Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

Bupati Tinjau Korban Kebakaran Pasir Mayang

image

Bupati Tinjau Korban Kebakaran Pasir Mayang

Pemkab Bantu Membangun Rumah Korban

TANA PASER – Kemeriahan peringatan 1 Muharram 1435 Hijriyah, Senin (4/11) mendadak diliputi suasana keprihatinan. Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Paser Masud Leman selaku penyelenggara pawai taaruf menyambut tahun baru Islam berkali-kali menginformasikan musibah kebakaran di Desa Pasir Mayang Kecamatan Kuaro.

“Kita dapat kabar bahwa di Pasir Mayang terjadi musibah kebakaran. Puluhan rumah warga di sana hangus terbakar. Pak Bupati ( HM Ridwan Suwidi) tak bisa bertahan lebih lama bersama kita. Beliau ingin segera menuju ke lokasi kebakaran di Pasir Mayang,” Masud mengumumkan melalui pengeras suara.

Tak lama kemudian, Ridwan Suwidi bersama Wakil Bupati HM Mardikansyah SH MAP, Kapolres Paser AKBP Irwan SIK, Kasdim 0904/TNG, dan Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot meluncur. Sampai di Desa Pondong mereka menyeberangi perairan Teluk Adang dengan speed boat Polres Paser dan PT Kideco Jaya Agung, akhirnya sampai di Pasir Mayang menjelang senja.

Melihat bekas permukiman masyarakat Pasir Mayang yang luluh lantak, raut wajah Ridwan tampak sedih dan berulang kali menyampaikan turut prihatin. “Yang sabar dan tabah,” kata Ridwan setiap berjumpa dengan korban kebakaran.

Untuk membantu meringankan beban penderitaan, Pemkab Paser akan membantu pembangunan rumah untuk para korban. Rumah yang akan dibangun diseragamkan berukuran 5 meter x 6 meter. Satu lajur rumah menghadap ke hilir, semuanya menghadap ke hilir, atau sebaliknya.

“Semua rumah yang terbakar segera kita bangunkan dengan kualitas rumah layak huni. Semua diseragamkan sekaligus ditata lebih rapi sehingga terhindar dari kesan kumuh. Jangan sampai ada yang menghadap ke hulu, ada yang menghadap ke hilir,” ucapnya.

Ridwan juga berpesan agar jarak antar rumah yang dibangun diperlebar. “Saya minta Pak Camat supaya melakukan pendataan dengan cepat. Kalau ada kekurangan bantuan tanggap darurat, segera laporkan ke BPBD dan petugas kesehatan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Mayang Agus Salim melaporkan ada 72 rumah yang hangus terbakar di RT 4, RT 5 dan RT 10. Api mulai berkobar sekira pukul 11.30, tapi karena saat kejadian kondisi perairan sedang surut, sehingga api baru bisa dipadamkan empat jam kemudian.

“Jumlah korban jiwa belum terdata secara keseluruhan. Perhitungan sementara lebih 300 jiwa kehilangan tempat tinggal. Banyak korban yang tidak sempat menyelamatkan barang berharga milik mereka. Yang tersisa hanya pakaian yang menempel di badan,” tuturnya.

 

Karena banyak warga Pasir Mayang yang kehilangan tempat tinggal, untuk sementara sebagian dari mereka ditampung di tenda yang disiapkan BPBD Paser. “Sebagian lagi ditampung di pasar desa, rumah saudara. Api juga menghanguskan jalan penghubung (jembatan kayu), sehingga akses dari RT 5 ke RT 10 terputus,” tambahnya. (Tribun Kaltim)

Wed, 6 Nov 2013 @12:29


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+5+4

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved