Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

HUMASPRO
image

HUMAS PRO PASER

054324123


Jl.Noto Sunardi No.1 Tana Paser Kab.Paser Kalimantan Timur
Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip

Jam

Display
Slogan

PIDATO BUPATI PASER BULAN JANUARI TAHUN 2013

image

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENUTUPAN EXPO DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN KE 53 KABUPATEN PASER

 

Tana Paser , 3 Januari 20 13

 

Assalamualaikum w r. w b ”.

Yth .     Staf Ahli, Asisten, dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth .     Panitia Expo Kabupaten Paser;

Yth.     Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda Kab. Paser;

Para Peserta Expo , Undangan dan seluruh masyarakat Paser serta hadirin sekalian yang berbahagia ;

Pada kesempatan yang baik dan I nsya Allah penuh barkah ini, saya mengajak para hadirin sekalian untuk memanjatkan Puji Syukur ke hadirat Allah SWT atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita semua masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya kita, tugas kita, dan pengabdian kita untuk memajukan masyarakat dan membangun daerah Paser yang kita cintai.

Alhamdulillahirabbil alamin, pada malam hari ini kita telah merampungkan salah satu tugas penting yaitu Kegiatan Expo dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-5 3 Kabupaten Paser, dan setelah satu minggu lamanya, sampai jua lah kita di penghujung acara yaitu P enutupan Expo pada malam hari ini .

Hadirin yang saya hormati,

Dengan berakhirnya Expo ini, hendaknya dapat kita jadikan sebagai momentum yang sangat berarti bagi peningkatan pembangunan di berbagai bidang dan menggugah partisipasi masyarakat secara luas, karena pembangunan yang dijalankan pemerintah tentunya memerlukan dukungan semua pihak. Termasuk berbagai komponen di dalam masyarakat yang tujuannya adalah untuk mencapai keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan.

Expo atau juga bisa dikatakan Pameran P embangunan ini juga memiliki makna yang strategis dan relevan dalam upaya kita menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam setiap gerak langkah pembangunan. Karena pembangunan juga merupakan hasil jerih payah, pengorbanan, perjuangan dan partisipasi dari seluruh rakyat Paser .

Bapak, Ibu dan Hadirin yang Berbahagia.

P erekonomian Kaltim saat ini berkembang pesat, terutama di sektor industri pengolahan, yaitu industri migas dan non-migas bagi pembentukan Produksi Domestik Regional Bruto Kaltim yang terus meningkat.

Sebagai bagian dari Kaltim kita juga harus memacu pertumbuhan ekonomi kita, sekaligus untuk menghadapi tantangan pembangunan ke depan yang cukup berat . Khususnya dalam upaya kita mewujudkan cita-cita pembangunan dengan skala prioritas pembangunan di bidang infrastruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia, pembangunan pertanian dan perkebunan dalam arti luas, ditambah prioritas pembangunan dan pemberdayaan kawasan pedalaman dan perbatasan, serta pembangunan di bidang lingkungan hidup.

Karena itulah, di kesempatan yang baik ini, dan dengan disemangati HUT ke 53 Kabupaten Paser, saya mengimbau perlunya kita senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk kesinambungan jalannya pembangunan , terutama  dalam mengisi dan menghadapi Kaltim Bangkit dan Paser Bangkit 2013.

Hadirin yang berbahagia,

Sehubungan dengan telah selesainya penyelenggaraan Expo ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Paser saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh peserta Expo , kepada masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pameran ini serta kepada panitia dan semua pihak yang be r peran di sini sehingga kegiatan Expo ini dapat terlaksana dengan baik.

Dan ke depan saya berharap pelaksanaan Expo ataupun p ameran -pameran seperti  ini akan dapat lebih baik dan ditingkatkan lagi, dimatangkan lagi, baik dalam segi persiapan-persiapan, kenyamanan dan keamanan lokasi, kenyamanan stan dan lain sebagainya.

Kunjungan masyarakat sejak dibuka hingga malam hari ini menunjukkan betapa tingginya animo masyarakat terhadap program pemerintah yang satu ini. Untuk itulah saya berharap agar kegiatan ini selalu menjadi agenda tahunan dan tetap diprogramkan siapapun yang menjadi pemimpin di Bumi Daya Taka tercinta ini.

Hadirin yang saya hormati ,

Kiranya d emikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan d engan mengucap ALHAMDULILLAHI RABB A L ALAMIN , Expo dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-5 3 Kabupaten Paser , hari  ini Kamis, 3 Januari 2013 dengan ini secara resmi saya nyatakan ditutup. Semoga kita selalu mendapat ridh o dari Allah, SWT dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Kabupaten Paser. Amin ya rabbal alamin

Sekian terima kasih .

Wabillahit taufiq wal hidayah .

Sum assalamu alaikum wr.wb .

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA WISUDA KEBIDANAN POLTEKES KEMENKES JAKARTA III

Jakarta, 5 Januari 2013

Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth.         Direktur Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta ;

Yth.         Rombongan dari Pemerintah Kabupaten Paser ;

Yth.         Pemerintah DKI Jakarta ;

Wisudawan dan Wisudawati Poltekkes Kemenkes Jakarta III dari Paser, serta seluruh hadirin dan undangan yang berbahagia.

 

Alhamdulillah, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan perkenan-Nya jualah sehingga kita bisa hadir bersama-sama di tempat ini, dalam rangka wisuda sarjana Keperawatan, yang berjumlah 99 wisudawan dan wisudawati dari Kabupaten  Paser.

Pada saat ini Kabupaten Paser sedang dalam suasana perayaan Hari Ulang Tahun yang ke-53, yang ditandai dengan sejumlah kegiatan di Tana Paser, diantaranya Paser Exspo 2012 yang berlangsung di jalan jalur ungu km 5 Tepian Batang, Pekan Olah Raga Kabupaten ke-16, dan peresmian 5 proyek multiyear yaitu, RSUD Panglima Sebaya, Danau Telaga Ungu, Grand Sadurangas Hotel, Terminal Kota Tana Paser dan Jembatan Kendilo Putri Paser.           Peringatan hari jadi Ke-53 Kabupaten Paser memiliki tema Aku Bangga Kabupaten Paser, Aku Bangga Tana Paser.

Dengan tema ini, Peringatan Hari Jadi ke-53 Kabupaten Paser 2013 menjadi momentum seluruh masyarakat Kabupaten Paser untuk bangga kepada daerah sendiri. Tanamkan dalam diri kita sebagai bagian masyarakat Paser bahwa,

Aku Bangga Kabupaten Paser.

Aku Bangga Tana Paser.

Dalam acara wisuda hari ini k ami atas nama P emerintah Kabupaten Paser mengucapkan terima kasih khususnya kepada pihak Poltekkes Kemenkes Jakarta III atas kerjasamanya selama ini membantu  dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya putra-putri Kabupaten Paser sehingga memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai seorang bidan, perawat, dan tenaga medis.

Sungguh merupakan sebuah kebanggaan atas keberhasilan putra-putri Paser bisa menyelesaikan pendidikan karena saat ini kami sedang berupaya mencapai target pembangunan yaitu Paser Bangkit 2013, yang bertitik tumpu pada pelayanan maksimal dan optimal kepada masyarakat seluruhnya.

Wisudawan yang berjumlah 99 orang pada hari ini, dan juga bentuk kerjasama dengan pihak Poltekkes Kemenkes Jakarta III dan pihak-pihak lain yang sifatnya serupa dengan kerjasama ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Paser dalam rangka mengejar target-target itu.

Perawat dan tenaga medis ini akan menjadi ujung tombak Pemerintah Kabupaten Paser untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di 139 desa, khususnya dalam bidang kesehatan, sehingga pada saatnya nanti tidak ada lagi masyarakat yang merasa kesulitan jika ingin melahirkan, dan tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa kontrol kehamilan dengan alasan tidak ada tenaga kesehatan di Klinik, Pusban atau Polindes.

Hadirin-hadirat yang berbahagia,

Pada kesempatan ini pula kami ingin sampaikan salah satu pesan dari sejumlah Kepala Desa dan masyarakat Kabupaten Paser, bahwa setiap desa di Kabupaten Paser telah memiliki Polindes dan Puskesmas Pembantu, yang menunggu anak-anaku sekalian. Sehingga setiap Polindes dan Pusban akan memiliki tenaga kesehatan.

Bangunan-bangunan tersebut  dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk itulah saya sampaikan kepada anak-anakku yang diwisuda hari ini agar mempersiapkan diri untuk mengabdi di desa-desa sebagai tenaga keperawatan desa, yang melayani warga desa di pedalaman dan pesisir.

Pendidikan dan pengalaman hidup yang saudara peroleh selama bertahun-tahun menimba ilmu di ibukota negara akan sangat berharga untuk membantu warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Untuk diketahui, hasil sidang paripurna DPRD Kamis Tanggal 20 Desember 2012 lalu menyebutkan bahwa anggaran Kabupaten Paser untuk tahun 2013 naik secara signifikan menjadi Dua Trilyun Dua Ratus Dua Puluh Satu Milyar Sembilan Ratus Juta Lima Ratus Enam Puluh Sembilan Ribu Dua Ratus Lima Puluh Enam Rupiah. Ini berarti alokasi anggaran untuk kesehatan yang terdiri dari peningkatan sumber daya kesehatan berikut infrastruktur penunjang akan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Diharapkan dengan kebijakan ini pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Paser bisa lebih optimal dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Terima kasih saya sampaikan kepada pihak Poltekkes Kemenkes Jakarta III yang telah menjadi partner Pemerintah Kabupaten Paser sejak 2005, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang kesehatan untuk Kabupaten Paser.

Selamat kepada semua wisudawan, perjuangan anda selama ini, pengorbanan orang tua, bantuan Pemerintah Kabupaten Paser, serta segala upaya mendapatkan hasil yang anda capai hari ini telah mencapai titik kulminasi ketika anda diwisuda. Tentunya predikat sebagai bidan, perawat dan tenaga medis akan mendapatkan ujian lebih berat lagi ketika anda sudah masuk ke dalam kehidupan yang nyata.

Demikian beberapa hal yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga Allah SWT selalu menuntun setiap langkah kita dalam mencerdaskan masyarakat di Bumi Daya Taka. Amin.

Sekian. Terima kasih

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamualaikum wr.wb.

 

BUPATI PASER

 

Ttd

 

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA TURNAMEN BOLA VOLLY TINGKAT SMP/SMA SE-KABUPATEN PASER, PENAJAM PASER UTARA DAN BALIKPAPAN

Tanah Grogot, 3 Januari 2013

 

Assalamualaikum wr. Wb.

Yth.    Camat Long Ikis;

Yth. Ketua Harian KONI Kabupaten Paser;

Yth.    Ketua Pengurus PBVSI Cabang Kabupaten Paser;

Yth.    Kepala SMAN 1 Long Ikis;

Yth. Panitia Pelaksana Turnamen ;

 

Peserta turnamen, hadirin sekalian yang berbahagia ,

 

Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta nikmat kepada kita sekalian, terutama nikmat sehat yang memungkinkan kita dapat mengikuti dan menghadiri Pembukaan Turnamen Bola Volly Tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan disejahterakan Bumi Daya Taka yang kita cintai ini.

Hadirin Sekalian,

Baru saja tiga hari bergulir di tahun 2013, Kecamatan Long Ikis khususnya SMAN 1 Long Ikis Tahun telah melaksanakan turnamen bola volly. Kecamatan ini memang cukup aktif di bidang olahraga terutama bola v ol ly.

Semoga kejuaraan ini dapat dijadikan sarana konsolidasi organisasi dan manajemen, dan pembinaan prestasi, mengingat peserta turnamen merupakan atlet bola vol ly profesional yang ada di daerah Kabupaten Paser.

Selain ber tanding, turnamen ini juga pasti diwarnai persaingan dan adu gengsi antara sesama klub. Masing-masing klub tentu menyuguhkan permainan-permainan yang menarik, dengan pemain-pemain yang terampil dan bertalenta tinggi. Ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pencinta bola vol ly di Bumi Daya Taka yang kita cintai ini. Dan yang cukup membanggakan, turnamen ini diikuti juga oleh Kabupaten Penajam Paser Utara dan Balikpapan. Semoga dengan hadirnya saudara-saudara kita ini dapat memeriahkan lagi turnamen ini.

Hadirin, Peserta Kejuaraan yang saya hormati,

Kita semua tahu, tujuan dari penyelenggaraan kejuaraan pada setiap cabang olahraga, adalah selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan, juga dimaksudkan untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang dapat diproyeksikan ke even yang lebih tinggi.

Dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan seperti ini, tidak menutup kemungkinan di Kabupaten Paser akan lahir atlet-atlet muda yang bisa dibanggakan bangsa Indonesia. Hal ini tentu saja bisa terjadi, apabila pemberdayaan, pendanaan, pelatihan serta pembinaan benar-benar ditangani secara serius.

Saya sangat yakin, dengan semangat dan tekad yang bulat antara Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat akan dapat mencapai cita-cita tersebut.

Hadirin yang saya hormati,

Melalui pembinaan olahraga, maka secara otomatis kita telah membangun peradaban dan perdamaian. Hal ini sangat relevan jika kita hubungkan dengan kondisi bangsa saat ini. Di tengah pasang surut dunia perpolitikan kita, dan tidak lama lagi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, tidak mustahil akan melahirkan gesekan dan friksi yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan kita, maka olahraga harus menjadi alat yang mampu melahirkan jiwa raga yang sehat, dan yang beradab.

Alhamdulillah, dapat kita saksikan selama turnamen ini, seluruh atlit dan of f isial serta penonton selalu memperlihatkan rasa kebersamaan, sportifitas, menjunjung tinggi fair play , memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Kabupaten Paser yang adil, makmur damai dan sejahtera.

Hadirin yang Saya Hormati,

Kepada panitia pelaksana turnamen, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian besar yang diberikan kepada pembinaan olahraga vo lly , semoga bisa secara konsisten melaksanakan kejuaraan vol ly . Semoga segala kegiatan yang kita laksanakan sejak hari ini hingga penutupan nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat ridho dari Allah SWT.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, dan dengan mengucapkan “ Bismillahirahmanirrahim Turnamen Bola Volly Tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Balikpapan, hari ini kamis, 3 Januari  2013, secara resmi saya nyatakan di buka .

Terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Wassalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA PENUTUPAN PEKAN OLAHRAGA KABUPATEN (PORKAB) XVI

Tana Paser , 3 Januari 2013

Assalamualaikum w r. w b .

Yth.      Ketua DPRD Kabupaten Paser ;

Yth.      Unsur MUSPIDA Kabupaten Paser ;

Yth.      Para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.      Kepala Instansi Vertikal, BUMN dan BUMA Kabupaten Paser;         

Yth.     Para Perwira dalam Jajaran Kodim maupun Polres Paser ;

Yth.     Para Camat, Danramil, Kapolsek se Kabupaten Paser;

Hadirin Para Undangan serta Manager, Official dan Atlet se-Kabupaten Paser yang saya banggakan.

Pertama–tama  sebagai  insan yang beragama, tak jemu-jemunya marilah kita memanjatkan Puji dan Syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan curahan rahmat , nikmat dan hidayah-Nya kita dapat hadir , berkumpul kembali dalam acara Pe nutup an Pekan Olahraga Daerah ke XV I Tahun 20 12-2013 .

Shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad, SAW dan keluarga dan para sahabatnya, semoga dengan berkahnya, dilepaskan kita dari segala macam kesulitan, ditunaikan hajat, dilimpahkan rezeki dan  disejahterakan.

Hadirin yang saya hormati,

Pekan Olahraga ke XV I Kabupaten Paser yang kita gelar merupakan even t tiga tahunan yang diikuti oleh 10 Kontingen K ecamatan se - Kabupaten Paser, dan pada penyelanggaraan tahun ini menjadi sangat istimewa karena bertepatan dengan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Paser ke 53. D engan keterbatasan ruang gerak, waktu dan berbagai aspek lainnya, namun dengan semangat kekeluargaan dan kebersamaan ternyata semua kontingen dapat hadir dan mengikuti cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan.

Partisipasi dan semangat dari Ketua Kontingen, Official, Manajer, para atlet, wasit, dewan juri , KONI dan panitia pelaksana pertandingan pada cabang-cabang olahraga dalam mensukseskan kegiata n ini, patut mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Paser.

Semoga kegiatan PORKAB pada tahun ini banyak memberikan manfa’at dan membuahkan hasil, selain dapat menjadi ajang silaturahmi bagi para atlet, yang paling penting adalah dalam setiap kegiatan kompetisi olahraga, upaya pembentukkan mental dan nilai sportifitas harus selalu ditanamkan dan dimiliki oleh para atlet. Semoga kegiatan ini dapat menjadi kebanggaan yang setara seperti sang juara sehingga dapat menjadi contoh bagi para atlet maupun tim-tim lainnya.

Selain itu, d engan rutinitas latihan dan kontinuitas event seperti ini, tidak menutup kemungkinan di antara para atlet akan lahir bibit-bibit insan olahraga yang bisa dibanggakan dan mampu berprestasi, sehingga dapat  mengharumkan nama Kabupaten Paser pada ajang Pekan Olahraga Provinsi ataupun ajang-ajang olahraga lainnya. Semoga instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga termasuk KONIDA Paser dapat memberikan perhatian dan  pembinaan lebih lanjut dengan  koordinasi yang lebih baik.

Hadirin yang berbahagia,

Jika kita memperhatikan secara seksama, dari penyelanggaraan berbagai event-event olahraga, untuk pemenang ada yang terus-menerus meraih juara dan adapula yang silih berganti. Ini menandakan bahwa pembinaan dibidang olahraga di masing-masing kecamatan baik masyarakat umum maupun ditingkat sekolah atau pelajar masih mengalami naik turun dan harus lebih ditingkat lagi.

Berkaitan dengan selesainya pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten Ke XVI , pada kesempatan ini pula saya ucapkan selamat kepada para pemenang yang telah meraih Juara, dan kepada peserta yang belum berhasil saya harap tidak berkecil hati, tetaplah semangat dan giat berlatih untuk meningkatkan kemampuan agar ke depan bisa meraih prestasi. Ingatlah bahwa kegagalan hanyalah sukses yang tertunda.

K epada Panitia PORKAB saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya karena dengan segenap tenaga, pemikiran dan segala keterbatasannya kegiatan PORKAB tahun ini dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang kita harapkan .

Hadirin yang saya hormati,

Kiranya d emikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfa’at dan semoga kita selalu mendapat ridh o dari Allah, SWT, d an dengan ucapan “ALHAMDULILLAHHIRABBAL ALAMIN”, Kegiatan “Pekan Olahraga Kabupaten Ke XVI Tahun 2012-2013” hari ini Kamis, 3 Januari 201 3 secara resmi saya nyatakan di tutup.

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah

Sumassalamu ’alaikum w r w b

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI MASJID AL MUHAJIDIN

Tana Paser , 11 Januari 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.      Camat dan Unsur Muspika Kuaro ;

Yth.      Ketua dan segenap pengurus Masjid Al Jihad Kecamatan Kuaro ;

Yth.      Penceramah, Ustadz H.M. Mansur dari Samarinda ;

Saudara - saudara, kaum Muslimin dan Muslimat serta hadirin yang berbahagia.

Segala puji dan ungkapan rasa syukur kita persembahkan kepada Allah SWT. Karena atas segala limpahan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat bertemu dalam suasana yang khidmat dan penuh makna ini, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 143 4 Hijriyah.

Sholawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, atas segala upayanya menuntun umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini.

Mengawali sambutan ini saya ingin menyampaikan ucapkan terima kasih kepada pengurus Masjid Al Jihad Kecamatan Kuaro atas inisitifnya dalam melaksanakan maulid Nabi Muhammad SAW pada malam hari ini . Ini merupakan bentuk nyata syiar Islam, semoga lembaga-lembaga lain bisa mengikuti dan lebih gencar mengajak saudara-saudari kita agar aktif lebih dalam mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Hampir semua pengurus masjid dipastikan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnnya. Sejak diperkenalkan oleh Salahuddin Al Ayubi pada abad ke-12 maulid telah berkembang dengan sangat pesat, dan menyatu dengan kehidupan bermasyarakat. Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menyelenggarakan maulid tiap tahun.

Di kabupaten Paser sendiri tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa peringatan maulid telah mendarah daging, dan menjelma menjadi acara yang semi wajib dalam masyarakat. Tak heran di setiap periangatan maulid kita selalu menyaksikan luapan kegembiraan yang terpancar dari wajah-wajah setiap muslim tanpa memandang usia, jenis kelamin, suku dan latar belakang ekonomi serta sosial budaya.

Sejumlah peringatan maulid tahun ini yang juga dihadiri Pemerintah Kabupaten Paser adalah di desa Legai, Batu Kajang dan Songka kecamatan Batu Sopang, kemudian di Long Ikis, dan malam ini di Kuaro. Beberapa waktu lalu juga kami hadir di acara yang sama di desa Kendarom, dan besok malam Insya Allah kita akan bertemu dan bersilaturahmi dengan jamaah masjid Nurul Hidayah desa Klempang Sari.

Peringatan maulid menjadi sesuatu yang spesial bagi pemerintah Kabupaten Paser mengingat ini merupakan salah satu media untuk bertemu antara pemerintah dan warga. Selain bersilaturahmi, kedua belah pihak bisa bertukar informasi mengenai perkembangan dan kemajuan pembangunan di desa. Informasi yang diperoleh bisa menjadi referensi dalam penyusunan kebijakan pemerintah kabupaten. Dengan demikian diharapkan setiap kebijakan menganut asas top down dan bottom up dan bisa memuaskan berbagai pihak.

Hadirin yang berbahagia,

Kita tentu saja sangat bersyukur dengan ajaran-ajaran yang diberikan oleh Nabi kepada kita, oleh karena itu saya berharap dengan momentum peringatan Maulid Nabi kali ini hendaknya dapat mampu menumbuhkan rasa cinta kita yang mendalam terhadap Rasulullah dan juga kita dapat berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah sebagai figur dan panutan dalam segala aspek kehidupan.

Sebagai akhir dan sambutan saya ini, saya berharap peringatan ini akan membawa perubahan dalam diri kita. Jika hal ini kita teladani maka saya yakin peringatan Maulid Nabi ini akan menjadi sangat bermakna, dan bukan sekedar acara seremonial yang berlangsung dari tahun ke tahun.

Demikian beberapa hal yang sengaja saya ungkapkan agar peringatan Maulid Nabi yang kita selenggarakan tahun ini, betul-betul dapat memotivasi kita untuk.

Mudah-mudahan seluruh usaha kita dalam membangun kehidupan bangsa dan negara ini mendapat Ridho dan Inayah da ri Allah SWT.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MALAM RAMAH TAMAH DENGAN PANGDAM VI MULAWARMAN Mayjen TNI DICKY W. USMAN, S.IP., M.Si

 

TANA PASER , 15 Januari 201 3

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Yth.      Pangdam VI Mulawarman , Mayjen TNI Dicky W. Usman, S.IP.,M.Si beserta istri dan jajarannya ;

Yth.      Ketua Pengadilan, Ketua DPRD dan Unsur Muspida Kabupaten Paser ;

Yth.      Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, dan Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser ;

H adirin dan undangan yang berbahagia.

Marilah kita semua pada kesempatan kali ini memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijin dan anugerah-Nya semata sehingga kita berkesempatan hadir pada malam ini dalam rangka silaturahmi dan ramah tamah bersama Pangdam VI Mulawarman, Bapak Mayjen TNI Dicky W. Usman, S.IP, M.Si , beserta seluruh rombongan.

Shalawat dan salam tidak lupa senantiasa kita haturkan kepada Baginda Rasulullah, Nabi Besar Muhammad SAW, dan keluarga,  para sahabatnya serta pengikutnya yang selalu istiqomah melaksanakan ajarannya .

Hadirin yang saya hormati ,

Pemerintah Kabupaten Paser dan  juga seluruh masyarakat Paser mengucapkan selamat datang   kepada   Bapak   Pangdam di Tana Paser   yang masyarakatnya sangat menjunjung tinggi rasa  persatuan dan kesatuan, saling toleransi, mencintai perdamaian, kegotong-royongan, kerjasama maupun saling tolong menolong se perti semboyannya Paser Buen Kesong atau Paser Berhati Baik.

Pada kesempatan ini saya ingin men yampaikan sejumlah harapan kepada Bapak Pangdam VI Mulawarman . Di antaranya, saya mengharapkan adanya good governance atau pemerintahan yang baik, dalam pengertian adanya kerjasama yang solid antara pihak TNI dalam hal ini Kodam , Korem dan Kodim dengan Pemerintah Daerah.

Berbagai peran dan program-program yang TNI laksanakan khususnya di Kabupaten Paser telah banyak memberikan manfa’at bagi masyarakat terutama dalam upaya mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan serta menggugah dan membantu meningkatkan semangat membela negara, peningkatan pembangunan hingga ke pedesaan dan semua kemajuan dibidang perekonomian perekonomian.

K ebersamaan antara Pemerintah, TNI dan lembaga-lembaga lain maupun masyarakat dalam mengisi pembangunan daerah harus selalu menjadi perhatian kita semua , karena dalam sebuah penyelanggaraan negera dan Pemerintahan harus lebih banyak mengutamakan kepentingan masyarakat. Bagaimana menghindari berbagai pergesekan sosial yang terjadi dalam masyarakat seperti tindakan kriminal, bentrokan antarwarga, terutama kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu stabilitas nasional atau pertahanan dan keamanan negara, semua itu adalah tanggung jawab kita bersama.

Hadirin yang berbahagia ,

Program TNI yang patut mendapat apresiasi dan sangat dirasakan langsung manfa’atnya oleh masyarakat Paser adalah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Kegiatan ini merupakan salah satu program TNI yang mengedepankan nilai-nilai keterpaduan dan kebersamaan serta mempunyai nilai ke gotong royong an sebagai sikap kebangsaan sejati yang perlu terus ditumbuh kembangkan. Program  ini merupakan perwujudan dari rasa kepedulian TNI untuk meningkatkan semangat persatuan, p embangunan dan p erekonomian masyarakat secara terpadu, terutama sasaran yang oleh Pem erintah D a erah masih sulit dijangkau, namun harus segera mendapatkan perhatian .

Oleh karena itu, pada kesempatan berbahagia ini, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Paser sangat berterima kasih atas segala peran aktif TNI dalam semua proses kemajuan terutama dalam upaya peningkatan pembangunan di Bumi Daya Taka yang kami cintai ini.

Hadirin yang saya hormati,

Kiranya demikian yang dapat saya sampaikan , s emoga acara kita malam ini dapat memberikan manfa at bagi kita semua. Amin ya rabbal alamin .

Sekian terima kasih.

Wabillahit taufiq wal hidayah, Sumassalamu’alaikum Wr. Wb.

BUPATI PASER

ttd

H. M RIDWAN SUWIDI

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA RAPAT PLENO DEWAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN PASER

Tana Paser , 16 Januari 2013

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth.      Wakil Bupati Paser, Selaku Ketua Harian Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Paser ;

Yth.      Kepala BKPP Kabupaten Paser, Selaku Sekretaris Ex Officio Kabupaten Paser ;

Yth.      Seluruh SKPD Kabupaten Paser ;

Yth.      Anggota Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Paser ;

Yth.      Ketua, Sekretaris dan Anggota Kelompok Kerja (POKJA) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Paser ;

H adirin dan Undangan yang berbahagia,

  Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, karena atas berkah dan rahmatNya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat. Dan semoga dengan ridhonya pula Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Paser ini bisa terlaksana dan berjalan sebagaimana yang kita semua harapkan.

Ketahanan pangan adalah merupakan suatu kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Dari definisi tersebut, maka ketahanan pangan dapat terwujud apabila pada tataran makro setiap saat tersedia pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya.

Berdiskusi tentang konsep ketahanan pangan, tentunya tidaklah terlepas dari apa yang tertuang pada Undang-undang Nomor 7 tahun 1996, tentang pangan untuk menjawab secara komprehensif dinamika permasalahan pangan yang tengah berkembang saat ini dan tantangan pangan di masa mendatang. Oleh karenanya perlu kita simak lebih seksama, substansi dari tujuan dilakukannya revisi undang-undang tersebut, sehingga Implementasi kebijakan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan, dapat terwujud oleh hasil kerja suatu sistem ekonomi pangan, yang terdiri atas subsistem penyediaan pangan, subsistem distribusi pangan, dan sistem konsumsi pangan yang saling berkesinambungan. Adanya peningkatan pola tanam yang baik menyebabkan produktivitas akan meningkat. Proses implementasi program peningkatan ketahanan pangan dilaksanakan melalui perpaduan antara sistem top down dan bottom up

Secara umum kondisi di Kabupaten Paser hingga saat ini belum ada indikasi yang signifikan terkait dengan permasalahan tentang ketersediaan pangan, meskipun dari data statistik  beberapa tahun terakhir dapat kita lihat dan dievaluasi adanya kecenderungan terjadinya penurunan produksi dan produktifitas padi . Kenapa “sementara” Padi yang jadi parameter?, Karena hal ini berkaitan dengan pola konsumsi makanan pokok masyarakat di Kabupaten Paser.  Banyak faktor yang mempengaruhi besaran produksi dan tingkat produktifitas yang perlu kita perhatikan, diantaranya adalah faktor perubahan iklim, alih fungsi lahan, problem administrasi pemilikan tanah, irigasi, penerapan teknologi budidaya, dll. Oleh karenanya barangkat dari pemahaman secara utuh Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2006, perlu upaya terobosan berbagai pihak, pada jajaran pemerintah Kabupaten Paser secara vertikal maupun horizontal, agar secara sistematis, sinergis dan bertahap  bisa mengurai dan mencari solusi pemecahan berbagai permasalahan tersebut.

Sekedar mengingatkan kembali pada kita semua, bahwa penerapan konsep program pembangunan ketahanan pangan perlu mendasarkan pada 9 (sembilan) isu strategis dan isu pendukung yaitu Revitalisasi Penyuluhan Pertanian untuk mendukung ketahanan pangan. 9 (sembilan) isu strategis tersebut adalah :

1.    Sinergisme penanganan pangan, energi dan kelestarian sumberdaya alam khususnya air untuk memantapkan ketahanan pangan, energi dan air secara berkelanjutan.

2.    Kemandirian pangan dengan menekankan pada 5 komoditas strategis (padi, jagung, kedelai, gula, daging sapi ).

3.    Sistem cadangan pangan dan distribusi pangan.

4.    Sistem logistik nasional dan daerah yang efisien yang mendasarkan keunggulan komparatif daerah dan rantai suplai yang efisien.

5.    Penanganan kerawanan pangan dan kerentanan pangan sebagai tindak lanjut diluncurkannya Peta ketahanan dan Kerentanan Pangan Nasional.

6.    Stabilitas dan keterjangkauan harga, baik pada tingkat produsen maupun konsumen.

7.    Percepatan penganekaragaman pangan berbasis sumberdaya pangan lokal.

8.    Monitoring sistem ketahanan pangan sebagai basis early warning system .

9.    Kajian-kajian akademik kebijakan ketahanan pangan khususnya tentang stabilitas dan keseimbangan kebutuhan dan pasokan berbasis sumberdaya lokal. 

Hadirin Undangan yang Berbahagia,

Memasuki gerbang Kabupaten Paser Bangkit tahun 2013 kita semua pasti berharap dan semoga bersepakat, satu  dalam semangat dan komitmen, bukan hanya ketahanan pangan yang ingin kita capai, tetapi lebih jauh adalah kemampuan kemandirian dan kedaulatan pangan berkelanjutan.

Memang bukanlah pekerjaan mudah, tetapi dengan berpegang pada kekuatan komitmen kebersamaan, dan loyalitas kita terhadap fungsi tugas yang harus kita jalankan, maka akan terbangun kesamaan cara pandang dalam menggapai visi kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama pembangunan di Kabupaten Paser

Oleh karenanya dalam rangka Penguatan ketahanan pangan sesuai PP No. 68 tentang Ketahanan Pangan, pemerintah daerah mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah. Bersamaan dengan hal tersebut, menjadi kewajiban kita semua harus terus berupaya untuk mensosialisasi kelembagaan ketahanan pangan daerah yang telah terbentuk dan mendorong keikutsertaan swasta dan masyarakat turut berperan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Paser Buen Kesong .

Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Paser, khususnya yang hadir pada saat ini, untuk secara bersama-sama dan bersinergis turut mengambil peran dalam upaya menuju sukses ketahanan pangan dan kemandirian pangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan di bumi Paser Daya Taka yang kita cintai bersama.

Sekian terima kasih,

Wabillahi taufik walhidayah,

Assalamualaikum wr.wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA OPEN HOUSE TAHUN BARU 2013 PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIII SAMUNTAI KECAMATAN LONG IKIS

T ANA PASER , 1 6 Januari 201 3

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.      Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paser;

Yth.      General Mana g er PTPN XIII Distrik Kalimantan Timur Samuntai;

Yth.      Segenap Karyawan dan Karyawati PTPN XIII;

Hadirin dan u ndangan sekalian yang saya banggakan;

Marilah kita semua memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas ijin dan anugerah-Nya semata kita semua berkesempatan hadir pada hari ini di rumah dinas General Mana g er PTPN XIII di Desa Samuntai Kecamatan Long Ikis dalam rangka Open House dan sekaligus menyambut tahun baru 201 3 .

Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan selamat Tahun Baru 201 3 kepada segenap jajaran pimpinan dan staf PTPN XIII . Mari kita sama-sama mensyukuri apa yang telah kita peroleh tahun lalu, semoga kita diberikan kemampuan untuk bisa meningkatkannya lagi pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Bapak, Ibu, saudara sekalian yang saya hormati.

Kehadiran PTPN XIII secara langsung telah mengangkat derajat sosial dan perekonomian masyarakat Paser. Hal ini disebabkan dengan kebijakan Perusahaan yang telah memberikan perhatian lebih terhadap potensi dan kearifan lokal sehingga warga sekitar merasa ikut memiliki, menjaga dan bertanggung jawab dengan kelangsungan kebun sawit di seluruh wilayah Kabupaten Paser khususnya Kecamatan Long Ikis .

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Paser merasa perlu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perusahaan. Jika dibandingkan dengan perusahaan lain di Kabupaten Paser, perusahaan ini relatif lebih baik dan lebih profesional dalam melakukan pembinaan terhadap warga sekitar.

Memang itulah yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan amanat undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang menyatakan bahwa perekonomian nasional yang diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional, perlu didukung oleh kelembagaan perekonomian yang kokoh dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya disebutkan bahwa tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Jika peraturan dalam perundang-undangan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, maka Perusahaan bisa dikategorikan berhasil dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat, dan di sisi lain masyarakat akan merasa diberdayakan oleh perusahaan. Hubungan timbal balik antara perusahaan dan masyarakat akan memacu sinergi di antara keduanya.

Hadirin yang saya hormati,

D emikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Kiranya bermanfa’at dan p erkenankan saya mengucapkan selamat tahun baru 201 3 dan semoga PTPN XIII dapat lebih meningkatkan produksinya di tahun ini maupun pada tahun-tahun berikutnya .

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW
DI MASJID AGUNG NURUL FALAH TANAH GROGOT KABUPATEN PASER

T ANA PASER , 23 Januari 201 3

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Yth.      Ketua DPRD, Unsur Muspida dan Ketua Pengadilan Tanah Grogot;

Yth.      Kepala SKPD di lingkungan Pemkab. Paser;

Yth.      Ketua PHBI, Jam a ’ah Masjid Agung Nurul Falah dan organisasi lain se-Kab. Paser;

Yth.      Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se Kab. Paser;

Yth.      Habib Hasan Al Mukhdor selaku penceramah;

Saudara - saudara, kaum Muslimin dan Muslimat serta hadirin yang berbahagia.

Malam ini, kita bersyukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya kita masih diberi kesehatan sehingga dapat hadir di Masjid Agung Nurul Falah untuk kembali menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. kegiatan yang setiap tahun kita selenggarakan dan juga oleh seluruh umat muslim dimana saja berada.

Shalawat dan salam juga senatiasa kita sampaikan kepada baginda Rasulullah, keluarga dan para sahabat, semoga kita selalu istiqomah dalam melaksanakan segala ajarannya.

Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada PHBI Kabupaten Paser yang selama ini selalu melaksanakan perayaan hari-hari besar Islam secara konsisten dan melibatkan masyarakat Paser. Ini merupakan bentuk nyata syiar Islam, semoga lembaga-lembaga lain bisa mengikuti dan mengajak saudara-saudari kita agar lebih aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan semacam ini.

Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan selamat datang sekaligus berterima kasih kepada Habib Hasan Al Mukhdor yang telah bersedia hadir di Bumi Daya Taka, Tana Paser yang kita cintai ini, yang masyarakatnya selalu bernuansa agamais, kaya akan budaya dan sejahtera. Semoga kegiatan Maulid Nabi pada malam ini akan menjadi sangat bermakna bagi kita semua, terutama mendengarkan dan menyimak kajian dan hikmah peringatan Maulid yang akan disampaikan oleh Bapak Habib Hasan Al Mukhdor.

Hadirin yang saya muliakan,

Memperingati Maulid Nabi bagaikan menyelami sebuah samudera kehidupan yang luas dan tiada bertepi, di mana bertaburan mutiara “Uswatun Hasanah” (tauladan yang baik) untuk seluruh aspek kehidupan manusia sepanjang zaman, di manapun dan kapanpun. Nabi Muhammad SAW memiliki pribadi utama yang tidak ada bandingnya di alam semesta.

Oleh karena itu, kita sebagai umat pengikutnya meskipun hidup jauh dari masa kehidupan Nabi, sudah sepatutnya, perilaku kehidupan Rasulullah dapat menjadi teladan yang baik bagi kita umat Islam. Sebagai umatnya kita harus berkaca pada pribadi beliau. Dan kita harus berusaha, meniru dan meneladani beliau, terlebih pada saat ini, di mana krisis ekonomi masih menyelimuti bangsa kita. Dalam kondisi seperti ini, momentum M aulid Nabi sangat relevan diselenggarakan untuk dapat dijadikan refleksi umat guna meneladani kehidupan Rasulullah yang mulia.

Kita tentu saja sangat bersyukur dengan ajaran-ajaran yang diberikan oleh Nabi kepada kita, oleh karena itu saya berharap dengan momentum peringatan Maulid Nabi kali ini hendaknya mampu menumbuhkan rasa cinta kita yang mendalam terhadap Rasulullah dan juga kita dapat berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah sebagai figur dan panutan dalam segala aspek kehidupan.

S aya berharap peringatan ini akan membawa perubahan dalam diri kita. Jika hal ini kita teladani maka saya yakin peringatan Maulid Nabi ini akan menjadi sangat bermakna, dan bukan sekedar acara seremonial yang berlangsung dari tahun ke tahun.

Hadirin yang saya hormati,

Kiranya d emikian beberapa hal yang sengaja saya ungkapkan agar peringatan Maulid Nabi yang kita selenggarakan tahun ini, betul-betul dapat memotivasi kita untuk mencontoh aspek-aspek pribadi utama Nabi dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mudah-mudahan seluruh usaha kita dalam membangun kehidupan bangsa dan negara ini mendapat Ridho dan Inayah dan Allah SWT.  

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

 

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUIATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA BANTUAN KEUANGAN PARTAI POLITIK

T ANA PASER , 28 Januari 201 3

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Y th.       Asisten Tata Pemerintahan ;

Yth.      Kepala SKPD dan Jajaran Pemerintahan Kabupaten Paser ;

Yth.      Para Pimpinan Partai Politik ;

Yth.      Ketua KPUD Kabupaten Paser;

Yth.      Narasumber dan Para Peserta Bintek ;

Hadirin serta undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan  puji   dan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia -N ya , kita semua dapat hadir ditempat ini dalam acara Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pembentukan Partai Politik adalah merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa, dan Negara serta memelihara Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- U ndang Dasar Indonesia Tahun 1945.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2009, maka dalam rangka mendukung terwujudnya kehidupan demokrasi di Indonesia, Pemerintah perlu memberikan dana bantuan keuangan kepada Partai Politik yang memperoleh kursi di DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dan diberikan secara prop e rs i onal.

Bantuan tersebut dipergunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan oper a sional Sekretariat Partai Politik , dengan maksud dan tujuan k egiatan Pendidikan Politik diantaranya :

Pertama , Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ;

Kedua , Meningkatkan partisipasi politik dan inis i atif masyarakat dalam kehidupan politik dan kenegaraan ;

Ketiga , Meningkatkan kemandirian, kedewasaan, dan membangun kerakter bangga dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Saudara Peserta Bintek yang saya banggakan ,

Pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Paser telah menyerahkan bantuan keuangan kepada 12 Parpol yang mengisi kursi di DPRD Kabupaten Paser, namun Saya sangat menyesalkan karena keterlambatan Saudara me nyampaikan laporan pertanggungjawaban bantuan tahun 2011, sehingga bantuan tersebut baru dapat diserahkan pada akhir tahun, seharusnya bantuan itu bi s a dipergunakan diawal tahun sehingga dapat dipergunakan untuk kegiatan Parpol, oleh karena itu setelah kegiatan Bi m tek ini, Saya berharap agar Saudara segera menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran dana bantuan tersebut kepada BPK Perwakilan Kaltim untuk diaudit.

Selanjutnya setelah diperiksa BPK segeralah sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Paser karena dengan adanya keterlambatan Saudara dalam menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban, maka akan berpengaruh kepada pencairan bantuan Tahun 2013 ini, dan juga apabila Saudara tidak menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban, maka sesuai Pasal 30 Permendagri Nomor 24 Tahun 2009, Saudara akan dikena kan Sanksi Administratif berupa penghentian pemberian bantuan pada t ahun ini.

Hadirin yang s aya hormati,

      Kiranya Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Dan dengan mengucapkan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik, pada hari ini, Senin, 28 Januari 2013 secara resmi saya nyatakan DIMULAI. Semoga ALLAH SWT selalu meridho’i kita semua. Amin ya rabbal alamin .  

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA ACARA MALAM RAMAH TAMAH DAN SILATURAHMI BERSAMA TIM OLAHRAGA PEMERINTAH KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

T ANA PASER , 25 Januari 201 3

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Y th.       Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kabag. Umum dan Kabag. Kesra Pemkab. Kotabaru beserta rombongan;

Yth.      Kepala SKPD dan Jajaran Pemerintahan Kabupaten Paser ;

Yth.      Para atlet Bulutangkis dan Tenis Lapangan;

Hadirin serta undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan  puji   dan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia -N ya , kita semua dapat hadir ditempat ini dalam acara Malam Ramah Tamah dan Silaturahmi bersama Tim Olahraga Pemerintah Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan .

Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa risalah dan sengaja diutus untuk menyelamatkan umat manusia dengan memberi suri tauladan dengan akhlaknya yang mulia.

Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim olahraga Pemerintah Kabupaten Kotabaru di Bumi Daya Taka, Tana Paser yang masyarakatnya bernuansa agamais, kaya akan budaya dan sejahtera.

Hadirin yang saya hormati,

Kegiatan olahraga digelar selain untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, juga merupakan kegiatan yang sangat bernilai positif terutama dalam upaya membentuk mental dan disiplin serta sportifitas tinggi bagi siapa saja yang gemar berolahraga , selain itu juga dapat menjadi ajang silaturahmi antar Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan.

Dan kita semua hadir bersama pada malam hari ini, selain untuk menjalin silaturahmi juga dalam rangka mempersiapkan pertandingan persahabatan olahraga Bulutangkis maupun tenis lapangan yang akan digelar besok, yaitu antara Pemerintah Kabupaten Paser dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berpesan agar kegiatan ini dapat mempererat rasa persatuan serta menjadi suatu kebanggan bagi kita semua .

Hadirin yang s aya hormati,

Kiranya demikian yang dapat saya sampaikan , Semoga acara kita malam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua . Amin ya rabbal alamin .  

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

 

SAMBUTAN BUPATI PASER

PADA KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUIATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA BANTUAN KEUANGAN PARTAI POLITIK

T ANA PASER , 28 Januari 201 3

 

Assalamualaikum Wr.Wb .”

Y th.       Asisten Tata Pemerintahan ;

Yth.      Kepala SKPD dan Jajaran Pemerintahan Kabupaten Paser ;

Yth.      Para Pimpinan Partai Politik ;

Yth.      Ketua KPUD Kabupaten Paser;

Yth.      Narasumber dan Para Peserta Bintek ;

Hadirin serta undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan  puji   dan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia -N ya , kita semua dapat hadir ditempat ini dalam acara Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Pembentukan Partai Politik adalah merupakan perwujudan kedaulatan rakyat untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa, dan Negara serta memelihara Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- U ndang Dasar Indonesia Tahun 1945.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2009, maka dalam rangka mendukung terwujudnya kehidupan demokrasi di Indonesia, Pemerintah perlu memberikan dana bantuan keuangan kepada Partai Politik yang memperoleh kursi di DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dan diberikan secara prop e rs i onal.

Bantuan tersebut dipergunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan oper a sional Sekretariat Partai Politik , dengan maksud dan tujuan k egiatan Pendidikan Politik diantaranya :

Pertama , Meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ;

Kedua , Meningkatkan partisipasi politik dan inis i atif masyarakat dalam kehidupan politik dan kenegaraan ;

Ketiga , Meningkatkan kemandirian, kedewasaan, dan membangun kerakter bangga dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Saudara Peserta Bintek yang saya banggakan ,

Pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Paser telah menyerahkan bantuan keuangan kepada 12 Parpol yang mengisi kursi di DPRD Kabupaten Paser, namun Saya sangat menyesalkan karena keterlambatan Saudara me nyampaikan laporan pertanggungjawaban bantuan tahun 2011, sehingga bantuan tersebut baru dapat diserahkan pada akhir tahun, seharusnya bantuan itu bi s a dipergunakan diawal tahun sehingga dapat dipergunakan untuk kegiatan Parpol, oleh karena itu setelah kegiatan Bi m tek ini, Saya berharap agar Saudara segera menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran dana bantuan tersebut kepada BPK Perwakilan Kaltim untuk diaudit.

Selanjutnya setelah diperiksa BPK segeralah sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Paser karena dengan adanya keterlambatan Saudara dalam menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban, maka akan berpengaruh kepada pencairan bantuan Tahun 2013 ini, dan juga apabila Saudara tidak menyampaikan Laporan P ertanggungjawaban, maka sesuai Pasal 30 Permendagri Nomor 24 Tahun 2009, Saudara akan dikena kan Sanksi Administratif berupa penghentian pemberian bantuan pada t ahun ini.

Hadirin yang s aya hormati,

Kiranya Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Dan dengan mengucapkan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM, Kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Keuangan Partai Politik, pada hari ini, Senin, 28 Januari 2013 secara resmi saya nyatakan DIMULAI. Semoga ALLAH SWT selalu meridho’i kita semua. Amin ya rabbal alamin .  

Sekian terima kasih,

Wabillahit taufiq wal hidayah,

Sum assalamualaikum Wr.Wb.

BUPATI PASER

ttd

H.M. RIDWAN SUWIDI

 

Thu, 11 Jul 2013 @10:31

Copyright © 2018 Jimi paser · All Rights Reserved