image

Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) merupakan media pertanggungjawaban atas keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Paser selama Tahun 2013, media ini juga dipakai sebagai umpan balik pengambilan keputusan pihak-pihak terkait dalam melakukan introspeksi dan refleksi untuk membuat langkah-langkah perbaikan dimasa-masa mendatang. LAKIP Kabupaten Paser tahun 2013 merupakan LAKIP tahun keempat pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Paser 2011-2015.

 

LAKIP Kabupaten Paser disusun sesuai dengan KepLAN 239 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang merupakan gambaran Kinerja Kabupaten Paser Tahun 2013 temasuk evaluasi dan analisis terhadap kinerja pencapaian sasaran dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2013.

 

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) disusun sebagai wujud pertanggungjawaban dalam pencapaian misi dan tujuan instansi pemerintah, serta dalam rangka perwujudan good governance. Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran tingkat pencapaian sasaran maupun tujuan instansi pemerintah sebagai jabaran dari visi, misi dan strategi instansi pemerintah yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan. Dengan tersusunnya LAKIP Kabupaten Paser ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kinerja yang telah dicapai di tahun 2013 dan bermanfaat sebagai penjabaran pelaksanaan pemerintahan di tahun berikutnya.

 

Dalam Perjanjian Kinerja Tahun 2013 ditetapkan 13 Sasaran Strategis Kabupaten Paser yang harus dicapai selama tahun 2013. Dari 13 sasaran  strategis,1 sasaran dikategorikan cukup berhasil, 5 sasaran dikategorikan berhasil, dan 7 sasaran dikategorikan sangat berhasil. Sasaran ke 6 yakni Meningkatnya Pelayanan Pendidikan Dasar yang Bermutu dan Merata dengan kinerja paling tinggi, dan sasaran ke 4 yakni Peningkatan Peran Koperasi dan Peningkatan Keterampilan Masyarakat dengan kinerja paling rendah. Secara kumulatif atau rata-rata seluruh pencapaian sasaran ada pada skala ordinal 88, dengan kategori Sangat Berhasil. Dalam mengukur pencapaian sasaran strategis tahun 2013 sesuai Perjanjian Kinerja dengan menggunakan  sebanyak  94 indikator kinerja, dan 69 diantaranya merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU).

 

Dari 94 indikator yang digunakan untuk melakukan pengukuran, beberapa indikator yang perlu perhatian untuk perbaikan pencapaian pada tahun mendatang yang mencapaiannya masih dibawah lima puluh prosen adalah :

1.    Tersedianya bibit unggul tanaman padi dan palawija serta bibit unggul tanaman di setiap sentra produksi pertanian yang baru mencapai 9%

2.    Tersedianya bibit unggul ternak di setiap sentra produksi pertanian yang baru mencapai 5%

3.    Meningkatkan produktivitas hasil perikanan budidaya produktivitas budidaya laut yang baru mencapai 13%

4.    Peningkatan penyerapan tenaga kerja UKM dan usaha mikro yang baru mencapai 43%

5.    Persentase koperasi yang mendapatkan penilaian baik baru mencapai 40%

6.    Persentase peningkatan koperasi yang usahanya meningkat baru mencapai 46%

7.    Berkembangnya jenis dan skala koperasi yang baru mencapai 17%

8.    Menurunnya angka kematian ibu yang minus 13% dari target 118/100.000 dengan realisasi 251,6/100.000

9.    Rasio guru terhadap murid SD/SMP/SMA yang baru mencapai 33%

10.  Kepemilikan akta kelahiran per 1000 penduduk baru mencapai 34%

11.  Persentase rumah tangga pengguna air bersih baru mencapai 21%

12.  Rasio aparat trantib terhadap jumlah penduduk yang baru mencapai 0,05%

13.  Rasio petugas penyuluh lapangan KB di setiap desa dan kelurahan yang baru mencapai 6%

14.  Ruang terbuka hijau per satuan luas wilayah ber HPL/HGB yang baru mencapai 0,04%

 

Permasalahan terkait dalam pelaksanaan AKIP di Kabupaten Paser, Selain permasalah teknis ditingkat SKPD dalam penyusunan LAKIP Kabupaten, beberapa kendala yang secara umum adalah ketergantungan dalam pengumpulan data kinerja yang mana supply data masih tersendat. Hal ini disebabkan belum semua SKPD memiliki sistem pengumpulan data kinerja yang memadai, selain itu masih adanya mutasi petugas yang membidangi penyusunan LAKIP sehingga menyulitkan dalam penyusunan LAKIP di daerah, mengingat dalam mewujudkan kualitas LAKIP seorang petugas LAKIP dituntut memiliki kompetensi pemahaman tentang SAKIP, memiliki pemahaman tentang Renstra, memiliki pemahaman tentang Renja SKPD, memahami AKIP dalam siklus perencanaan dan penganggaran daerah, memahami pemahaman bagaimana menyusun indikator kinerja yang baik, dan tentu saja memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menyusun LAKIP itu sendiri. Dan ini semua butuh proses butuh waktu yang tidak sebentar untuk membentuk atau mendidik petugas LAKIP yang mumpuni.

 

Dalam rangka berakuntabilitas yang baik, dalam hal ini Pemerintah Daerah melakukan upaya-upaya antara lain menyusun Indikator Kinerja Utama, melakukan review renstra, melakukan review RPJMD, mendiklatkan petugas yang terkait dengan perencanaan dan penganggaran secara berkala, diklat renstra dan SAKIP. Hampir seluruh SKPD telah membuat SOP penyusunan LAKIP.

 

Akhirnya secara umum dapat disimpulkan bahwa pencapaian sasaran strategis yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten PaserTahun 2011-2015, dan khususnya untuk tahun 2013 yang juga dituangkan dalam Penetapan Kinerja Kabupaten Paser Tahun 2013 dapat dipenuhi sesuai dengan harapan. Terhadap indikator kinerja yang capaiannya belum memenuhi target yang telah ditetapkan, harus diakui sebagai kekurangan dan kelemahan yang harus menjadi motivasi untuk memperbaiki lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

 

 

 

 

Fri, 28 Mar 2014 @22:28

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved