Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Misi Selamatkan Dari Kepunahan

TANA PASER  Tanggiling merupakan salah satu hewan di Kabupaten Paser akhirnya ditetapkan sebagai maskot Kabupaten Paser. Satwa yang terancam kepunahan dari habitatnya di wilayah Kalimantan, khususnya di Kabupaten Paser ini terpilih,  setelah ditetapkan sebagai pemenang pertama lomba maskot oleh dewan juri yang diketuai Sri Sahid  dari  Istitut Seni Indonesia (ISI) Jogyakarta.
 
Yang menarik, maskot Tranggiling (Manis javanika) karya Rafi Hadi, pria kelahiran Tana Paser  tampil dengan warna ungu dengan dilengkapi  tas anjak dari rotan serta bendera bertuliskan “Aku Bangga Kabupaten Paser, Aku Bangga Tana Paser. Padahal,  warna alami hewan  ini berwarna coklat.
Selain itu,  maskot yang akan menjadi duta hewan endemic  yang ada di Kabupaten Paser ini juga dilengkapi dengan tulisan Aku Cinta Paser atau disingkat Acipa.
 
Menurut Rafi Hadi, alasan memilih Tranggiling, karena sejauh ini belum pernah dijadikan maskot di daerah manapun di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.
Terkait maskot Piala Dunia 2014 yang mirip tranggiling, diakui bukan Manis javanika  yang ada dan sering ditemui di hutan Kalimantan.
 
“Maskot Piala Dunia 2014 bukan Tranggiling yang ada di Kalimantan khususnya di Paser, melainkan hewan andemik Brazil, yaitu Tranggiling beruas tiga,” kata Rafi dihadapan dewan juri serta ribuan warga yang memadati arena acara.
 
Saat ini, Tranggiling di Kalimantan, khususnya Tranggiling yang hidup di wilayah Paser sudah terancam punah karena sering diburu untuk jual mengingat harganya yang relatif tinggi. “Tranggiling di Paser sering ditemukan di pucuk-pucuk pohon di dalam hutan  atau berada di dekat sarang semut,” jelasnya. (hms)

Sun, 10 Nov 2013 @11:16
Tags: humaspro

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved