Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Waspadai DBD, 1 Warga Meninggal Dunia dr Ainun: Galakkan Gerakan 3 M

image

TANA PASER Bulan  ini di Kabupaten Paser, khusus di Kota Tana Paser  sudah memasuki musim penghujan. Maka, sudah sepatutnya untuk waspada dan berhati-hati. Beragam jenis penyakit bakal mengiring, satu di antaranya adalah demam berdarah (DBD).

Untuk itu menurut Kepala Puskesmas Tana Paser dr Ainun Zariyah,  warga di himbau waspada dan menjaga kebersihan lingkungan agar jentik-jentik nyamuk aedes aegypti penyebab DBD tidak berkembang.

"Sudah tercatat 9 orang warga kita terserang DBD,dan  kasus penyebaran terjadi mulai akhir Desember hingga saat ini, dan terakhir 1 orang telah meninggal dunia, yaitu  warga Jl Bhayangkara kota Tana Paser,” ungkap Ainun Zariyah.

Namun lanjut Ainun, selain fogging, untuk memberantas nyamuk Aedes Aegypti yang lebih efektif adalah memberantas jentik-jentik ditempat kerkembang biaknya dengan gerakan 3M.“Tempat –tempat berkembang biaknya nyamuk terdapat di rumah-rumah dan tempat-tempat umum, maka setiap keluarga harus melaksanakan 3M secara teratur, sekurang-kurangnya seminggu sekali,” himbaunya.

Dikatakannya, agar lebih lengkap, setiap keluarga dianjurkan untuk melaksanakan 3M plus dirumah dan dihalaman-halaman dengan melibatkan seluruh keluarga. Caranya dengan menguras bak mandi sekurang-kurangnya seminggu sekali, menutup rapat-ralat tempat penampungan air, mengganti air vas bunga atau tanaman air seminggu sekali.

Selanjutnya mengganti air tempat minum burung, menimbun barang-barang bekas yang dapat menampung air, menabur bubuk abate atau altosid pada tempat-tempat penampungan air yang sulit dikuras dan  memelihara ikan ditempat-tempat penampungan air.

 

“Sedangkan untuk plus alias gerakan tambahan agar terhindar dari gigitan nyamuk, yakni memasang kelambu pada tempat tidur, memakai lation anti nyamuk atau semprot isektisida atau obat nyamuk,” jelas  Ainun. Seraya berharap idealnya gerakan 3M harus serentak dilaksanakan warga,  karena nyamuk bisa berpindah tempat hingga jarak 200 meter dari asalnya. (psr9)

Mon, 24 Feb 2014 @12:22


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved