Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

PIDATO BUPATI PASER BULAN FEBRUARI TAHUN 2013

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SERAH TERIMA PANJI, TROFI DAN PIAGAM PENGHARGAAN BAGI SKPD DAN ORGANISASI YANG MERAIH PRESTASI PADA HUT KE 56 PROVINSI KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2013

TANA PASER, 1 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.       Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.       Para Instansi dan Organisasi peraih prestasi;

Hadirin serta undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas  perkenan dan ridho-Nya, kita semua dapat berkumpul ditempat  ini  pada acara serah terima penghargaan bagi SKPD dan Organisasi yang telah meraih prestasi pada HUT 56 Kalimantan Timur tahun 2013.

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah dan sengaja diutus untuk menyelamatkan umat manusia dengan memberi suri tauladan dengan akhlaknya yang mulia hingga sekarang dan sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Saya ingin mengungkapkan rasa kegembiraan, kebahagiaan dan kebanggaan saya karena dapat bertemu lagi dan bertatap muka langsung dengan Bapak Ibu semua yang telah mampu mengharumkan nama Kabupaten Paser ditingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh SKPD maupun Organisasi yang telah bekerja keras menyumbangkan tenaga, pemikiran dan ide-ide kreatifnya sehingga Kabupaten Paser dapat membuktikan bahwa kita juga mampu menghasilkan karya-karya yang berguna bagi daerah dan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia,

Penghargaan ini bukanlah sebagai tujuan akhir namun lebih sebagai bentuk motivasi untuk dapat berbuat lebih baik lagi, lebih bermanfaat dan dapat dirasakan lebih luas  oleh seluruh masyarakat.

Jadikanlah momen ini sebagai tolak ukur yang standart dan ke depannya harus mendapat poin  atau nilai lebih sehingga Kabupaten Paser mendapat pengakuan atas keseriusan dan pengabdiannya dalam membangun Paser.

Kiranya demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga Pengabdian dan darma Bhakti kita semua selalu mendapat bimbingan dan ridho dari Allah SWT.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI PERATURAN PEMERINTAH

NOMOR   7 TAHUN 2013 TENTANG PERUBAHAN NAMA IBUKOTA KABUPATEN PASER DARI TANAH GROGOT MENJADI TANA PASER

 

Tanah Grogot, 4 Februari 2013

 

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Assalamu ‘Álaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

Yth. Saudara Ketua, Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Kabupaten

Paser;

Yth.     Saudara Wakil Bupati Paser;

Yth.     Rekan - rekan MUSPIDA beserta Ketua Pengadilan Negeri dan

  Pengadilan Agama Tanah Grogot;

 

Yth.       Bapak/Ibu dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia;

 

Yth. Sekretaris Daerah beserta para   Asisten dan Kepala Satuan Kerja

        Perangkat Daerah di lingkungan   Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth. Camat, Lurah dan Kepala Desa    se-Kabupaten  Paser yang

         berkenan hadir;

 

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Sebagai insan beragama, yang selalu ingin mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT, maka sudah sepantasnyalah hari ini kita mengucapkan syukur yang tiada terhingga kepada illahi yarabbi,   atas perkenan-Nya kita bisa bertemu di tempat ini, dalam rangka penyerahan Peraturan Pemerintah Nomor  7 Tahun 2013 Tentang Perubahan Nama Ibukota Kabupaten Paser Dari Tanah Grogot Menjadi Tana Paser.

 

Salawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan syafa’atnya, kita dilepaskan dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin Yang Kami Hormati ,

            Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Paser yang bermotto “Paser Buen Kesong, Paser Berhati Baik”. Kabupaten Paser dengan jumlah penduduk 230.000 jiwa ini terdiri dari 10 kecamatan dengan 139 desa. Penyumbang Pendapatan Asli Daerah terbesar pada sektor pertambangan dan perkebunan.

Hadirin Yang Berbahagia,

  “Untuk sebuah kebaikan dan kemajuan, jangan takut terhadap perubahan”. Inilah sebuah kalimat manjur bagi masyarakat yang pola pikir dan gerak dinamis, apalagi jika perubahan tersebut didasari aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan. Salah satunya adalah perubahan Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser. Perubahan ini dilandasi latar belakang sejarah, bahwa di wilayah ini terdapat sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Paser. Berdasarkan aspirasi tersebut, Bupati Pasir melalui surat nomor 568/T.Praja.2/XI/2005 tanggal 23 November 2005 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasir menyampaikan permohonan persetujuan perubahan nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser yang kemudian disikapi dengan memberikan persetujuannya melalui Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasir Nomor 25 tahun 2006 tanggal 18 Desember 2006 tentang Persetujuan Perubahan Nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser. Akhirnya, terbitlah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 tentang Perubahan Nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian seiring perkembangannya, muncul aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan nama ibukota Kabupaten Paser yaitu Tanah Grogot menjadi Tana Paser.

Jika William Shakespeare mengatakan apalah arti sebuah nama, maka saya mengatakan bahwa nama sarat mengandung makna, doa dan harapan.

Tana Paser mengandung filosofi suatu harapan yang lebih baik dari masyarakat Kabupaten Paser dalam kehidupan yang terang benderang, cemerlang dan kemilau menuju masyarakat agamais, sejahtera dan berbudaya.

Selain itu, kami tidak ingin melupakan sejarah tanah kelahiran kami ini, tanah tempat kami hidup dan dibesarkan. Tana Paser mengandung arti “Tanah” adalah tempat hidup dan kehidupan, sedangkan Paser terdiri dari dua suku kata yaitu “Pa” yang berarti terang benderang, cemerlang, kemilau. Dan kata “Ser” artinya mempunyai keinginan, kemauan, harapan dari hati yang paling dalam.

Hadirin Yang Berbahagia,

            Tahun 2013 ini merupakan tahun kebangkitan bagi Kalimantan Timur dan tentu saja bagi Kabupaten Paser. Pada HUT ke-53 Kabupaten Paser pada 29 Desember 2012 baru-baru ini, ada lima simbol kemajuan yang baru saja diresmikan penggunaannya. Yaitu Rumah Sakit Umum Panglima Sebaya dengan kualifikasi C Plus, Grand Sadurengas Hotel yang merupakan hotel bintang tiga pertama di Kabupaten Paser, Telaga Ungu yang berada persis di depan Rumah Sakit dan Hotel. Kemudian Terminal Kota dan terakhir Jembatan Kendilo Putri Paser.

Harapan kami tentu tidak berakhir di lima infrastruktur ini, masih banyak infrastruktur lainnya yang ingin kami bangun di Bumi Daya Taka ini, seperti Gedung Olahraga yang representatif untuk melakukan pembinaan kepada atlet-atlet Paser yang akan dan telah menoreh prestasi gemilang dari tingkat provinsi, nasional dan internasional. Seperti pesepak bola Yoan Saputra yang telah berlatih di Barcelona, Spanyol dan meraih posisi keempat dari 20 orang se-dunia. Perenang Zakiyah meraih medali perunggu di Thailand.                               

Jika Gedung Olahraga ini terbangun, ini akan menjadi sebuah bentuk kasih sayang Pemerintah Kabupaten Paser terhadap putri-putri Paser.

            Islamic Center pun menjadi agenda kami. Fasilitas ini masih dalam tahap perencanaan. Namun sebelumnya, suprastruktur telah kami siapkan. Paser telah memiliki Dai-dai Pembangunan di 139 desa di Kabupaten Paser setelah sebelumnya mereka diberikan beasiswa pendidikan untuk menimba ilmu di Sekolah Tinggi Agama Islam As Sa’adiyah jurusan Syariah, Aqidah dan Ahwalus Syahsyiah.

Hadirin Yang Berbahagia ,

            Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah  Nomor 7 Tahun 2013 tentang Perubahan Nama Ibukota  Kabupaten Paser Tanah Grogot menjadi Tana Paser.

            Besar harapan kami bahwa dengan perubahan ini dapat menjadi penyemangat baru untuk meningkatkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Paser.

Hadirin Sekalian yang saya muliakan,

Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu dari    Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia yang telah berjuang bersama kami untuk terwujudnya peraturan pemerintah ini.  Kehadiran Bapak/Ibu dan saudara sangat memberikan arti dan manfaat sebagai mana tujuan dari pada pertemuan kita pada hari ini.

Akhirnya kepada Allah jualah semua kita pasrahkan, “lahaulla wallakuata illabillahil aliyiladziem”, dengan segala ikhtiar dan doa kita berharap  semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, bimbingan dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga apa yang kita lakukan, kita dharma bhaktikan bagi kepentingan kehidupan dan penghidupan masyarakat  dan merupakan ladang amal sholeh kita, yang senantiasa mendapatkan rahmat, ridho, barokah serta magfirah dari Allah SWT.  Aamiien yarabbalallamien.

AKU BANGGA KABUPATEN PASER

AKU BANGGA TANA PASER

Wabillahitaufik walhidayah

Wassalamu’alaikum wr. wb.

BUPATI PASER

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA PENANDATANGANAN MoU KERJASAMA ANTARA PEMERINTAH KABUPATEN PASER DAN PENGADILAN NEGERI TANAH GROGOT PERIHAL PELAKSANAAN SIDANG KELILING BAGI PEMOHON AKTA KELAHIRAN YANG MELAMPAUI BATAS WAKTU 1 TAHUN SEJAK TANGGAL KELAHIRANNYA

TANA PASER, 4 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.       Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth.       Wakil Bupati Paser;

Yth.       Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.       Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth.       Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.       Para Camat, Lurah dan Kepala Desa di seluruh Kab. Paser;

Hadirin serta undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas  perkenan dan ridho-Nya, kita semua dapat berkumpul ditempat  ini  dalam rangka  penandatanganan    MoU kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Paser  dengan Pengadilan Negeri Tanah Grogot perihal pelaksanaan sidang keliling  bagi pemohon akta kelahiran yang melampaui batas waktu 1 tahun sejak tanggal kelahirannya.

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah dan sengaja diutus untuk menyelamatkan umat manusia dengan memberi suri tauladan dengan akhlaknya yang mulia hingga sekarang dan sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Salah satu permasalahan dalam proses pencatatan kependudukan di Kabupaten Paser adalah cepatnya angka pertumbuhan penduduk yang seluruhnya masih belum dapat terakomodir karena terkendala luas waliyah dengan jumlah penduduk yang tersebar di pedesaan.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan sidang keliling yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Paser dapat membantu masyarakat umum untuk memperoleh penetapan tentang kelahiran dari Pengadilan Negeri Tanah Grogot berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006, sebagai dasar pencatatan data kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser hingga terbitnya Akta Kelahiran.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Paser terus berupaya memperhatikan kepentingan masyarakat dengan berdasarkan prinsip pelayanan prima terutama bagi masyarakat untuk dapat memperoleh pencatatan data kependudukan yang sah dan diakui negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun dasar hukum   pelaksanaan kegiatan sidang keliling adalah :

1.                  Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

2.                  Surat edaran Mahkamah Agung nomor 6 tahun 2012 tentang Pedoman Penetapan Pencatatan Kelahiran yang Melampaui Batas Waktu Satu Tahun Secara Kolektif, dan

3.                  Surat edaran Gubernur Kalimantan Timur tanggal 8  oktober 2012 perihal Penetapan Pencatatan Kelahiran yang Melampaui Batas Waktu Satu Tahun Secara Kolektif.

Hadirin yang berbahagia,

Sidang keliling akan dilaksanakan di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Paser, dan kegiatan sidang akan mengutamakan prinsif-prinsif profesionalisme dalam memberikan layanan hukum yang berkualitas, terjangkau, berbiaya rendah, dan mampu menjawab panggilan pelayanan publik.

Saya berharap dengan adanya kegiatan sidang keliling ini, seluruh masyarakat Kabupaten Paser dapat tercatat dalam data kependudukan dan seluruhnya juga telah memiliki Akta Kelahiran.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan, dengan harapan membawa manfaat bagi kita semua terutama warga masyarakat yang akan mendapatkan penetapan pencatatan kelahiran yang telah melampaui batas waktu tersebut.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                           H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI PENGANGGARAN DAN PELAKSANAAN PERJALANAN DINAS MENURUT PERMENDAGRI NO.16 TAHUN 2013 DAN PENYUSUNAN BIAYA OPERASIONAL SERTA BIAYA PENDUKUNG PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM YANG BERSUMBER DARI APBD MENURUT PERMENDAGRI NO.72 TAHUN 2012

TANA PASER, 5 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.       Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth.       Para Staf Ahli dan Para Asisten serta Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.       Para narasumber dan peserta sosialisasi;

Hadirin dan u ndangan sekalian yang saya banggakan;

Marilah kita semua memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas ijin dan anugerah-Nya semata kita semua berkesempatan hadir ditempat ini d alam acara Sosialisasi tentang Penganggaran dan Pelaksanaan Perjalanan Dinas Berdasarkan Prinsip Kebutuhan Nyata Menurut Permendagri No.16 Tahun 2013. Dan Sosialisasi tentang Penyusunan Biaya Operasional serta Biaya Pendukung Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum yang Bersumber dari APBD Menurut Permendagri No.72 Tahun 2012 .

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW yang telah membawa dan membimbing kita dalam menuju kesucian batin, hati dan pikiran terutama dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Hadirin yang berbahagia ,

Peraturan Menteri Dalam Negeri yang sebentar lagi akan kita bahas dan pelajari bersama-sama menurut saya sangat penting karena semua kegiatan yang kita laksanakan harus mengacu pada peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah, sehingga penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggung jawaban bendahara serta penyampaiannya menjadi lebih tertib administrasi terutama dalam rangka pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Peraturan Menteri Dalam Negeri ini akan sangat berguna terutama bagi seluruh pelaksana bendahara yang sehari-harinya bertugas untuk menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang daerah dalam pelaksanaan APBD di setiap SKPD atau unit kerjanya.

Patut kita syukuri, bahwa dengan adanya kedua Peraturan Menteri Dalam Negeri ini, selain sebagai payung hukum bagi Pemerintah terutama petugas-petugas keuangan di setiap instansi, juga mengatur rambu-rambu yang harus dipahami dan ditaati sepenuhnya sehingga bendahara dan pegawai lain yang sehari-hari berhubungan dengan keuangan daerah bisa terhindar dari jerat hukum yang kadang kala tidak disadari kedatangannya.

Untuk itu, saya berpesan marilah kita semua sama-sama serius mengikuti jalannya sosialisasi ini, semoga bisa memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kita terhadap tata kelola dan pertanggung jawaban keuangan daerah, baik yang menyangkut pelaksanaan kegiatan perjalanan dinas maupun kegiatan pengadaan tanah bagi pembangunan kepentingan umum.

Hadirin yang saya hormati.

D emikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini , kiranya bermanfa’at dan semoga segala pengabdian serta amal dan dharma bakti kita semua senantiasa mendapat bimbingan dan ridho dari Allah SWT, Amin . Dan dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”, Kegiatan Sosialisasi Permendagri No.16 Tahun 2013 dan Permendagri No.72 Tahun 2012 hari ini, Selasa, tanggal 5 Februari 2013 secara resmi saya nyatakan di mulai.

 

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                            H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MALAM RAMAH TAMAH BERSAMA KETUA PENGADILAN TINGGI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

TANA PASER , 6 FEBRUARI 201 3

 

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Yth.       Ketua Pengadilan Tinggi dan Hakim Tinggi Kalimantan Timur beserta rombongan ;

Yth.       Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Ketua DPRD dan Unsur Muspida Kabupaten Paser ;

Yth.       Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, dan Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser ;

H adirin dan undangan yang berbahagia.

Marilah kita semua pada kesempatan kali ini memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijin dan anugerah-Nya semata sehingga kita berkesempatan hadir pada malam ini dalam rangka silaturahmi dan ramah tamah bersama Ketua Pengadilan Tinggi dan Hakim Tinggi Kalimantan Timur beserta seluruh rombongan.

Tidak lupa s halawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW, dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang selalu istiqomah melaksanakan ajarannya .

Hadirin yang saya hormati ,

Pemerintah Kabupaten Paser dan   juga seluruh masyarakat Paser mengucapkan selamat datang   kepada   Ketua Pengadilan Tinggi dan Hakim Tinggi di Tana Paser   yang Insya Allah masyarakatnya s elalu dan sangat menjunjung tinggi rasa  persatuan dan kesatuan, saling toleransi, mencintai perdamaian, kerjasama maupun saling tolong menolong se perti semboyan Bumi Daya Taka   ini yaitu Paser Buen Kesong atau Paser Berhati Baik.

Pada kesempatan ini saya ingin men yampaikan sejumlah harapan kepada Ketua Pengadilan maupun Hakim. Di antaranya, saya mengharapkan adanya good governance atau pemerintahan yang baik, dalam pengertian adanya kerjasama yang solid antara pihak aparat hukum dalam hal ini Pihak Pengadilan dengan Pemerintah Daerah.

Kita semua mengetahui bahwa p eran Pengadilan sangat penting dalam melaksanakan persengketaan hukum, penegakkan hukum yang sesuai dengan asas peradilan berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Khusus di Kabupaten Paser masyarakatnya adalah masyarakat yang taat, tertib serta patuh terhadap hukum sehingga permasalahan Hukum selalu dapat diselesaikan dengan baik .

K ebersamaan antara Pemerintah, Pihak Pengadilan dan lembaga-lembaga lain maupun masyarakat dalam mengisi pembangunan daerah harus selalu menjadi perhatian kita semua , karena dalam sebuah penyelanggaraan negera dan Pemerintahan harus lebih banyak mengutamakan kepentingan masyarakat. Bagaimana menghindari berbagai pergesekan sosial yang terjadi dalam masyarakat seperti tindakan kriminal, bentrokan antarwarga, terutama kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu stabilitas nasional, semua itu adalah tanggung jawab kita bersama.

P ada kesempatan berbahagia ini, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Paser sangat berterima kasih atas segala peran aktif Pengadilan dalam semua proses kemajuan Kabupaten Paser terutama dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dibidang hukum di Bumi Daya Taka yang kami cintai ini.

Hadirin yang saya hormati,

Kiranya demikian yang dapat saya sampaikan , s emoga acara kita malam ini dapat memberikan manfa at bagi kita semua. Amin ya rabbal alamin .

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah, Sumassalamu’alaikum Wr. Wb.

BUPATI PASER

ttd

H. M RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SERAH TERIMA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES JAKARTA I I I KEPADA ORANG TUA

TANA PASER, 6 FEBRUARI 2013

 

“Assalamualaikum Wr. Wb.”

Yth.       Ketua dan Anggota DPRD Kab. Paser;

Yth.      Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth.       Para Asisten serta Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab . Paser;

Yth.      Ketua Tim Peningkatan dan Pengembangan SDM Kab. Paser ;

Yth.      Direktur Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta beserta rombongan ;

Yth.      Para Orang T ua dan Wali lulusan Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta I I I ;

Hadirin dan undangan yang saya muliakan.

Alhamdulilah, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, serta berkat bimbingan dan lindungan-Nya pada kita semua , hari ini kembali kita d apat hadir bersama-sama untuk menyaksikan serah terima mahasiswa Poltekkes K emen terian Kesehatan Jakarta III kepada Pemerintah Kabupaten Paser dan selanjutnya antara Pemerintah Kabupaten Paser kepada orang tua dan wali lulusan Program Keperawatan sebagai hasil dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan Poltekkes Kementerian K es ehatan Jakarta.

Tidak lupa Shalawat dan Salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah Nabi Be s a r Muhammad, SAW, dan semoga kita semua termasuk di antara umat beliau yang se lalu istiqomah menjalankan dan melaksanakan seluruh ajaran yang dibawanya ke dunia ini .

Hadirin yang berbahagia,

Untuk kesekian kalinya kita menyaksikan anak-anak yang telah selesai menempuh pendidikan di luar daerah atas biaya Pemerintah Kabupaten Paser. Tentunya Saya sangat bangga kepada 99 anak-anakku yang hadir pada hari ini , karena kalian semua merupakan bagian dari lebih seribu orang putra-putri Paser yang beruntung mendapatkan kesempatan emas, sekolah secara gratis dengan biaya P emerintah Daerah . Dan yang lebih membanggakan lagi, ternyata semua anak-anakku berhasil menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang rata-rata memuaskan. Perlu dicatat bahwa lulusan-lulusan sebelumnya yang dikirim oleh Pemkab . Paser juga berhasil mendapatkan pencapaian yang sama.

Prestasi luar biasa ini tentu tidak dicapai dengan mudah, namun melalui perjuangan-perjuangan, pengorbanan mahasiswa selama pendidikan, yang jauh dari orang tua, keluarga tercinta dan kampung halaman, serta pengorbanan orang tua untuk mau dan rela melepas anak-anaknya. Adanya keikhlasan orang tua dan anak-anak untuk berpisah sementara demi melanjutkan pendidikan merupakan salah satu indikator semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Paser tentang pentingnya pendidikan sebagai salah satu cara merubah kehidupan masa depan menjadi lebih baik.

Di samping itu, perlu disadari bersama bahwa kesuksesan anak-anakku tidak mungkin terwujud tanpa peran serta dan peran aktif pihak Poltekes Jakarta. Kerjasama yang kita bina selama ini sangat berarti bagi Paser, karena telah turut mencerdaskan anak bangsa, sesuai dengan tujuan nasional yang ada dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,

Saya berharap prestasi cemerlang anak-anak ini diikuti dengan prestasi di dalam kehidupan setelah ini, karena ujian se benarnya terdapat dalam kehidupan ber masyarakat, di mana anak-anakku dituntut untuk mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh ke dalam kehidupan sehari-hari .

Anak-anakku perlu menyadari bahwa tantangan dalam kehidupan tentu lebih berat. Kalian kembali ke Paser dalam sosok yang berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Masyarakat sekitar kini mengenal anak-anakku sebagai alumni Politeknik Kesehatan Jakarta.

Dengan sendirinya masyarakat memiliki pengharapan yang besar terhadap anak-anakku, dan mereka tentu berharap anak-anakku bisa memberikan warna baru dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

Oleh karena itu saya ber pesan , agar anak-anakku dapat menjaga sikap dan perilaku yang menunjukkan bahwa anak-anakku adalah seorang sarjana dan patut dijadikan sebagai panutan bagi yang lain.

Secara khusus kembali saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Poltekkes Jakarta atas semua kerjasamanya selama ini. Semoga dengan ini terus akan diikuti dengan kerjasama-kerjasama lain nya di masa men datang.

Hadirin yang saya hormati,

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini , kiranya bermanfa’at dan s emoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan bimbingan kepada kita semua. Amin.

Sekian, terima kasih.

Wabillahi taufik walhidayah,

Sumassalamualaikum wr.wb.

        BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA DENGAN PANITIA HARI BESAR ISLAM (PHBI)
  KABUPATEN PASER

 

Tana Paser, 7 Februari 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.        Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth.        Ketua Pengadilan dan Unsur Muspida Kabupaten Paser;

Yth.        Para SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser ;

Yth.        Ketua PHBI Kabupaten Paser;

Yth.        Penceramah Dr.H.Das’Ad Latif S.Sos.S.Ag.M.Si dari Sulawesi Selatan;

Bapak-Ibu, Saudara - saudara kaum Muslimin dan Muslimat serta hadirin yang berbahagia.

Segala puji dan ungkapan rasa syukur kita persembahkan kepada Allah SWT. Karena atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat bertemu dalam suasana yang khidmat dan penuh makna ini, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 143 4 Hijriyah.

Sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, atas segala upayanya menuntun umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,

            Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada PHBI Kabupaten Paser yang selama ini selalu melaksanakan perayaan hari-hari besar Islam secara konsisten dan melibatkan masyarakat Paser. Ini merupakan bentuk nyata syiar Islam, semoga lembaga-lembaga lain bisa mengikuti dan lebih gencar mengajak saudara-saudari kita agar aktif lebih dalam mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.

Kita adalah bagian kecil dari umat Islam di negeri ini yang setiap tahun selalu memperingati peristiwa Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Bahkan kita telah menetapkan tanggal 12 Rabiul Awal bukan hanya sebagai even ritual belaka tetapi telah menjadi hari libur nasional. Hal ini menunjukkan sebagai ungkapan kemuliaan, keagungan, kebesaran dan kecintaan umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW.

Hal ini tidaklah berlebihan, karena memang tidak bisa dipungkiri keperibadian beliau dan kemampuan dalam memi m pin umat di dunia dan akhirat tidak bisa dibandingkan dengan manusia manapun yang pernah hadir di muka bumi ini.

Nabi Muhammad yang terlahir dan tumbuh dewasa sebagai seorang yang tidak mengerti baca tulis, dan berasal dari suku yang termasuk paling terbelakang pada waktu itu, namun mampu menjalankan semua perintah Allah untuk mengajarkan Islam dan menyebarkannya ke sejumlah negara dan menaklukkan beberapa kekaisaran besar seperti Persia dan Romawi.

Dengan kharismatik yang dimiliki oleh Nabi Muhammad jualah yang membuat agama Islam mampu bertahan selama berabad-abad di pucak kejayaannya, membentang dari India sampai Spanyol.

Inilah yang menghipnotis seorang penulis buku terkenal dari Barat yang nota bene tidak beragama Islam, tanpa ragu menempatkan Nabi Muhammad di tempat yang istimewa dalam bukunya yang ditulis pada tahun 1978, berjudul seratus tokoh yang paling berpengaruh sepanjang sejarah, di mana Nabi Muhammad berada di urutan nomor satu, mengungguli sejumlah tokoh tenar yang lain seperti Isaac Newton. Buku tersebut telah dicetak ulang dan terjual jutaan kopi dalam berbagai bahasa. Dan sampai sekarang, belum ada karya ilmiah dan intelektual besar serupa yang bisa membantah argumen yang ditulis dalam buku itu, meskipun sejumlah kalangan berusaha mendiskreditkan Nabi Muhammad dengan berbagai cara.

Hadirin yang berbahagia,

Beberapa waktu lalu dunia Islam digegerkan dengan kehadiran sejumlah karya sastra yang mendiskreditkan Nabi Muhammad SAW. Kita ambil salah satu contoh yang paling terbaru adalah Film Fitna dari Amerika Serikat. Meski kemudian P emerintah Amerika Serikat meminta maaf kepada dunia Islam, kejadian ini telah membuat shok sejumlah warga Islam di berbagai belahan dunia. Namun berkat Rahmat Allah SWT dan juga ajaran yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, umat Islam tidak sampai terprovokasi, justru menyatukan tekad yang kuat untuk menolak kehadiran film tersebut, dan karya-karya lain, sambil tetap istiqamah menjalankan syariat Islam sebagaimana ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad, SAW.

Kita tentu saja sangat bersyukur dengan ajaran-ajaran yang diberikan oleh Nabi kepada kita, oleh karena itu saya berharap dengan momentum peringatan Maulid Nabi kali ini hendaknya dapat mampu menumbuhkan rasa cinta kita yang mendalam terhadap Rasulullah dan juga kita dapat berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah sebagai figur dan panutan dalam segala aspek kehidupan.

Sebagai akhir dan sambutan saya ini, saya berharap peringatan ini akan membawa perubahan dalam diri kita. Jika hal ini kita teladani maka saya yakin peringatan Maulid Nabi ini akan menjadi sangat bermakna, dan bukan sekedar acara seremonial yang berlangsung dari tahun ke tahun.

Hadirin yang berbahagia,

Demikian beberapa hal yang sengaja saya ungkapkan agar peringatan Maulid Nabi yang kita selenggarakan tahun ini, betul-betul dapat memotivasi kita untuk mencontoh aspek-aspek pribadi utama Nabi dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENDIDKAN DAN PELATIHAN PENGAMANAN PEMILUKADA GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR BAGI SATUAN ANGGOTA PERLINDUNGAN MASYARAKAT (LINMAS) SE KABUPATEN PASER

TANA PASER, 11 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.       Kepala Satpol PP Provinsi atau yang mewakili;

Yth.       Kepala Kepolisian Resort Paser dan Komandan Kodim 0904 Tana Paser atau yang mewakili;

Yth.       Ketua KPUD Kab. Paser;

Yth.       Kepala Satpol PP Kab. Paser;

Yth.       Para Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Paser; dan

Yth.       Anggota LINMAS peserta Diklat

Hadirin serta undangan sekalian saya berbahagia.

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik, serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita semua diberi kekuatan dan kesempatan untuk berkumpul ditempat ini dalam acara Diklat Pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur bagi anggota LINMAS se Kabupaten Paser .

Tidak lupa shalawat dan salam juga senantiasa kita curah kan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah dan sengaja diutus untuk menyelamatkan umat manusia dengan memberi suri tauladan dengan akhlaknya yang mulia hingga sekarang dan sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati ,

Sebelum saya menyampaikan hal-hal penting mengenai kegiatan ini, ada baiknya Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Paser menyampaikan Informasi penting mengenai Perkembangan Pembangunan Kabupaten Paser yaitu melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2013 tentang Perubahan Nama Ibu Kota Kabupaten Paser dari Tanah Grogot Menjadi Tana Paser. Peraturan Pemerintah ini mempertegas keinginan segenap warga masyarakat Kabupaten Paser yang ingin meneguhkan jati dirinya sebagai bagian dari kebenaran sejarah. Dan dengan p erubahan ini juga diharapkan dapat merubah masa depan Tana Paser menjadi lebih baik, maju dan sejahtera.

Saudara-saudara sekalian yang saya banggakan ;

Perlu diketahui bersama, sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 201 1 Tentang Pedoman Struktur Organisasi Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja, bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang dahulu lebih dikenal dengan sebutan Pertahanan Sipil (HANSIP) merupakan bagian fungsi Satuan Polisi Pamong Praja yang secara ters e t r uktur dalam lembaga Pemerintah dari Pusat hingga ke tingkat desa.

Dengan kebijakan baru ini diharapkan mampu menjadikan sistem pemerintahan lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan peranan pembangunan yang sedang terus dipacu. Diharapkan pula dengan penataan ini Satuan Perlindungan Masyarakat mampu memberikan kontribusi positif dalam memberikan dukungan secara aktif terhadap kebijakan pembangunan, khususnya di d aerah. Sehingga kebijakan pembangunan yang di tetapkan Pemerintah Daerah dapat langsung menyentuh, dirasakan dan memberi manfaat secara langsung terhadap masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,

 

B eberapa tahun terakhir ini, Satuan Perlindungan Masyarakat tidak lagi menunjukkan peran maksimal terhadap pembangunan Pemerintah Kabupaten Paser. Hal ini menjad i perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Paser untuk segera merestrukturisasi lembaga yang cenderung swakarsa masyarakat ini. Pemerintah Kabupaten Paser menilai Satuan ini cukup kontributif terhadap kebijakan Pemerintah Daerah , sehing g a dipandang perlu melakukan pembenahan secara menyeluruh. Dengan regulasi yang sudah jelas tersebut, melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Paser, pemberdayaan sumber daya Satuan Perlindungan Masyarakat dapat dioptimalisasikan dengan baik.

Perlu kita sadari bersama, bahwa kegiatan semacam ini merupakan langkah awal penataan kelembagaan yang lebih baik. Disamping itu, pelatihan yang digelar diharapkan mampu memberikan pencerahan dan menambah pengetahuan spesifik tentang tugas pokok dan fungsi tiap-tiap bidang tugas yang akan dilaksanakan.

Dalam hal pengamanan Pemilu, baik yang dilaksanakan didaerah maupun nasional, peran Satuan  Perlindungan Masyarakat merupakan ujung tombak pelaksanaan hingga tingkat pengamanan terdalam (Ring I). Seperti halnya Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur yang akan segera kita jelang pada t ahun 2013 ini.

Perlu saudara -saudara ketahui bahwa t ahapan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2013 akan dimulai pada tanggal 18 Februari 2013 mendatang . Dan merupakan tugas kita bersama untuk mensukseskan, mengamankan dan menjamin semua kegiatan demokrasi ini .

Selain itu, Perkembangan dimasyarakat dengan persoalan yang semakin kompleks, mengharuskan segenap elemen Pemerintah dari Pusat h ingga Daerah untuk secara aktif menjamin rasa aman, tertib, tenteram dan kondusif sehingga program-program pemerintah dapat langsung sampai kepada masyarakat.

Seringnya terjadi konflik ditengah-tengah masyarakat yang diakibatkan mudahnya masyarakat kita terprofokasi oleh persoalan yang sebenarnya tidak terlalu prinsip. Konflik Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA) akhir-akhir ini sering melanda masyarakat kita. Berbagai macam alasan yang mendasari konf l ik ini, penyebab sebenarnya hanya antar individu , yang berkembang menjadi luar biasa besar hingga tidak jarang melibatkan mas s a yang lebih besar. Hal ini selain meresahkan juga mengancam keamanan dan ketertiban serta kenyamanan kita bersama.

Kegiatan Pendidikan dan Pel atihan Satuan Linmas ini merupakan respon nyata bagi Pemerintah Kabupaten Paser untuk mengintegrasikan Linmas ke dalam Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Paser sekaligus mensinegikan tugas-tugas Perlindungan Masyarakat.

Tugas -tugas yang diemban oleh Satuan Perlindungan Masyarakat diperlukan hanya pada saat ada even seperti Pemilu saat ini, namun kedepan akan terus diupayakan menjadi satuan terdepan yang tangguh, handal dan berkontribusi lebih kepada jalannya Pemerinahan di Kabupaten Paser. Penanganan keamanan di tingkat Desa/Kelurahan terhirarki sampai ke Kabupaten melalui Kecamatan diwilayah tugas masing-masing. Penanganan konflik secara dini menjadi beban tugas dan tanggung jawab Satuan Perlindungan Masyarakat secara aktif di wilayah kajadian. Oleh karenanya, kedepan Pemerintah Kabupaten Paser melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Paser dapat membuat program-program kerja Satuan Perlindungan Masyarakat. Salah satunya yakni program peningkatan sumber daya aparatur yang akan digelar Tahun ini yaitu Pendidikan dan Pel atihan Satuan Perlindungan Masyarakat se-Kabupaten Paser yang Insya Allah akan digelar pada semester II tahun 2013 dan melibatkan seluruh elemen Satuan Perlindungan Masyarakat yang ada diseluruh Desa se-Kabupaten Paser.

Hadirin yang berbahagia ,

Melalui Pendidikan dan Pel atihan ini, saya menaruh harapan besar, dan beberapa pesan yang mungkin menjadi penyemangat bagi kita semua, yaitu :

1.         Ikuti Pendidikan dan Latihan ini dengan seksama, serius dan penuh rasa tanggung jawab;

2.         Terapkan semua ilmu dan pengetahuan yang didapat dari kegiatan ini dalam wilyah kerja saudara;

3.         Koordinasikan semua kondisi yang saudara temui dalam melaksanakan tugas kepada pihak-pihak yang dipandang perlu berkoordinasi, dan jangan mengambil keputusan sendiri terhadap persoalan saudara hadapi dimasyarakat;

4.         Dengan penuh dedikasi tinggi, mari kita bersama-sama sukseskan seluruh Tahapan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2013;

5.         Terakhir dan tidak kalah pentingnya yakni tana m kan semangat jiwa korsa dan kebersamaan sesama satuan dan lintas satuan seta jangan pernah mengukur setiap pekerjaan dengan nilai uang yang akan diperoleh.

Selamat menjalankan tugas , Selamat mengikuti pendidikan dan pe latihan ini dan selamat datang segenap Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Paser.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan, dengan harapan membawa manfaat bagi kita semua terutama didalam kita menjalankan ataupun melaksanakan tugas. Dan dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”, kegiatan Bimtek Pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur bagi Anggota Satuan LINMAS hari ini Senin, 11 Februari 2013 secara resmi saya nyatakan dimulai.

Semoga pengabdian dan dharma bakti kita senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT, Amin Ya Rabbal Alamin.

Sekian terima kasih,

 

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                      H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENYERAHAN DANA BANTUAN KEUANGAN UNTUK PEMERINTAHAN DESA YANG DIPERUNTUKKAN SEBAGAI ALOKASI DANA DESA (ADD) DAN BANTUAN KEUANGAN KABUPATEN UNTUK DESA TAHUN 2013

TANA PASER, 12 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.     Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Yth.       Saudara Wakil Bupati, Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Ketua Pengadilan Negeri Tana Paser;

Yth.       Sekretaris Daerah Kab. Paser;

Yth.       Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Yth.       Para Camat, Lurah dan Kepala Desa di Kab. Paser;

Yth.       Direktur Bankaltim Tana Paser;

Yth.       Ketua APDESI, Ketua Asosiasi BPD dan Ketua Asosiasi LPM Kab. Paser.

Hadirin serta undangan yang saya muliakan.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas  perkenan dan ridho-Nya, kita semua dapat berkumpul ditempat ini dalam acara Penyerahan Dana Bantuan Keuangan untuk Pemerintahan Desa yang diperuntukkan sebagai Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan Keuangan Kabupaten untuk Desa Tahun 2013 .

Tidak lupa shalawat dan salam juga senantiasa kita curah kan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah dan sengaja diutus untuk menyelamatkan umat manusia dengan memberi suri tauladan dengan akhlaknya yang mulia hingga sekarang dan sampai akhir zaman.

Hadirin yang saya hormati,

Pemerintah Kabupaten Paser tidak henti-hentinya memperhatikan Pemerintahan Desa dari tahun-ketahun, untuk tahun 2013 Pemerintah Daerah telah mengucurkan anggaran Alokasi Dana Desa dan Bantuan Keuangan Kabupaten untuk Desa sebaesar RP. 193.085.000.000,- (Seratus Sembilan Puluh Tiga Milyar Delapan Puluh Lima Juta Rupiah) yang diperuntukkan untuk 139 Desa. Bila kita bandingkan pada tahun anggaran 2012 dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Daerah sebesar Rp. 129.184.100 . 000 , - (Seratus Dua Puluh Sembilan Milyar Seratus Delapan Puluh Empat Juta Seratus Ribu Rupiah) sehingga ada kenaikan sebesar 63 Milyar lebih atau 149 persen.

Khusus untuk Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2013 sebesar Rp. 176.624.000.000,- (Seratus Tujuh Puluh Enam Milyar Enam Ratus Dua Puluh Empat Juta Rupiah) , dibandingkan tahun 2012 yang hanya sebesar Rp. 92.750.500.000,- (Sembilan Puluh Dua Milyar Tujuh Ratus Lima Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) , sehingga ada kenaikan 190 persen lebih.

Hadirin yang berbahagia,

Baru saja kita saksikan bersama penyerahan dana bantuan Pemerintah Kabupaten Paser untuk Pemerintah Desa yang diterimakan secara simbolis oleh Camat se Kabupaten Paser, Saya berpesan kepada para Camat untuk kiranya dapat memperhatikan Pemerintah Desa di wilayah masing-masing karena dana yang dikucurkan ol e h Pemerintah K abupaten Paser kepada Pemerintahan Desa sangat begitu besar. Saya juga berpesan kepada SKPD-SKPD terkait agar dapat membantu d esa yang ada di wilayah Kabupaten Paser, karena pada tahun 2013 kita telah memasuki Paser Bangkit 2013. Dan Saya juga mengharapkan kepada semua pihak untuk dapat melaksanakan p rogram-program yang sudah kita sepakati bersama-sama.

Saya minta kepada semua Kepala Desa dan semua Anggota BPD agar dapat be kerjasama dengan baik didalam melaksanakan tugas yang tujuannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta dapat melaksanakan arahan-arahan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten dalam rangka percepatan pembangunan di Desa untuk siap menghadapi Paser Bangkit 2013. Arahan-arahan tersebut Saya harap agar dapat dituangkan ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yaitu :

1.         Melaksanakan kegiatan pembangunan PUSBAN atau POSKESDES dan Rumah Bidan, Rumah Perawat serta POSYANDU bagi desa-desa yang belum melaksanakan pembangunan pada tahun-tahun sebelumnya sehingga terjaminnya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat pedesaan;

2.         Peningkatan sarana-sarana pendidikan sesuai dengan lingkungan yang bersih dan sehat;

3.         Kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan-jalan usaha tani atau jalan-jalan lingkungan pedesaan;

4.         Kegiatan pembangunan penerangan jalan di pedesaan;

5.         Kegiatan pembangunan sarana air bersih di pedesaan;

6.         Kegiatan pembangunan rumah layak huni, dan

7.         Pembangunan pasar desa dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Hadirin yang saya muliakan,

Dalam rangka percepatan pembangunan di desa, semua program-program yang telah Saya sampaikan diatas kiranya harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Desa untuk dapat dilaksanakan pada tahun anggaran 2013 dan dalam pelaksanaannya agar semua Kepala Desa dapat berkoordinasi dengan instansi atau SKPD terkait didalam merealisasikan kegiatan percepatan pembangunan tersebut. Tidak berkelebihan kiranya jika Saya selaku Kepala Daerah untuk selalu memperhatikan desa yang ada di Kabupaten Paser ini dengan harapan agar desa-desa kita dapat semakin maju dalam segala hal, baik itu dibidang infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang ada di desa dengan besar a n anggaran yang diberikan kepada desa pada tahun ini .  Sekali lagi Saya berpesan kepada seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan P erangkat Desa untuk dapat melaksanakan pembangunan di desa dengan sebaik-baiknya , serta dapat melakukan tertib administrasi tentang pengelolaan keuangan desa sehingga kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Khusus bagi para Kepala Desa untuk dapat lebih meningkatkan kinerja, tidak melakukan perjalanan-perjalanan yang berlebihan sehingga perhatian serta pelayanan bagi kepentingan masyarakat bisa lebih terpenuhi dengan baik dan lebih optimal.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan, dengan harapan membawa manfaat bagi kita semua terutama didalam kita menjalankan ataupun melaksanakan tugas. Semoga pengabdian dan dharma bakti kita senantiasa mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT, Amin Ya Rabbal Alamin.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                                H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA FORUM KOORDINASI PENYELENGGARAAN PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN

 

Tana  Paser , 12 Februari 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Kepala Badan Ketahanan Pangan   dan Penyuluhan Provinsi

       Kalimantan Timur;

Yth.  Kepala Badan Ketahanan Pangan   dan Penyuluhan Kabupaten

  Paser;

Yth. Para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth. Para Narasumber;

Hadirin dan para Undangan yang berbahagia,

Marilah kita secara bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan inayah-Nya jualah sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama di dalam ruangan ini dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Paser yang kita cintai melalui Forum Koordinasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Bapak dan ibu sekalian yang saya hormati,

Kita tahu bahwa pembangunan pertanian hingga saat ini mempunyai peran sentral sebagai tulang punggung pembangunan perekonomian baik daerah maupun nasional. Oleh sebab itu para pemangku kebijakan, dan para pengambil keputusan, mari kita untuk saling bersinergi bergandengan tangan membentuk suatu komitmen yang kuat untuk menyongsong hari esok yang lebih baik, merupakan hari yang ditungu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Paser yaitu masyarakat yang sejahtera lahir dan batin serta adil dan merata.

Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kepada kita semua untuk selalu peka, antisipatif dan cepat tanggap terhadap fenomena sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kita yang timbul akibat berbagai persoalan, seperti misal terjadinya banjir pada lahan pertanian kerena tidak normalnya saluran irigasi, kelangkaan pupuk bersubsidi, sulitnya pemasaran hasil, serangan hama penyakit pada tanaman sehingga berakibat gagal panen. Hal-hal semacam ini akan menimbulkan kegelisahan pada masyarakat petani kita. Ini adalah tugas kita untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya agar mereka terhindar dari semua persoalan tersebut.

Hadirin yang berbahagia,

  Pembangunan Pertanian dan hortikultura merupakan bagian yang menyatu dari pembangunan pertanian. Dalam arti luas, merupakan salah satu fokus pembangunan di Kalimantan Timur saat ini dan Kabupaten Paser termasuk salah satu kawasan sentra pengembangan hortikultura dan tanaman pangan diantara 8 kabupaten lainnya di Kalimantan Timur. Hal ini sudah barang tentu sangat memerlukan kesiapan dari pada SDM pertanian, baik itu berasal  dari aparatur maupun non aparatur, karena hal ini akan berdampak terhadap hidup dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Paser yang kita cintai ini.

Kita jujur mengakui bahwa tingkat produktivitas padi sawah Kaltim umumnya dan Kabupaten Paser khususnya masih di bawah rata-rata jika dibandingkan dengan Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat, kita berada pada kisaran 4 ton per hektar. Sementara daerah kalimantan lainnya produktivitas padi sawahnya diatas 5 ton per hektar. Hal ini barang kali menjadi cambuk dan tantangan bagi kita semua untuk berbuat  dan mencari terobosan-terobosan yang pada akhirnya dapat memacu produktivitas padi di daerah kita sehingga bisa menyamai produktivitas padi daerah  lainnya di wilayah Kalimantan dan bahkan harapan kita bisa melampaui dari daerah lain. Prestasi-prestasi dibidang pertanian sudah barang tentu tidak dapat diraih dengan mudah begitu saja, melainkan memerlukan tekad dan perjuangan keras kalau memang mau berhasil secara signifikan.

Bapak ibu dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

             Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten sebetulnya sudah berupaya melakukan pembinaan semaksimal mungkin kepada para-para penyuluh lapangan kita melaui berbagai pendekatan pembinaan seperti memberikan tambahan penghasilanan berupa insentif, BOP Daerah, memberikan kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan baik teknis maupun fungsional, penetapan angka kredit untuk kenaikan pangkat dan lain sebagainya bahkan para kepala ddesa sekalipun saya libatkan untuk dapat memantau kinerja penyuluh kita di lapangan. Ini dimaksudkan tidak lain tidak bukan supaya penyuluh kita di lapangan betul-betul bekerja sesuai aturan kepegawaian yang ada, memahami betul tugas pokok dan fungsinya sebagai penyuluh. Kalau hal ini tidak dipahami dan tidak dilaksanakan dengan baik bagaimana mungkin penyuluh dapat membimbing, membina dan melakukan pendampingan terhadap masyarakat petani kita di perdesaan dengan baik pula. Kalau itu-itu saja tingkat kehidupan masyarakat petani kita dipedesaan tidak ada peningkatan kesejahteraan berarti kita sebagai aparatur gagal mensejahterakan meraka, walaupun saya tahu betul bahwa mensejahterakan tingkat kehidupan petani di pedesaan bukanlah semata-mata menjadi tugas dan tanggungjawab seorang penyuluh, tetapi penyuluh cukup memiliki peran yang amat strategis ke arah itu.

Bapak ibu dan saudara sekalian yang berbahagia,  

Pada akhir sambutan saya ini, saya ada beberapa pesan kepada para peserta Forum Koordinasi Penyelenggaraan Penyuluhan ini dalam rangka membangun Kabupaten Paser ke depan yang lebih baik di bidang pertanian:

1.             Jadikan momentum pertemuan ini sebagai sarana untuk membina jalinan Koordinasi yang sehat dan dinamis, memahami dan mengerti akan tugas pokoknya masing-masing, siapa saja senjang itu masih terkait dengan pertanian.

2.             Untuk mengatasi kesulitan para petani kita di perdesaan baik itu menyangkut masalah peningkatan produksi, pemasaran hasil, dan lain sebagainya saya minta kepada SKPD terkait untuk bisa mengambil peran sesuai bidang tugasnya masing-masing.

3.             Sebetulnya eranya saat ini kita tidak lagi berbicara masalah produksi, melainkan pembangunan pertanian yang berwawasan agribisnis yang memiliki nilai tambah dan daya saing yang kuat serta eksport.

4.             Saya sangat berharap kepada para pemimpin SKPD yang mengurusi masalah pangan dan ketahanan pangan secara khusus dan pertanian secara umum agar senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkompeten dan bekerja keras dalam mendukung program pemerintah yaitu mewujukan Swasembada Beras pada tahun mendatang.

5.             Kepada suadara-saudara penyuluh lapangan saya minta kepada suadara untuk dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, karena keberhasilan pembangunan pertanian sebagai tulang punggung pembangunan perekonomian salah satunya terletak dipundak-pundak saudara-saudara karena saudaralah yang berada di garda paling depan dalam mengawal pembangunan pertanian.

  Mengakhiri sambutan saya, dengan ucapan “Bismillahirohmanirrahim ”, Forum Koordinasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, hari ini, Rabu 13 Februari 2013 dengan resmi saya nyatakan dibuka.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, bimbingan dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga apa yang kita lakukan, kita dharma bhaktikan bagi kepentingan kehidupan dan penghidupan masyarakat  dan merupakan ladang amal sholeh kita, yang senantiasa mendapatkan rahmat, ridho, barokah serta magfirah dari Allah SWT.  Aamiien yarabbalallamien.

Wabillahitaufik walhidayah

Wassalamu’alaikum wr. wb.

 

BUPATI PASER

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA APEL SIAGA PEMILUKADA GUBERNUR DAN WAKIL GUNERNUR

SE-KABUPATEN PASER

TANA PASER, 1 3 Februari 2013

 

Yth :

1.   Unsur Muspida Kabupaten Paser;

2.            Ketua Pengadilan Negeri Tana Paser;

3.            Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Propinsi Kalimantan Timur atau Yang Mewakili;

4.            Ketua KPUD Kabupaten Paser;

5.            Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Paser;

6.            Para Pimpinan SKPD se-Kabupaten Paser;

7.            Para Pimpinan Ormas/OKP Kabupaten Paser;

8.            Peserta Apel Siaga dan Tamu Undangan yang Berbahagia.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah   melimpahkan r ahmat serta hidayah-Nya, sehingga kita semua diberi kekuatan dan kese h atan untuk berkumpul ditempat ini dalam rangkaian kegiatan pesta demokrasi Propinsi Kalimantan Timur Ta h un 2013 yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang kita harapkan menjadi salah satu implementasi demokrasi nyata di Negeri yang kita cintai ini.

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia,

Era Otonomi Daerah sekarang ini yang didasarkan pada amanah Konstitusi dimana sebagian kewenangan mengatur urusan pemerintah daerah menjadi kewenangan daerah itu sendiri, termasuk menentukan pilihan pemimpin daerahnya sendiri. Inilah bentuk demokrasi sejati yang diharapkan mampu memberi pelayanan bidang demokrasi nyata, sehingga implementasi manajemen pembangunan lebih kongkrit dapat dirasakan hingga sampai kelapisan masyarakat terbawah.

Terlepas dari dampak positif  otonomi daerah saat ini, dampak positif juga tidak lepas mengiringi berjalannya demokrasi di Negeri ini. Terciptanya konflik vertikal dan horizontal merebak dimana-mana, mulai dari fanatisme calon hingga dukungan yang berlebihan. Hal demikian ini mengharuskan Pemer i ntah Kabupaten Paser merasa sangat perlu merangkul semua unsur untuk menciptakan kondisi ini menjadi tetap aman, Tertib dan Kondusif, sehingga roda demokrasi berjalan dengan semestinya.

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia,

Pemerintah Kabupaten Paser melalui unsur-unsur pengamanan terkait menaruh harapan terhadap penciptaan rasa aman, nyaman dan tertib dalam masyarakat. Terlebih pada masa-masa seperti saat ini, dimana masyarakat menuntut banyak hal, dari keinginan demokrasi yang baik hingga rasa aman yang terkadang tidak seiring dan tidak sesuai dengan harapan kelompok tertentu.

Hal-hal semacam inilah yang membuat kita harus bertindak cepat. Harus segera mengambil langkah prefentif (pencegahan), dengan segera mengan t isipasi semua bentuk ancaman gan g guan keamanan dan ketertiban secara dini.

Gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi seringkali ditimbulkan oleh kelompok-kelompok yang merasa tidak puas atas keinginan yang tidak terakomodir sehingga memicu konflik yang dik h awatirkan dapat meluas menjadi berbagai macam isu. Perkembangan isu yang tidak bertangung jawab dan berasal dari sumber yang tidak bertanggung jawab terkadang memaksa kita untuk ber p ikir dan berbuat lebih, guna meredam gejolak agar tidak berubah menjadi konflik.

 

Melalui moment implementasi demokrasi Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 , yang t ahapannya Insya Allah akan segera kita mulai tanggal 18 Februari 2013 mendatang, Satuan Perlindungan Masyarakat merupakan garda terdepan pengamanan, diharapkan mampu memecahkan setiap persoalan pengamanan yang timbul diwilayah kerjanya masing-masing . Untuk memastikan rasa aman di Tempat Pemungutan Suara (TPS) , dan Satuan Perlindungan Masyarakat berada dalam pengamanan terdalam (Ring I). Namun demikian, keterlibatan Satuan Pengamanan lainnya juga perlu secara intensif dan maksimal membantu, sehingga semua proses pengamanan berjalan sebagaimana mestinya.

Unsur pengamanan lain n ya juga diharapkan memberi kontribusi maksimal sehingga langkah-langkah prefentif dapat maksimal pula. Kondisi Kabupaten Paser saat ini yang cenderung aman, tertib dan kondusif jangan sampai membuat kita terlena, sehingga melewatkan hal-hal kecil yang memicu terjadinya konflik yang lebih meluas.

Pemerintah Kabupaten Paser menyadari bahwa letak geografis yang sangat luas dan sebagian wilayahnya memerlukan waktu untuk dijangkau, menjadi kendala dalam pelaksanaan setiap kegiatan. Namun demikian kondisi ini bukan merupakan hambatan dan halangan karena Pemerintah Kabupaten Paser telah meluncurkan banyak program pembangunan yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

 

Saudara-saudara sekalian yang terhormat,

Dalam kesempatan ini saya merasa perlu manyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Pesta Demokrasi Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2013, yakni :

1.         Tingkatkan kewaspadaan dini untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar wilayah tugas kita masing-masing;

2.         Tingkatkan koordinasi dengan pihak terkait dalam setiap penanganan persoalan yang timbul atas penyelenggaraan pesta demokrasi ini;

3.         Tingkatkan jiwa korsa dan rasa saling melindungi antar satuan;

4.         Bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi tinggi serta bukan didasarkan pada bentuk apa yang akan kita peroleh, karena rasa aman, nyaman dan tertib merupakan kebutuhan mendasar bagi kita dan sekeliling kita;

5.         Jangan mengambil tindakan perseorangan atas konflik yang sedang kita hadapi karena berakibat pada meluasnya konflik tersebut;

6.         Pahami tugas pokok dan fungsi satuan masing-masing dan jangan sampai overlapping fungsi karena akan berakibat pada konflik baru antar dan lintas satuan.

7.         Pererat silaturahmi dengan masyarakat yang merupakan bagian dari upaya prefentif.

8.         Kepada Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat, saya selaku Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan selamat bekerja, junjung tinggi wibawa Pemerintah.

Sebelum saya akhiri sambutan ini, Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Paser yang telah bertindak dan berbuat cepat dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja dimana Satuan Perlindungan Masyarakat merupakan bagian dari Fungsi Satpol PP secara menyeluruh. Sigap dalam mengantisipasi kegiatan Pesta Demokrasi Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur dengan secara cepat, aktif dan reaktif dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pengamanan Pemil u kada ini. Pertahankan dan terus laporkan segala bentuk perkembangan pelaksanaan ini.

Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada TNI dan POLRI yang dengan sigap telah membantu Pemerintah Kabupaten Paser dalam menciptakan rasa aman, tertib dan tentram bagi masyarakat Kabupaten Paser. Dan dengan tetap berpedoman pada Paser Buen Kesong, kita harapkan hati kita lebih dari sekedar jaminan rasa nyaman.

Demikian saya akhiri, selamat bekerja, sekian dan terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Wa ssalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                                H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA GEBYAR PASER BERKREASI II

LOMBA PADUAN SUARA HYMNE

DAN MARS KABUPATEN PASER

 

Tanah Grogot, 16 Februari 2013

 

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Assalamu ‘Álaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

  Yth. Saudara Ketua, Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Kabupaten

      Paser;

Yth. Saudara Wakil Bupati Paser;

Yth. Rekan - rekan MUSPIDA beserta   Ketua Pengadilan Negeri dan  

        Pengadilan Agama Tanah Grogot;

 

Yth. Bapak/Ibu dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum

        Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia;

 

Yth. Sekretaris Daerah beserta para   Asisten dan Kepala Satuan Kerja

         Perangkat Daerah di lingkungan  Pemerintah Kabupaten Paser;

 

Yth. Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Paser;

Para peserta lomba dan pemerhati seni d iKabupaten Paser,

Sebagai insan beragama, yang selalu ingin mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT, maka sudah sepantasnyalah hari ini kita mengucapkan syukur yang tiada terhingga kepada illahi yarabbi,   atas perkenan-Nya kita bisa bertemu di tempat ini dalam Lomba Paduan Suara Hymne dan Mars Kabupaten Paser.

Salawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan syafa'atnya, kita dilepaskan dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin Yang Kami Hormati ,

            Saya ucapkan terima kasih kepada Paser Berkreasi yang kali ini untuk kedua kalinya melaksanakan kegiatan yang sama. Hal ini patut dibanggakan karena ini ada salah satu upaya untuk memajukan Kabupaten Paser yang kita cintai bersama, mengingat tidak semua kabupaten di Kalimantan Timur yang memiliki hymne dan mars kabupaten.

      jika kita cermati bersama, setiap lirik dan bait baik di lagu hymne maupun mars mencerminkan semangat membangun Bumi Daya Taka, dengan semangat Paser Buen Kesong kita wujudkan Paser berjaya.

  semoga lagu inidapat menjadi pembangkit semangat dan gairah demimewujudkaan paser bangkit 2013 dan upaya percepatan pembangunan.

Hadirin Yang Berbahagia,

  Untuk sebuah kebaikan dan kemajuan, jangan takut terhadap perubahan". Inilah sebuah kalimat manjur bagi masyarakat yang pola pikir. Salah satunya adalah perubahan Kabupaten Pasir bupaten Paser. Perubahan ini dilandasi latar belakang sejarah, bahwa di wilayah ini terdapat sebuah kerajaan yang bernama Kerajaan Paser. Berdasarkan aspirasi tersebut, Bupati Pasir melalui surat nomor 568/T.Praja.2/XI/2005 tanggal 23 November 2005 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasir menyampaikan permohonan persetujuan perubahan nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser yang kemudian disikapi dengan memberikan persetujuannya melalui Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasir Nomor 25 tahun 2006 tanggal 18 Desember 2006 tentang Persetujuan Perubahan Nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser. Akhirnya, terbitlah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 tentang Perubahan Nama Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian seiring perkembangannya, muncul aspirasi masyarakat yang menginginkan perubahan nama ibukota Kabupaten Paser yaitu Tanah Grogot menjadi Tana Paser.

Jika William Shakespeare mengatakan apalah arti sebuah nama, maka saya mengatakan bahwa nama sarat mengandung makna, doa dan harapan.

Tana Paser mengandung filosofi suatu harapan yang lebih baik dari masyarakat Kabupaten Paser dalam kehidupan yang terang benderang, cemerlang dan kemilau menuju masyarakat agamais, sejahtera dan berbudaya.

Selain itu, kami tidak ingin melupakan sejarah tanah kelahiran kami ini, tanah tempat kami hidup dan dibesarkan. Tana Paser mengandung arti "Tanah" adalah tempat hidup dan kehidupan, sedangkan Paser terdiri dari dua suku kata yaitu "Pa" yang berarti terang benderang, cemerlang, kemilau. Dan kata "Ser" artinya mempunyai keinginan, kemauan, harapan dari hati yang paling dalam.

Hadirin Yang Berbahagia,

            Tahun 2013 ini merupakan tahun kebangkitan bagi Kalimantan Timur dan tentu saja bagi Kabupaten Paser. Pada HUT ke-53 Kabupaten Paser pada 29 Desember 2012 baru-baru ini, ada lima simbol kemajuan yang baru saja diresmikan penggunaannya. Yaitu Rumah Sakit Umum Panglima Sebaya dengan kualifikasi C Plus, Grand Sadurengas Hotel yang merupakan hotel bintang tiga pertama di Kabupaten Paser, Telaga Ungu yang berada persis di depan Rumah Sakit dan Hotel. Kemudian Terminal Kota dan terakhir Jembatan Kendilo Putri Paser.

Harapan kami tentu tidak berakhir di lima infrastruktur ini, masih banyak infrastruktur lainnya yang ingin kami bangun di Bumi Daya Taka ini, seperti Gedung Olahraga yang representatif untuk melakukan pembinaan kepada atlet-atlet Paser yang akan dan telah menoreh prestasi gemilang dari tingkat provinsi, nasional dan internasional. Seperti pesepak bola Yoan Saputra yang telah berlatih di Barcelona, Spanyol dan meraih posisi keempat dari 20 orang se-dunia. Perenang Zakiyah meraih medali perunggu di Thailand.                              

Jika Gedung Olahraga ini terbangun, ini akan menjadi sebuah bentuk kasih sayang Pemerintah Kabupaten Paser terhadap putri-putri Paser.

            Islamic Center pun menjadi agenda kami. Fasilitas ini masih dalam tahap perencanaan. Namun sebelumnya, suprastruktur telah kami siapkan. Paser telah memiliki Dai-dai Pembangunan di 139 desa di Kabupaten Paser setelah sebelumnya mereka diberikan beasiswa pendidikan untuk menimba ilmu di Sekolah Tinggi Agama Islam As Sa'adiyah jurusan Syariah, Aqidah dan Ahwalus Syahsyiah.

Hadirin Yang Berbahagia ,

            Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah  Nomor 7 Tahun 2013 tentang Perubahan Nama Ibukota  Kabupaten Paser Tanah Grogot menjadi Tana Paser.

            Besar harapan kami bahwa dengan perubahan ini dapat menjadi penyemangat baru untuk meningkatkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Paser.

Hadirin Sekalian yang saya muliakan,

Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu dari   Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia yang telah berjuang bersama kami untuk terwujudnya peraturan pemerintah ini.  Kehadiran Bapak/Ibu dan saudara sangat memberikan arti dan manfaat sebagai mana tujuan dari pada pertemuan kita pada hari ini.

Akhirnya kepada Allah jualah semua kita pasrahkan, "lahaulla wallakuata illabillahil aliyiladziem", dengan segala ikhtiar dan doa kita berharap  semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, bimbingan dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga apa yang kita lakukan, kita dharma bhaktikan bagi kepentingan kehidupan dan penghidupan masyarakat  dan merupakan ladang amal sholeh kita, yang senantiasa mendapatkan rahmat, ridho, barokah serta magfirah dari Allah SWT.  Aamiien yarabbalallamien.

AKU BANGGA KABUPATEN PASER

AKU BANGGA TANA PASER

Wabillahitaufik walhidayah

Wassalamu'alaikum wr. wb.

BUPATI PASER

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PRESENTASI HASIL KAJIAN PEMEKARAN KABUPATEN PASER OLEH TIM DARI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

TANA PASER, 21 FEBRUARI 20 13

 

”Assalamu alaikum wr. Wb.”

Yth.        Saudara Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser ;

Yth.        Saudara Wakil Bupati Paser, Unsur Muspida Kabupaten Paser dan Ketua Pengadilan Negeri Tana Paser ;

Yth.        Para Pimpinan S KPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser ;

Yth.        Para  Camat , Lurah, K epala Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Paser ;

Yth.        Tim Pengkaji Pemekaran Kabupaten dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta;

Yth.        Tim Sukses Pembentukan Kabupaten Paser Selatan;

Yth.        P ara tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda ;

S erta hadirin sekalian yang saya hormati, saya cintai dan saya mulia kan;

Pertama – tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT , karena atas ijin dan rahmat , taufik serta hidayah -Nya , kita semua masih diberi kesehatan sehingga dapat berkumpul ditempat ini untuk bersama-sama menyimak dan mendengarkan hasil kajian tentang rencana Pemekaran Kabupaten Paser oleh Tim dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta .

Selanjutnya salawat dan salam juga senantiasa kita sampaikan kepada Baginda Rasullulah, Nabi Besar Muhammad S.A.W yang telah membawa kita kepada alam yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Hadirin dan undangan yang saya banggakan ,

Sebelum kita sama-sama mendengarkan presentasi ataupun pemaparan-pemaparan yang akan disampaikan oleh tim Pengkaji Pemekaran Kabupaten Paser, Desember lalu berbagai hal juga telah saya sampaikan, tepatnya pada acara Deklarasi Tim Sukses Pembentukan Kabupaten Paser Selatan di Kecamatan Batu Sopang, bahwa jika perubahan-perubahan itu dirasakan sangat diperlukan, terlebih untuk kepentingan kemajuan dan pemerataan pembangunan. Dalam hal ini tentu saja Pemerintah Kabupaten Paser sangat setuju dan akan mendukung, selama maksud dan tujuan pemekaran tersebut adalah terpenuhinya kebutuhan dan keinginan masyarakat yang kemudian mampu dituangkan ke dalam program-program pelaksanaan Pemerintahan demi meningkatkan perekonomian yang menyentuh segala bidang dan aspek kehidupan.

Derap langkah perjalanan dan perubahan-perubahan yang terjadi di Kabupaten Paser hingga saat ini adalah merupakan perjuangan Pemerintah Kabupaten Paser bersama berbagai pihak dan seluruh elemen masyarakat yang ingin menyumbangkan pemikiran-pemikiran positif untuk mempersembahkan pembangunan daerah dengan tujuan menciptakan kemajuan dan tentu saja untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Mulai dari pembentukan Daerah Otonom Baru yang disebut Daerah Swatantra Tingkat II Pasir, yang selanjutnya disahkan menjadi bagian dari wilayah Kalimantan Timur, hingga pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara, kemudian perubahan Kabupaten Pasir menjadi Kabupaten Paser, dan terakhir yang baru saja   teralisasi dan telah disahkan oleh Pemerintah Pusat melalui diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2013, yaitu perubahan nama ibu kota Kabupaten Paser dari “Tanah Grogot” menjadi “Tana Paser”.

Semua perubahan tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang mencita-citakan, yang menginginkan dan yang mengharapkan adanya langkah-langkah kongkrit dalam mengisi perkembangan kemajuan pembangunan sesuai dengan makna, pesan dan kekuatan yang terkandung dalam kata-kata yang menjadi semboyan dan merupakan bahasa kebanggaan masyarakat Paser yaitu Daya Taka, Paser Buen Kesong dan Tana Paser.

Hadirin yang saya hormati,

Perubahan yang saat ini telah dirasakan masyarakat adalah pembangunan jalan jalur 2 di semua kecamatan, pembangunan rumah sakit, hotel, bandara dan masih banyak lagi pembangunan lainnya yang terus menjadi prioritas Pemerintah Daerah, pemerataan pembangunan hingga ke pedesaan terbukti dengan dukungan anggaran atau Alokasi Dana Desa 1 milyar lebih bagi setiap desa di seluruh Kabupaten Paser.

Berbagai langkah yang saya sebutkan diatas menggambarkan perubahan demi perubahan untuk menuju ke arah yang lebih baik dan bermakna serta bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk diwujudkan di Bumi Daya Taka. Berkembangnya aspirasi masyarakat di beberapa kecamatan  untuk pembentukan Paser Selatan, sudah tentu akan mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Paser.

Semua ini berangkat dari pemahaman bahwa Pemekaran wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam memperpendek rentang kendali Pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan Pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

Hadirin yang saya hormati dan saya muliakan,

Pada kesempatan ini kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Paser, mari kita satukan tekad dan langkah dalam membangun dan memajukan Kabupaten Paser. Perbedaan dan keragaman adalah rahmat untuk menyatukan kita semua dalam upaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Paser.

Selanjutnya, Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi Tim Pengkaji UGM karena telah bersedia memberikan pemikiran, tenaga dan waktu untuk bekerja menyelesaikan hasil laporan kajian yang bertajuk “Mencari Sejahtera Ditengah Keberlimpahan”.

Melalui hasil kajian ini kiranya dapat menjadi dasar serta acuan terhadap seluruh proses terlaksananya pemekaran wilayah, karena pemekaran sebuah wilayah bukan hanya sekedar memandang aspirasi dari beberapa pihak akan tetapi merupakan keinginan dan harapan dari seluruh komponen masyarakat sehingga memerlukan kajian ilmiah tentang seberapa besar potensi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pada saat perkembangannya. Oleh karena itu, dengan kegiatan hari ini, semua aspirasi dan pertanyaan tentang rencana pemekaran kabupaten akan terjawab, semua ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi terwujudnya pemekaran Kabupaten Paser.

Demikian yang dapat saya sampaikan, kiranya bermanfa’at dan semoga apa yang kita kerjakan, apa yang kita persembahkan dan apa yang kita hasilkan untuk kepentingan kemajuan pembangunan Paser senantiasa mendapat lindungan dan bimbingan dari Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahi Taufiq walhidayah,

Sumasalamu alaikum wr. wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA WORKSHOP INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY

 

Tana Paser , 21 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

 

Yth.        Pendiri , Ketua Yayasan dan ketua STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot;

 

Yth.        Jajaran Pengurus STIT Ibnu Rusyd, civitas akademika berserta para staf pengajar;

 

Para Peserta Workshop Hadirin sekalian yang berbahagia;

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, jikalau seluruh pohon di muka bumi dijadikan pena dan lautan dijadikan tinta untuk menuliskan semua nikmat-Nya maka tiada akan pernah cukup.

Marilah pada kesempatan yang baik dan insya Allah penuh berkah ini, bersama-sama kita p anjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya kita, tugas kita, dan pengabdian kita untuk memajukan masyarakat dan membangun daerah yang kita cintai.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya hingga akhir zaman.

hadirin yang berbahagia ,

Dalam upaya peningkatan kualitas SDM tentu saja pemerintah menghadapi berbagai kendala dan permasalahan yang rumit. Oleh karena itu saya mengharapkan agar pembangunan di Kabupaten Paser ini dalam meningkatkan SDM juga harus dapat disambut dan disikapi oleh para akademisi STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot.

Peran Saudara akan senantiasa ditunggu karena permasalahan peningkatan SDM bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah tetapi juga semua komponen masyarakat dan kalangan akademisi .

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Memasuki era “Global Village” dimana dunia diiibaratkan sebuah kampung besar yang mendunia membuat informasi dan teknologi bukan lagi hal yang sulit untuk diakses. Ini membuat kehidupan manusia   menjadi semakin terbuka dan rentan terhadap pengaruh arus informasi. Ke canggih an ini pun sudah merambah ke pelosok-pelosok desa di samping menimbulkan hal yang positif, juga menimbulkan efek negatif yang berakibat pada timbulnya pergaulan bebas para remaja, kecendrungan anak-anak muda untuk mencoba alat-alat terlarang, sehingga dekadensi moral di tengah-tengah masyarakat hampir tak terhindarkan. Baru-baru ini pemerintah pusat telah memberikan bantuan berupa mobil internet yang akan disebar diwilayah kabupaten Paser. Ini adalah salah satu upaya pemerintah agar masyarakatnya “melek teknologi” demi meningkatkan ilmu pengetahuan yang akan berpengaruh terhadap kehidupan individu masing-masing.

Hadirin yang berbahagia ,

Apapun itu tentu memiliki dampak positif dan negatif. Sama halnya dengan dilaksanakannya workshop ICT ini.

Saya berharap dapat memberikan kontribusi yang positif demi kemajuan Bumi Daya Taka yang kita cintai. Mari kita sepakati bahwa positifnya lebih banyak dan negatif dapat kita minimalisir.

Dan saya tekankan, sebaiknya dan seharusnya, kita menguasai teknologi, informasi dan komunikasi dengan selalu menyertakan Allah SWT agar ilmu ini mendapat berkah bagi kita.

Terima kasih dan apresiasi saya kepada panitia pelaksana, yang telah melaksanakan kegiatan ini. Dan kepada peserta workshop, galilah ilmu sebanyak-banyaknya pada kesempatan yang berharga ini, agar waktu, tenaga dan pikiran tidak terbuang sia-sia.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim, lahaullawallakuata illabillah”, hari ini, Kamis, 21 Februari 2013, Workshop Information And Communications Technology, saya nyatakan secara resmi dibuka.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

                  H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN (LHP) ATAS KINERJA PELAYANAN FARMASI   TAHUN ANGGARAN 2011-2012 (SEMESTER I) DI RSUD PANGLIMA SEBAYA

 

Tana Paser , 21 FEBRUARI 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

 

Yth.     Gubernur Kaltim;

Yth. Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur;

Yth. Ketua DPRD Kabupaten Paser;

Serta hadirin yang berbahagia ,

M engawali kegiatan hari ini mari kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan ijin dan perkenan-Nya kita dapat ber temu, dan bersama-sama dalam keadaan sehat wal’afiat , untuk mengikuti Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Kinerja  Pelayanan Farmasi  Tahun Anggaran 2011-2012 (Semester I) Di Rumah Sakit Umum Daerah Panglima Sebaya Kabupaten Paser.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang Berbahagia,

Pemerintah Kabupaten Paser menyampaikan rasa terima kasih atas upaya BPK dalam menjalankan tugas pemeriksaan.  

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser akan segera menindaklanjuti seluruh rekomendasi guna lebih meningkatkan pengelolaan dan pelayanan rumah sakit. Selain itu juga akan meningkatkan sumber daya manusia baik   tenaga medis dan non-medis. Juga dalam hal perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi atas pengelolaan farmasi.

Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

            RSUD Panglima Sebaya di Jalan Kesuma Bangsa Km 5  tepatnya pada HUT ke-53 Kabupaten Paser tepatnya pada 29 Desember 2012 lalu, baru saja diresmikan. Momentum ini sangat tepat bagi pemerintah Kabupaten  Paser untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

            Yang membanggakan dan jika boleh dikatakan sebuah prestasi adalah tiga kecamatan di Kabupaten Kota Baru provinsi Kalimantan Selatan telah merujuk pasiennya ke RSUD Panglima Sebaya. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami agar terus memberikan pelayanan tidak hanya bagi masyarakat Paser tetapi juga masyarakat secara umum.

Hadirin yang berbahagia,

            Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT selalu meridhai atas segala upaya dan usaha kita dalam membangun daerah.

 

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

                  H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI PERATURAN BUPATI NOMOR 1 TAHUN 2013

TENTANG

FASILITASI PENYELENGGARAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

  DAN PEMBENTUKAN FORUM MULTI STAKEHOLDER CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

KABUPATEN PASER

 

 

Tana Paser , 23 Februari 2013

 

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Assalamu ‘Álaikum Warohmatullahi Wabarokatuh,

  Yth. Saudara Ketua, Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Kabupaten

      Paser;

Yth. Saudara Wakil Bupati Paser;

Yth. Rekan - rekan MUSPIDA beserta Ketua Pengadilan Negeri dan

        Pengadilan Agama Tanah Grogot;

 

Yth. Sekretaris Daerah beserta para   Asisten dan Kepala Satuan Kerja

        Perangkat Daerah di lingkungan   Pemerintah Kabupaten Paser;

 

Yth. Pimpinan Perusahaan yang   beroperasi di wilayah Kabupaten

  Paser;

Hadirin sekalian yang berbahagia;

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, jikalau seluruh pohon di muka bumi dijadikan pena dan lautan dijadikan tinta untuk menuliskan semua nikmat-Nya maka tiada akan pernah cukup. “Nikmat-Mu yang mana yang mampu kami dustakan”.

Marilah pada kesempatan yang baik dan insya Allah penuh berkah ini, bersama-sama kita p anjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya kita, tugas kita, dan pengabdian kita untuk memajukan masyarakat dan membangun Kabupaten Paser Bumi Daya Taka yang kita cintai.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia ,

Pada awalnya, konsep C orporate Social Responsibility / C SR merupakan suatu pendekatan atau pengembangan masyarakat khususnya peningkatan sumber daya manusia yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya.

Perusahaan harus turut berkontribusi terhadap pembangunan dima n a lokasi perusahaan beroperasi. Oleh karenanya, CSR lahir sebagai sebuah etika bisnis baru dalam sejarah perkembangan global.  Pendekatan CSR ini bertujuan agar masyarakat turut terlibat atau menjadi bagian dari perusahaan tersebut dan menikmati manfaat dari keberadaan perusahaan di suatu wilayah tertentu.

CSR juga sebagai komitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan; bekerja dengan para karyawan dan keluarganya, masyarakat setempat dan masyarakat secara luas dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

CSR sebaiknya lahir dari keinginan perusahaan yaitu antara lain:

1.       Perusahaan mempertimbangkan pengaruh aktivitas perusahaan terhadap

berbagai pihak secara serius.

2.      Manajer memiliki kewajiban untuk

         melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3.   Perusahaan telah memenuhi tanggung jawab ekonomi dan hukum.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

         Kita patut berbangga hati kepada beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Paser dengan penuh kesadaran telah memberikan kontribusinya terhadap kemajuan daerah.

         Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu CSR dari semua perusahaan tetapi yang dapat kita lihat dan rasakan diantaranya adalah Telaga Ungu, pemberian beasiswa dan modal kredit untuk usaha pada masyarakat lingkar tambang,   bis-bis yang dipergunakan untuk keperluan anak-anak sekolah atau penunjang kegiatan kecamatan lainnya, pembangunan  infrastruktur jalan di ibukota kecamatan. Ini sungguh sangat membantu,   dan yakinlah, apa yang sudah diberikan perusahaan tidak akan sia-sia. Semoga ini dapat konsisten dan berkelanjutan.

Hadirin yang berbahagia ,

            Saya berharap dengan dib entuknya Forum Multi Stakeholder Corporate Social Responsibility Kabupaten Paser dapat menjalankan fungsi pengawasan dan kontrol terhadap CSR yang di programkan perusahaan-perusahaan agar tepat guna dan tepat sasaran dan bukan sekedar ajang menaikkan popularitas perusahaan tersebut.

Hadirin yang berbahagia ,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim, lahaullawallakuata illabillah”, hari ini, Sabtu, 23 Februari 2013, Sosialiasi Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2013 tentang   Fasilitasi Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perusahaan, saya nyatakan secara resmi dibuka.

 

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER PADA ACARA SYUKURAN

DESA SENAKEN KECAMATAN TANAH GROGOT

Tana Paser, 23   Februari 2013

 

Assalamualaikum w r. Wb .”

Yth.     Saudara Ketua DPRD , Saudara–Saudara Unsur Muspida Kabupaten Paser, dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot;

Yth.     Camat dan Unsur Muspika Tanah Grogot ;

Yth.    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa;

Yth.     Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa, Tim Sukses Pemekaran Desa;

Yth.     Para Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda;

W arga D esa Senaken, hadirin dan u ndangan yang berbahagia ,

Alhamdulillah, Pertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah, SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita semua bisa hadir berkumpul di tempat yang berbahagia ini dalam Acara Syukuran Desa Senaken.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya hingga akhir zaman.

Hadirin dan undangan yang saya hormati,

Pada tahun 201 2 ini kita telah meresmi k an 9 d esa baru dan sekaligus mengangkat /melantik pejabat sementara Kepala Desa serta anggota BPD - nya, yang salah satunya adalah Desa Senaken Kecamatan Tanah Grogot .

Dalam upaya mewujudkan visi dan misi Kabupaten Paser menuju masyarakat yang agamais, sejahtera dan berbudaya Pemerintah Daerah terus mengedepankan peningkatan pembangunan, salah satunya memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Luas wilayah dan l etak geografis serta kondisi penduduk yang tidak merata di seluruh Kabupaten Paser menyebabkan kegiatan pembangunan khususnya di pedesaan menjadi tidak maksimal , perkembangan perekonomian dan pengetahuan masyarakat yang semakin maju, sehingga Pemerintah Daerah harus membuat keputusan untuk menciptakan pusat-pusat pemerintahan yang baru dengan melakukan pemekaran desa atau membentuk desa baru.

Dengan terbentuknya sebuah desa baru maka sudah seharusnya berbanding lurus dengan pelayanan prima Kepala Desa beserta aparat ur nya dalam melayani masyarakat. Banyak sekali persoalan dalam masyarakat yang memerlukan penanganan serius dan p erhatian khusus serta tenaga ekstra agar warga desa bisa hidup aman, nyaman dan sejahtera .

Hadirin yang berbahagia,

Saya mengucapkan selamat dan sangat menyambut gembira dengan telah diresmikannya Desa Senaken sebagai salah satu pusat pemerintahan baru di Kabupaten Paser khususnya di Kecamatan Tanah Grogot . Dengan segala keterbatasan, dalam tahap awal pembangunannya harus turut berperan mendorong dan mendukung segala upaya rencana masyarakatnya untuk membangun dan mengembangkan kemajuan desa. Namun perlu diingat oleh kita semua bahwa pembangunan akan sangat sulit berhasil apabila tanpa diikuti oleh partisipasi aktif dari masyarakat, terlebih pada saat pemanfaatan dan pemeliharaannya.

Karena itu saya meminta kepada segenap aparat ur Desa Senaken dan seluruh masyarakat untuk dapat bekerjasama dalam mengisi dan mengimbangi pembangunan da erah ini dengan kemauan untuk memeliharanya, sehingga semua program-program pemerintah dapat saling berkesinambungan dengan program-program di desa serta dapat bermanfaat dan berdaya guna , terutama bagi kepentingan seluruh lapisan masyarakat desa .

Bapak, ibu dan hadirin yang berbahagia,

            Saya yakin dan percaya, bahwa para perangkat desa yang juga merupakan warga Desa Senaken adalah orang-orang yang cerdas dan paham tentang arti pembangunan. Pembangunan baik itu infrastruktur maupun suprastruktur yang dibiayai dalam Dana Anggaran Desa (ADD).     

Tahun 2013 ini merupakan pertama kalinya Desa Senaken mendapat dana ADD, yaitu    sebesar satu setengah milyar rupiah yang belum ditambah dengan bantuan keuangan kabupaten.

Saya sering menghimbau kepada para Kepala Desa agar memperhatikan gedung sekolah, puskesmas pembantu, rumah dinas tenaga pendidik dan tenaga medis. Saya sangat berharap ini tidak dilupakan dan menjadi sebuah perhatian tersendiri.

            Desa Senaken seperti yang kita ketahui bersama adalah desa dengan mayoritas warganya adalah pedagang, mengingat dekat dengan sentra perdagangan dan pelabuhan.

Dengan jumlah warga sekitar enam ribu orang, saya rasa dapat bersinergi membangun kehidupan dan pelayanan yang lebih baik lagi. Perangkat desa sebagai perpanjangtangan pemerintah kabupaten haruslah berperan aktif, bekerja kreatif dan ulet untuk memajukan desanya. Mari dari sekarang ukirlah sebuah prestasi yang mampu mengharumkan nama desa baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Saya ucapkan selamat dan syukur atas terbentuknya Desa Senaken. S emoga Allah SWT senantiasa meridho’i setiap langkah dan usaha kita, amiin ya rabbal alamin .

Demikian lah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini .

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Wa ssalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA SOSIALISASI DAN ASISTENSI LHKPN BAGI PEJABAT ESELON II DAN III DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PASER

TANA PASER, 26 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.        Sekretaris Daerah Kab. Paser ;

Yth.        Para Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemerintah Kab. Paser;

Serta hadirin dan undangan sekalian yang Saya muliakan .

P ertama-tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah S.W.T Tuhan Yang Maha Kuasa, A lhamdulillah berkat rahmat dan karunia- N ya jualah sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat hadir di tempat ini dalam acara “Sosialisasi Dan Asistensi LHKPN bagi Pejabat Eselon II dan III Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser” .

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad S.A.W beserta sahabatnya yang menjadi teladan kita hingga saat ini dalam melaksanakan segala amal ibadah.

Hadirin yang berbahagia ,

Untuk mendukung tercapainya penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) diperlukan komitmen dari kita bersama, dan untuk memperkuat komitmen tersebut dalam pencegahan korupsi diperlukan kerjasama yang sinergis dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam hal kepatuhan pelaporan harta kekayaan penyelenggara negara dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser.

Dengan dasar tersebut maka Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Paser bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan Sosialisasi Dan Asistensi bagi wajib LHKPN sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Paser Nomor 700/KEP-501/2012 tentang : Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para penyelenggara negara Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser mengenai pentingnya pelaksanaan pengisian dan sekaligus tata cara pengisian LHKPN, yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan para penyelenggara negara Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser dalam melaksanakan kewajibannya menyampaikan LHKPN sehingga agenda reformasi birokrasi melalaui zona integritas Dilingkungan Pemkab. Paser dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya berharap kepada para penyelenggara negara Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser agar kiranya dapat dengan penuh kesadaran dan kemauan yang kuat untuk mendukung kegiatan ini, yaitu dengan mengisi dan menyampaikan data yang diperlukan sesuai dengan formulir yang diberikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi karena selanjutnya Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Paser akan melaporkan kepada Saya data penyelenggara negara yang sudah/belum menyampaikan LHKPN-nya, bagi yang tidak bersedia melaporkan, akan menjadi bahan bagi Saya dalam menilai kinerja dan ketaatan Saudara didalam memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Saudara-saudara sekalian yang saya banggakan ,

Keberadaan saudara sebagai aparat, abdi negara dan pelayan masyarakat, terlebih sebagai penyelenggara negara, maka pengisian LHPKN adalah upaya untuk mewujudkan aparat berintegritas. Dengan LHKPN setiap penyelenggara negara secara terbuka dan langsung telah mengumumkan harta yang dimiliki dan termasuk bagaimana cara memperolehnya.

Oleh karena itu, dalam pengisian LHKPN sangat diperlukan kejujuran individu untuk menuliskan data yang sebenarnya atas harta atau kekayaan yang dimiliki. tidak perlu ada rasa bimbang atau bahkan ketakutan mengisi LHKPN ini, asal usul harta atau kekayaan dan cara perolehannya harus jelas darimana sumbernya

Sosialisasi dan asistensi ini juga merupakan bentuk penguatan komitmen Pemerintah dalam melakukan pemberantasan korupsi, yang merupakan salah satu persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Saya juga berharap agar Saudara-saudara dapat menjadi contoh dan tauladan dalam upaya pencegahan korupsi, khususnya di Kabupaten Paser.

perlu saya sampaikan bahwa data wajib  LHKPN bagi penyelenggara negara Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser dan yang sudah menerima formulir LHKPN untuk ; tahun 2012 sebanyak 50 orang, dan hanya 24 orang yang menyampaikan; kemudian pada tahun 2013 sebanyak 108 orang yaitu Saudara-saudara yang diundang pada pertemuan hari ini.

Kepada pejabat yang telah menyampaikan LHKPN Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada yang belum menyampaikan, Saya harap agar dapat menyampaikan secara langsung pada kesempatan ini kepada Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah hadir ditengah-tengah kita. Dan bagi mereka yang tidak hadir pada hari ini karena sesuatu hal, kiranya dapat diinformasikan untuk juga segera menyampaikannya melalui BKD dan diberikan kesempatan selambat-lambatnya 15 hari setelah acara ini. Dan apabila sampai batas waktu tersebut Saudara masih belum menyampaikan maka akan diberikan surat peringatan agar segera menyampaikan.

Pada kesempatan ini, Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memenuhi undangan kami.

Hadirin yang saya hormati,

D emikian beberapa hal yang dapat S aya sampaikan pada kesempatan ini, untuk menjadi perhat i an kita bersama . semoga A llah S . W . T senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-nya serta melindungi kita semua. Amin ya rabbal alamin .  

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

                              H.M. RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN WAKIL BUPATI PASER

PADA ACARA RAPAT KOORDINASI ANTISIPASI KONFLIK SOSIAL DI WILAYAH HUKUM POLRES PASER

 

Tana Paser , 26 Februari 2013

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth. Saudara Ketua, Wakil Ketua dan   para Anggota DPRD

        Kabupaten Paser;

 

Yth.   Rekan - rekan MUSPIDA beserta   Ketua Pengadilan Negeri dan

  Pengadilan Agama Tanah Grogot;

 

Para Hadirin dan undangan sekalian yang berbahagia;

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, jikalau seluruh pohon di muka bumi dijadikan pena dan lautan dijadikan tinta untuk menuliskan semua nikmat-Nya maka tiada akan pernah cukup.

Marilah pada kesempatan yang baik dan insya Allah penuh berkah ini, bersama-sama kita p anjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya kita, tugas kita, dan pengabdian kita untuk memajukan masyarakat , membangun dan menjaga daerah yang kita cintai.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad, SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, semoga kita semua mendapatkan syafaatnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia ,

Disadari atau tidak, potensi konflik di bidang pertanahan untuk perkebunan, pertambangan, pertanian sangat besar itu. Potensi ini selalu mengintip kita, di saat kita lengah, lalai, kurang berkomunikasi dan kurang berkoordinasi maka peluang tersebut akan muncul.

Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini saya berharap:

1.             Jadikan rapat koordinasi ini sebagai sarana koordinasi dan komunikasi antar sesama pejabat komando kewilayahan, agar diperoleh kesamaan persepsi dan interpretasi serta sinkronisasi dalam tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah kerja masing-masing.    Kita harus membangun dan menjaga hubungan yang solid, sensitif dan responsif terhadap potensi konflik.

2.             Pahami dengan baik undang-undang dan peraturan lainnya yang berlaku, khususnya tentang keamanan dan ketertiban sehingga tidak muncul permasalahan-permasalahan prinsip yang tidak diharapkan ketika tugas pengamanan diimplementasikan di lapangan.

3.             Laksanakan koordinasi sebaik-baiknya dengan pemerintah daerah dan instansi terkait setempat, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga manfaat dari kegiatan pemberdayaan dan upaya menjaga keamanan dan ketertiban dapat dipahami oleh semua pihak . Bentuk koordinasi pihak kepolisian dengan dinas terkait bukan lah untuk saling intervensi tugas dan wewenang .

Hadirin yang berbahagia ,

            Ada dua rekomendasi yang ingin sampaikan yaitu;

Pertama, para dinas terkait diharapkan untuk tegas memberikan sanksi administratif   termasuk mencabut perizinan jika perusahaan atau perorangan melakukan pelanggaran.

Kedua, agar dinas terkait yang mengeluarkan izin agar melakukan pengawasan atau pembinaan secara berkala sehingga mengantisipasi pelanggaran.

Ketiga, perizinan dan sanksi yang dikeluarkan kiranya bisa diberikan tembusannya untuk pihak kepolisian sehingga bisa dilakukan penindakan oleh kepolisian.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan bimbingan dan hidayah-Nya serta melindungi Bumi Daya Taka yang kita cintai ini dari segala marabahaya, bencana dan konflik sosial. Semoga damai dan sejahtera kehidupan dan penghidupan kita di Kabupaten Paser, “Paser Buen Kesong, Paser Berhati Baik”. Aamiin yarabbalallamien.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

WAKIL BUPATI PASER

 

 

H.M. MARDIKANSYAH, SH, M.AP

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA WISUDA SARJANA SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN MUHAMMADIYAH TANAH GROGOT

TANA PASER, 28 Februari 2013

 

Assalamualaikum wr.wb .”

Yth .       Kepala Dinas Pendidikan Kab. Paser;

Yth.      Ketua STIPER Muhammadiyah ;

Yth .      Para Dosen dan segenap Civitas Akademika STIPER Muhammadiyah ;

Yth .       Perwakilan dari Sekolah Tinggi yang lain ;

Yth .       Para wisudawan dan wisudawati ;

Yth.      Para orang tua/wali wisudawan dan wisudawati ;

Hadirin dan undangan sekalian yang berbahagia.

Marilah bersama-sama kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah, S . W . T , karena atas ijin, berkat rahmat dan karunia-Nya, kita semua masih diberi kesempatan dan kesehatan sehingga da pat hadir ditempat ini dalam acara Wisuda Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Muhammadiyah   Tana Paser .

Tidak lupa shalawat dan salam juga senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad S.A.W yang menjadi tauladan bagi seluruh umat manusia disegala zaman dan hingga saat ini dalam melaksanakan segala ajarannya.

Wisudawan wisudawati yang saya banggakan ,

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser, S aya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan wisudawati karena dengan ditandainya acara pada hari ini maka anda semua sekarang adalah insan pembaharuan yang siap dengan berbagai ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama duduk dibangku perkuliahan .

Jadikanlah kegiatan wisuda hari ini menjadi sangat bermakna dan bukan sekedar acara seremonial saja, namun manfaatkan momen ini sebagai sarana untuk mengkaji lebih dalam program-program yang menjadi visi dan misi STIP ER Muhammadiyah Tana Paser terhadap peningkatan mutu mahasiswanya.

Kondisi kehidupan berbangsa yang kadang tidak kondusif memerlukan insan-insan pembangunan yang bermutu sebagai pejuang dan pelopor pembaharu untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu S TIPER Muhammadiyah Tana Paser sebagai kampus perjuangan diharapkan mampu menggelorakan semangat pembangunan pada masa sekarang maupun pada masa yang akan datang. Dan semua itu akan seiring dengan visi dan misi Kabupaten Paser yaitu menjadikan masyarakat Kabupaten Paser yang agamais , sejahtera dan berbudaya .

Untuk memenuhi tuntutan itu, maka konsekuensinya kita sebagai produk perguruan tinggi harus memunculkan ide-ide brilian , kreatif dan inov atif dalam menawarkan opsi yang terbaik untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di samping itu perjalanan S TIPER Muhammadiyah Tana Paser ke depan hendaknya tetap mempertahankan eksistensinya dalam menanamkan semangat juang yang tinggi dan pantang menyerah kepada para dosen dan para mahasiswannya dalam menegakkan supremasi sains dan teknologi yang lebih maju.

Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia,

Sebagai insan akademis, wisudawan dituntut untuk memiliki kemandirian dan berpandangan jauh ke depan, untuk memacu diri dan menggali potensi yang dimilikinya, serta mampu mengimplementasikan nya dalam rangka memajukan pembangunan Kabupaten Paser.

Wisudawan juga diharapkan menjadi  sarjana yang siap kerja dalam arti bahwa ilmu yang dimiliki dapat dia plikasi kan di tengah-tengah masyarakat sebagai wujud nyata dalam menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat di Kabupaten P aser saat ini.

Berbagai kebijakan Pemerintah dalam menunjang kemajuan dibidang pendidikan sangat berdampak pada meningkatnya kemampuan dan ke c erdasan sehingga peluang mengisi pembangunan lebih merata , dan meningkatkan kualitas dan jumlah masyarakat yang berpendidikan .

Hadirin sekalian yang saya hormati ,

Akhirnya saya berharap STIPER Muhammadiyah Tanah Grogot dapat mendukung visi dan misi Kabupaten Paser ke depan dengan mempersiapkan sumber daya manusia dan sarjana pertanian yang handal dan mampu mempersembahkan kemajuan pembangunan terutama pada bidang pertanian sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera .

Sekali lagi, selamat atas Wisuda Sarjana STIPER Muhammadiyah tahun 2013. Mudah-mudahan seluruh usaha kita dalam membangun kehidupan ber bangsa dan ber negara , khususnya di Kabupaten Paser yang kita cintai ini senantiasa mendapat bimbingan dan r idho da ri Allah SWT , amin ya rabbal alamin.

Sekian dan terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

Thu, 11 Jul 2013 @12:09

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved