Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Kasubdi Laut dan GM Pelindo IV Akui Kegigihan Bupati Paser M Basir: Pak Bupati Punya Semangat Luar Biasa Majukan Paser

image

TANA PASER Kasubdin Angkatan Laut Dalam Negeri Dirjen Perhubungan Laut RI Dody Triwahyudi mengakui kegigihan dan perjuangan Pemkab Paser dalam hal ini Bupati Paser HM Ridwan Suwidi, sehingga PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah  mengoperasikan Kapal Motor (KM) Binaiya melintasi Pelabuhan Pondong Tana Paser.

“Hanya hitungan singkat setelah pelabuhan Pondong melayani kedatangan peti kemas,  Dirjen Perhubunan laut menugaskan  PT Pelni  membuka rute pelayaran Paser di Pelabuhan Pondong dengan tujuan Baru, Batu Licin dan Surabaya. Selamatkepada pak Bupati dengan uji coba ini. Bulan April baru trayek ditetapkan,” katanya saat memberikan sambutan di sela pelayaran perdana KM Binaiya ke Pelabuhan Pondong Minggu (16/2) kepada Bupati.

Menurut Dody,  untuk dermaga tidak ada permasalahn karena memang sudah beroperasi, tinggal melengkap rambu-rambu kapal, sehingga saat kapal memasuki alur menuju dermaga, tidak ada aktifititas nelayan dan pembenahan fasilitas terminal penumpang. “Yang jelas, kehadiran KM Binaiya di Tana Paser ini patut kita apresiasikan, karena hanya dalam waktu singkat dengan upaya yang sangat aktif oleh Pemkab Paser melalui  Dirjen Laut dan diteruskan ke  PT Pelindo dan PT Pelni, hari ini KM Binaiya resmi beroperasi,” katanya memuji.

 Selain itu  General Manager (GM) Pelindo Cabang  IV Balikpapan M Basir juga  memuji  upaya –upaya dan langkah-langkah Bupata Paser untuk mewujutkan pelabuhan Pondong sebagai pelabuhan untuk melayani angkutan penumpang dan peti kemas. Bahkan saat itu katanya, Bupati yang langsung turun tangan,  akhirnya disepakati melalui MoU di kota Makasar bersama PT Pelindo. “Pak Bupati memang luar biasa, dan tidak ada Bupati seperti beliau yang punya semangat luar biasa memajukan dan mensejahterakan rakyat Paser,” katanya.

Dikatakan M Basir, PT Pelindo melihat pelabuhan Pondong punya potensi luar biasa, tidak hanya  akan dijadikan hub bagi daerah di sekitar kabupaten yang terletak di ujung selatan Kalimantan Timur ini. Tapi keberadaan pelabuhan ini diyakini bisa memangkas jalur distribusi yang 
selama ini mengandalkan pasokan dari Banjarmasin melalui jalur darat. 

“Volume pertumbuhan kapal pun diyakininya bakal meningkat dalam waktu cepat karena letaknya yang strategis. Selain itu, komoditas perkebunan yang menjadi andalan bagi Kabupaten Paser bisa menjadi faktor penarik minat kapal yang datang. "Jadi hampir semua kapal yang singgah saat kembali tetap memperoleh muatan. Kemarin yang diangkut cangkang  sawit," tukasnya  saat menceritakan krologi terwujutnya KM Binaiya di Pelabuhan Pondong dalam sambutanya.

Selain untuk efisiensi distribusi barang, Pelabuhan Pondong juga bisa menekan biaya perjalanan penumpang yang berada di wilayah sekitarnya. Selama ini, katanya, penumpang yang berada di sekitar Kabupaten Paser harus menuju Balikpapan atau Batu Licin untuk dapat menggunakan angkutan laut menuju luar Kalimantan. 

 

"Ini akan menekan kepadatan penumpang di Pelabuhan Semayang saat peak season, sehingga tidakk harus berdesakan ketika naik ke kapal, karena selam ini kita prihatin, tiga hari kapal mau berangkat, warga Paser sudah ada di Pelabuhan, dan  Pembukaan rute dari Paser diharapkan dapat mengurangi konsentrasi penumpang di Pelabuhan Semayang hingga 30 persen,” bebernya. (psr9)

Mon, 24 Feb 2014 @12:31


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+3+1

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved